uefau17.com

Ketahui Tanda-tanda Penuaan di Wajah dan Waktu Memulai Perawatan - Citizen6

, Malang Saat memasuki usia 30-an, tanda-tanda penuaan biasanya mulai muncul, seperti kerutan, garis halus, dan bercak hitam. Selain itu, kulit cenderung menjadi lebih kering, tidak merata, dan kusam. Seiring waktu berjalan, produksi kolagen juga menurun, menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan menjadi kendur.

Kondisi ini dapat membuat garis wajah semakin terlihat dan keriput muncul. Untuk mencegah tanda-tanda penuaan ini, disarankan untuk mulai menggunakan perawatan kulit dengan kandungan anti-aging sejak usia 20 tahun ke atas. Rangkaian perawatan anti-penuaan dapat dimulai ketika kulit mulai menunjukkan gejala penuaan.

Salah satu cara merawat dan mencegah tanda-tanda penuaan adalah dengan menggunakan krim yang mengandung bahan anti-aging untuk meremajakan kulit. Agar bisa menemukan krim anti-aging yang cocok, penting untuk memperhatikan tips-tips berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Pilih Day Cream dengan kandungan Pelembab untuk Perawatan Pagi Hari

Sebelum menggunakan day cream, pastikan untuk memeriksa kandungannya karena setiap produk memiliki formula yang berbeda.

Day Cream dengan Kandungan Pelembab

Kulit yang kering memiliki kadar air dan minyak yang rendah, membuatnya rentan terhadap penuaan dini. Untuk melindungi kulit, pilihlah day cream yang mengandung tiga jenis pelembab: humektan, emolien, dan oklusif.

Berikut adalah manfaat dari bahan-bahan pelembab tersebut:

  1. Humektan: Jenis pelembab ini menarik air dari udara ke dalam sel-sel kulit untuk menjaga kelembaban. Contohnya adalah glycerin, hyaluronic acid, niacinamide, Aloe vera, dan lainnya.
  2. Emolien: Pelembab ini mengisi ruang di antara sel-sel kulit, membuat kulit lebih lembut dan elastis. Contohnya adalah ceramides, asam lemak, shea butter, dan lainnya.
  3. Oklusif: Pelembab ini membentuk lapisan pelindung untuk menghambat penguapan air dari kulit. Contohnya adalah mineral oil, wax, dimethicone, dan berbagai jenis minyak.

Hindari Day Cream Jenis Oklusif untuk Kulit Berminyak

Bagi yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya hindari day cream yang mengandung oklusif karena bisa menyumbat pori-pori dan memicu jerawat serta komedo. Sebagai alternatif, gunakan day cream yang mengandung humektan dan emolien.

Pastikan Day Cream Mengandung SPF

Sinar UVA dan UVB dari matahari bisa menyebabkan kerusakan pada kulit yang mengakibatkan penuaan dini seperti hiperpigmentasi dan kulit kusam. Oleh karena itu, pastikan day cream yang digunakan juga mengandung SPF.

3 dari 10 halaman

Pilihlah Krim Malam Sesuai dengan Kebutuhan dan Masalah Kulit

Menggunakan krim malam secara teratur dapat membuat kulit semakin berseri dan tetap sehat. Berikut adalah beberapa bahan yang biasanya terdapat dalam krim malam yang dapat dipilih sesuai dengan masalah kulit:

Krim Malam dengan Retinol dan Peptida

Krim malam yang mengandung retinol dan peptida dapat membantu mengurangi penampilan kerutan dan garis halus. Selain itu, bahan-bahan ini juga dapat merangsang produksi kolagen untuk menjaga kekenyalan kulit.

Pilih Krim Malam dengan Brightening Agent

Jika kulitmu cenderung kusam, pilihlah krim malam yang mengandung brightening agent seperti vitamin C, niacinamide, atau alpha arbutin untuk mengurangi produksi melanin dan mencerahkan kulit.

4 dari 10 halaman

Lakukan Eksfoliasi secara Teratur untuk Mempercepat Regenerasi Kulit

Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung mengalami kesulitan dalam proses regenerasinya. Untuk mengatasi masalah seperti noda hitam dan garis halus, disarankan untuk menggunakan krim yang mengandung AHA dan BHA guna mendukung regenerasi kulit.

5 dari 10 halaman

Pilihlah Bahan yang Mengandung Bahan Soothing untuk Kulit Sensitif

Krim yang mengandung bahan soothing seperti aloe vera, allantoin, dan centella asiatica dapat membantu meredakan iritasi pada kulit. Selain itu, kandungan tersebut juga memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi.

6 dari 10 halaman

Kapan Tanda Penuaan Biasanya Muncul?

Penuaan dini biasanya mulai terjadi pada usia 25 tahun, namun saat ini banyak orang muda di awal 20-an yang sudah mengalami penuaan dini, sehingga tampak seperti berusia 30-an.

 

7 dari 10 halaman

Apakah Tanda Penuaan Dini Bisa Dicegah?

Penuaan dapat ditekan dan diperlambat melalui pendekatan ilmiah. Memulihkan dan meningkatkan fungsi organ yang menurun adalah langkah efektif untuk mencegah penuaan. Hal ini juga membantu mempertahankan kualitas hidup agar tetap optimal.

8 dari 10 halaman

Apa Vitamin yang Bisa Digunakan untuk Mencegah Penuaan Dini?

Vitamin B kompleks berfungsi untuk memperbarui kulit dan melambatkan proses penuaan.

9 dari 10 halaman

Apakah Flek Hitam Tanda Penuaan Dapat Hilang?

Flek hitam akibat penuaan dini dapat dikurangi melalui perawatan medis atau modifikasi gaya hidup.

10 dari 10 halaman

Munculnya Kulit Keriput Disebabkan Kekurangan Vitamin Apa?

Vitamin E dapat mengembalikan kelembapan pada kulit, mencegah kulit menjadi kering. Mengonsumsi suplemen vitamin E sebanyak 30 IU per hari telah terbukti efektif dalam mengurangi keriput dan meningkatkan tekstur kulit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat