uefau17.com

Mengenal Pemain Andalan Indonesia di Piala Asia U-23 Nathan Tjoe-A-On yang Namanya Sering Salah Diucapkan - Lifestyle

, Jakarta - Nathan Tjoe-A-On menjadi salah satu pemain kunci keberhasilan Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak 8 besar atau perempat final Piala Asia U-23 2024. Sepanjang fase grup, ia bermain dengan sangat apik di lini tengah skuat Garuda Muda.

Di laga perdana kontra tuan rumah, Qatar, Nathan bermain di babak kedua menggantikan Komang Teguh. Ia tampil solid mengawal pertahanan Timnas Indonesia U-23 kendati berakhir dengan kekalahan 2-0. Kekalahan itu termasuk kontroversial karena dua pemain Indonesia terkena kartu merah.

Pada laga kedua, ia tampil jauh lebih impresif. Nathan sukses menjadi penghubung lini pertahanan dan penyerangan tim. Ia bahkan menyumbangkan satu assist yang membuat Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Australia dengan skor tipis 1-0.

Pada laga terakhir penyisihan grup kontra Yordania, penampilan Nathan kembali jadi sorotan.Pemain klub asal Belanda, SC Heerenveen ini membuat Indonesia sukses menguasai lini tengah. Sayangnya, setelah mengantarkan Timnas U-23 lolos ke babak 8 besar, Nathan harus kembali ke klubnya, SC Heerenveen. Pasalnya, ia hanya diizinkan bergabung ke Piala Asia U-23 selama sepekan atau sampai fase grup berakhir.

Hal ini membuat sedih pecinta sepakbola Tanah Air. Pasalnya, peran Nathan sangat krusial dan diharapkan kembali menampilkan performa gemilang untuk membawa Timnas Indonesia melaju ke semifinal dan meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Warganet Indonesia membanjiri akun media sosial SC Heerenveen untuk berterima kasih dan meminta manajemen klub mengizinkan Nathan kembali memperkuat tim yang dilatih Shin Tae-Yong (STY) itu. Namun di tengah kesedihan tersebut, ada yang membahas soal penyebutan nama Nathan Tjoe-A-On yang tergolong unik di Indonesia. Hal ini diketahui dari cuitan akun X @SiaranBolaLive.

"Masih banyak yang penasaran, bagaimana spell nama lengkap Nathan Tjoe A On?" tulis @SiaranBolaLive, Rabu, 24 April 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebutan Nama Nathan yang Benar

Banyak yang menanggapinya dengan jawaban lucu. Ada yang menyebut jika nama Tjoe-A-On disebut dibaca dengan pelafalan cuan, gacoan, dan lain sebagainya. Namun di antara jawaban lucu tersebut, ada yang menjelaskan bahwa nama Tjoe-A-On berasal dari bahasa Tionghoa.

"Tjoe itu nama Indonesia dari marga Tionghoa Zhu. Jadi namanya berbau Tionghoa yg biasanya 3 kata. Zhu A On. Tapi di Wiki, disebutkan dia nya keturunan Indonesia- Suriname. Nathan Noël Romejo Tjoe-A-On,” tulis akun X @LieFiory.

Nathan sendiri pernah menyebutkan bagaimana penyebutan nama belakangnya saat baru direkrut oleh klub asal Inggris, Swansea City. Dalam video wawancara pertamanya itu, ia menyebut nama Tjoe-A-On dengan lafal “Juaon (Ju-wa-on).

Menjelang laga melawan Korea Selatan, Kamis malam, 25 April 2024 waktu Qatar atau Jumat dinihari, 26 April 2024 waktu Indonesia, ada kabar baik yaitu Nathan masih bisa memperkuat timnas. Mengutip kanal Bola , Ketua Umum PSSI Erick Thohir berhasil membawa Nathan kembali bergabung dengan Timnas setelah melobi keras Heerenveen.

Nathan pun bisa menjalani laga melawan Korea Selatan. Menurut Erick, setelah mendapat izin dari klubnya, Nathan langsung terbang ke Qatar guna persiapan laga melawan Korsel.Erick mengatakan, usaha melobi Heerenveen sukses juga berkat dukungan seluruh pihak. 

3 dari 4 halaman

Nathan Kembali Perkuat Timnas

Selain Erick yang turun langsung melobi petinggi klub Belanda itu, sejumlah pihak ikut membantu lewat pendekatan personal serta informal. "Tentu terima kasih pula untuk seluruh pihak yang terlibat dan memberi dukungan. Kini kita fokus menatap laga lawan Korsel dengan kekuatan yang utuh," kata Erick.

Secara khusus Erick pun mengucapkan terima kasih kepada suporter yang ikut berusaha keras menyampaikan pesan langsung ke Heerenveen via media sosial. "Terima kasih dukungan suporter yg mengharapkan Nathan dilepas klubnya, sampai-sampai banyak singgah komentar dengan sangat sopan ke sosmednya Heerenveen,” tuturnya.

Ini adalah kali keempat Erick terjun langsung dalam memenuhi permintaan pelatih Shin Tae Yong guna mendapatkan skuat terbaik timnas U-23. Sebelumnya Erick pasang badan untuk memanggil pemain Liga 1 pilihan pelatih STY untuk timnas U-23.

Kapten Timnas Indonesia Rizky Ridho membeberkan respons rekan-rekannya usai SC Heerenveen sepakat melepas Nathan Tjoe-A-On jelang laga perempat final Piala Asia U-23 2024.

Rizky Ridho mengungkap rekan-rekannya merasa gembira dengan kembalinya Nathan Tjoe-A-On. Hal itu lantaran pemain kelahiran 2001 dianggap memberi dampak bagus buat tim.

4 dari 4 halaman

Nathan Keturunan Indonesia-Belanda

"Tentunya semua senang atas kabar dari Nathan. Dia kirim pesan di grup (Timnas Indonesia U-23), see you tomorow, dan teman-teman jawab dengan senyum. Tentunya itu bagus untuk kita," terangnya dalam konferensi pers jelang laga kontra Korea Selatan, Rabu.

Terlepas dari persoalan kembalinya Nathan Tjoe-A-On, Rizky Ridho mengungkap ia dan rekan-rekannya bakal siap bekerja keras di babak perempat final Piala Asia U-23.Pasalnya, pertarungan melawan Korea Selatan merupakan momen krusial yang bisa membuka kesempatan Timnas Indonesia U-23 untuk tampil di Olimpiade 2024 Paris.

"Kami tahu besok (duel lawan Korea) merupakan pertandingan besar. Apabila menang, kami dapat 50 persen tiket Olimpiade," ungkap Rizky.

"Kami akan bekerja keras untuk pertandingan besok. Kami belum puas hanya bisa sampai perempat final dan fokus masuk ke Olimpiade. Satu tim sama. Tidak ada tekanan yang dirasakan pemain, semua enjoy," pungkasnya.

Nathan Tjoe A-On merupakan pemain keturunan Indonesia-Belanda. Pemain kelahiran Rotterdam, Belanda, 22 Desember 2001 ini resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada Senin, 11 Maret 2024.

Nathan Tjoe diketahui memiliki garis keturunan Indonesia dari kakeknya. Ayah dari ibu Nathan berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Mengenai nilai pasar Nathan Tjoe-A-On, dikutip dari transfermarkt.com, bek Swasnsea City itu memiliki nilai 500.000 Euro atau setara dengan Rp8,2 miliar (kurs rupiah 16.557 per Euro).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat