uefau17.com

7 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang, Mudah dan Alami Tanpa Obat Kimia - Citizen6

, Jakarta Keinginan hampir setiap wanita adalah memiliki rambut yang panjang dan sehat. Namun, seringkali proses memanjangkan rambut membutuhkan waktu yang lebih lama dari yang diharapkan, serta memerlukan usaha yang cukup besar.

Umumnya, permasalahan yang kerap dihadapi wanita dalam memanjangkan rambut adalah rambut yang rontok, kering, dan bercabang. Namun, tak perlu khawatir karena ada beberapa cara alami yang efektif membuat rambut jadi lebih sehat dan panjang dengan cepat, tanpa menggunakan obat.

Dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (25/4/2-024), berikut penjelasan lengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Teratur Potong Rambut

Teknik ini sangat dianjurkan, terutama bagi yang memiliki masalah rambut bercabang. Mengapa? Ini karena ujung rambut yang bercabang biasanya cenderung rapuh, kering, rusak, dan pecah-pecah, yang mana hal ini menghambat pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, lakukan pemotongan 1 cm pada ujung rambut setiap 10-12 minggu hingga masalah rambut bercabang benar-benar hilang.

3 dari 13 halaman

2. Hindari Menyisir Rambut setelah Keramas

Menyisir rambut dalam keadaan basah justru akan membuatnya rentan rusak. Oleh karena itu, hindari kebiasaan ini. Sisir rambut ketika sudah benar-benar kering, atau jika memang tidak suka rambut terlihat berantakan saat masih basah, cukup sisir perlahan menggunakan jari. 

4 dari 13 halaman

3. Hindari Keramas Setiap Hari

Rambut cepat lepek memang seringkali menjadi masalah bagi mereka yang tinggal di wilayah tropis. Namun, tetap tidak dianjurkan untuk keramas setiap hari karena berisiko menghilangkan  minyak alami di kulit kepala yang mengakibatkan pertumbuhan rambut jadi terhambat. Disarankan keramas secara teratur setiap 2-3 hari sekali saja. 

5 dari 13 halaman

4. Lakukan Pijat Kepala

Melakukan pijatan di kulit kepala mampu merangsang pertumbuhan rambut. Lakukan hal ini secara rutin, terutama ketika sedang keramas selama 3-5 menit. Hal ini dapat membantu melancarkan peredaran darah di kulit kepala, sehingga rambut akan lebih cepat tumbuh dan panjang.

6 dari 13 halaman

5. Perbanyak Konsumsi Protein

Mengonsumsi makanan tinggi protein merupakan salah satu perawatan dari dalam yang bisa dilakukan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Protein akan menutrisi folikel rambut, sehingga selain lebih cepat panjang, rambut juga jadi lebih sehat dan tidak mudah rusak.

7 dari 13 halaman

6. Gunakan Minyak Zaitun dan Minyak Kemiri

Kedua minyak alami ini sudah terkenal ampuh membantu pertumbuhan rambut. Cukup gunakan 5 tetes minyak zaitun ataupun kemiri untuk melakukan pemijatan kulit kepala selama 5-10 menit. Lakukan kebiasaan ini sebelum tidur. Lalu, bilas keesokan harinya.

8 dari 13 halaman

7. Gunakan Cuka Apel

Cuka apel ternyata juga dapat membantu merangsang pertumbuhan folikel rambut. Cukup campurkan 2 sdm cuka apel dengan segelas air hangat. Kemudian, aplikasikan ke kulit kepala setelah keramas sambil dipijat. Diamkan beberapa saat, lalu bilas sampai bersih.

9 dari 13 halaman

Berapa Lama Rambut Tumbuh 1 cm?

Apabila keadaan tubuhmu dalam keadaan biasa, pertumbuhan rambutmu akan mencapai panjang sekitar 1 cm per bulan.

10 dari 13 halaman

Apa yang Menyebabkan Rambut Susah Panjang?

Apabila kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral kurang tercukupi, contohnya vitamin B, zat besi, seng, serta biotin, kemungkinan pertumbuhan rambut akan terganggu.

11 dari 13 halaman

Dalam 1 Minggu Rambut Tumbuh Berapa Panjang?

Rambut yang sehat dapat memanjang sebesar 2,45 mm per minggu atau 0,1 inci, serta 12,775 cm setiap tahun.

12 dari 13 halaman

Rambut Cepat Panjang Makan Apa?

Ikan, kacang-kacangan, ubi jalar, yoghurt, buah-buahan. 

13 dari 13 halaman

Apa Saja Urutan Hair Care?

Shampo, kondisioner, hair mask, dan hair serum.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat