uefau17.com

Usai Turun 2 Pekan Beruntun, Harga Minyak Dunia Kembali Melonjak - Bisnis

, Jakarta Harga minyak naik pada perdagangan Jumat (Sabtu waktu Jakarta) untuk menghentikan penurunan dua minggu berturut-turutnya. Harga minyak dunia mendapat dukungan dari kekhawatiran mengenai ketegangan di Timur Tengah.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (27/4/2024), harga minyak West Texas Intermediate (WTI) naik 28 sen atau 0,34%, menjadi USD 83,85 per barel. Sedangkan harga minyak Brent naik 49 sen, atau 0,55%, menjadi USD 89,50 per barel. Harga minyak mentah AS naik 0,85% untuk minggu ini.

Dalam 12 bulan hingga Maret, inflasi AS naik 2,7% setelah kenaikan 2,5% di bulan Februari. Kenaikan bulan lalu secara umum sejalan dengan ekspektasi para ekonom.

The Fed memiliki target inflasi sebesar 2%. Bank sentral AS diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada pertemuan kebijakannya minggu depan.

“Data ekonomi pagi ini cukup bagi pelaku pasar untuk menyimpulkan bahwa The Fed tidak akan segera melakukan penurunan suku bunga dalam waktu dekat," kata John Kilduff, Mitra Again Capital LLC.

“Kegelisahan geopolitik di pasar adalah hal yang membuat kita tetap bertahan. Kedua kekuatan yang bersaing itu harus menjaga kita tetap terkendali,” tambahnya.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan bahwa pertumbuhan PDB AS untuk kuartal pertama dapat direvisi lebih tinggi, dan inflasi akan mereda setelah sejumlah faktor “aneh” membuat perekonomian berada pada titik terlemahnya dalam hampir dua tahun.

Pertumbuhan ekonomi AS kemungkinan lebih kuat dari yang ditunjukkan oleh data triwulanan yang lebih lemah, katanya. Harga minyak telah anjlok sejak komentarnya dan rilis data inflasi pada hari Jumat.

Sementara itu, dolar melonjak ke level tertinggi baru dalam 34 tahun terhadap yen pada hari Jumat, sebagian didukung oleh data inflasi AS. “Kekuatan dolar membantu memberikan tekanan negatif hari ini,” kata Kilduff.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketegangan di Timur Tengah

Kekhawatiran pasokan mendukung harga harga seiring berlanjutnya ketegangan di Timur Tengah.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan setiap keputusan Pengadilan Kriminal Internasional, yang menyelidiki serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel dan serangan militer Israel di Gaza, tidak akan mempengaruhi tindakan Israel namun akan “menjadi preseden berbahaya.”

“Di bawah kepemimpinan saya, Israel tidak akan pernah menerima upaya apa pun yang dilakukan Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag untuk melemahkan hak dasar mereka untuk membela diri,” kata Netanyahu dalam pernyataan yang dibagikan melalui Telegram.

 

3 dari 3 halaman

Serangan Udara

Israel meningkatkan serangan udara di Rafah setelah mengatakan pihaknya akan mengevakuasi warga sipil dari kota di Gaza selatan dan melancarkan serangan habis-habisan meskipun sekutu memperingatkan bahwa hal itu dapat menimbulkan korban massal.

“Israel tidak takut untuk datang dan mendukung diri mereka sendiri jika diperlukan, orang-orang menyaksikan apa yang terjadi antara Netanyahu dan Biden,” kata Tim Snyder, kepala ekonom di Matador Economics.

“Elemen geopolitik belum berakhir, pertarungan proksi yang terjadi saat ini akan terus berlanjut”, dan hal ini masih memberikan dukungan dan membantu mengimbangi tekanan negatif dari data inflasi, tambah Snyder. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat