uefau17.com

Nathan Tjoe-A-On Resmi Jadi WNI, Bisa Bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026? - Bola

, Jakarta Bek SC Heerenveen Nathan Tjoe-A-On akhirnya resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Pesepak bola berusia 22 tahun telah mengambil sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Senin (11/3/2024) malam WIB.

Diresmikannya Nathan sebagai WNI membuat sang pemain berpeluang besar debut sebagai penggawa skuad Garuda saat melakoni laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Vietnam akhir bulan ini.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memang diagendakan menjamu The Golden Star di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 21 Maret, dilanjutkan laga tandang kontra lawan yang sama di My Dinh International Stadium lima hari berselang.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah mengonfirmasi langsung perihal pengambilan sumpah WNI Nathan Tjoe-A-On melalui unggahan di akun Instagramnya, Selasa (12/3/2024) siang WIB.

Sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu mengeklaim Nathan telah menyelesaikan proses mengurus identitas sebagai warga Indonesia, sehingga dirinya kini resmi mendapatkan KTP dan paspor WNI.

"Tadi malam, Nathan Tjoe-A-On resmi menjadi Warga Negara Indonesia setelah diambil sumpahnya. Hari ini, Nathan sudah diproses juga untuk mendapatkan paspor dan KTP sebagai WNI," tulis Erick Thohir.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Urus Perpindahan Federasi

Dengan demikian, Nathan Tjoe-A-On tinggal menuntaskan satu PR lagi, yakni mengurus perpindahan federasi, sebelum dirinya bisa resmi memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2024.

Ketum PSSI Erick Thohir pun optimistis pemain pinjaman Swansea City itu dapat menyelesaikan seluruh proses tepat waktu, sehingga tersedia untuk tampil menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 21 Maret mendatang.

"Satu langkah lagi (yang harus dilewati) yaitu mengurus perpindahan federasi untuk Nathan bisa membela Timnas Indonesia," sambung Erick Thohir dalam unggahan Instagram, Selasa (12/3/2024).

"Terima kasih atas dukungan semua lembaga yang membantu proses berjalan dengan baik. Insya Allah Nathan bisa memperkuat Indonesia saat melawan Vietnam pada 21 Maret mendatang," katanya lagi.

3 dari 4 halaman

Tunggu Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen

Timnas Indonesia kini tinggal menunggu dua pemain naturalisasi lagi yang sudah dipanggil oleh Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026, tetapi belum mengambil sumpah WNI.

Mereka adalah rekan setim Nathan di SC Heerenveen, Thom Haye, serta pemain Fortuna Sittard Ragnar Oratmangoen. Adapun penjaga gawang FC Dallas Maarten Paes sejatinya juga sudah sangat dekat dengan status warga negara Indonesia.

Hanya saja pesepak bola berusia 25 tahun itu tidak dipanggil ke skuad Garuda jelang menghadapi Vietnam. Kendala perpindahan asosiasi hingga jadwal sang pemain di klub menjadi faktor yang membuat dirinya belum bisa segera debut dengan Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kiper

1. Nadeo Argawinata - Borneo FC

2. Muhamad Riyandi - Persis Solo

3. Adi Satryo - PSIS Semarang

Belakang

4. Nathan Tjoe-A-On - SC Heerenveen

5. Elkan Baggott - Bristol Rovers

6. Jordi Amat - Johor Darul Ta'zim

7. Sandy Walsh - K.V. Mechelen

8. Rizky Ridho - Persija Jakarta

9. Edo Febriansah - Persib Bandung

10. Asnawi Mangkualam - Port FC

11. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang

12. Yakob Sayuri - PSM Makassar

13. Yance Sayuri - PSM Makassar

14. Justin Hubner - Wolverhampton Wanderers

15. Pratama Arhan - Suwon FC

Tengah

16. Thom Haye - SC Heerenveen

17. Jay Idzes - Venezia FC

18. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze

19. Ricky Kambuaya - Dewa United

20. Marc Klok - Persib Bandung

21. Ivar Jenner - Jong Utrecht

Depan

22. Ragnar Oratmangoen - Fortuna Sittard

23. Rafael Struick - ADO Den Haag

24. Witan Sulaeman - Bhayangkara Presisi FC

25. Egy Maulana - Dewa United

26. Dimas Drajad - Persikabo

27. Ramadhan Sananta - Persis Solo

28. Hokky Caraka - PSS Sleman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat