uefau17.com

Harga Minyak Mentah Turun 2% usai Persediaan BBM AS Naik - Bisnis

, Jakarta Harga minyak mentah AS berada di bawah USD 83 per barel pada hari Rabu, turun sedikit setelah naik hampir 2% di sesi sebelumnya.

Fokus pedagang telah beralih kembali ke fundamental penawaran dan permintaan seiring dengan memudarnya ancaman perang antara Israel dan Iran.

Dikutip dari CNBC, Kamis (25/4/2024), pasar terlihat agak bearish saat ini dengan persediaan minyak global meningkat karena minyak mentah yang tertahan di perairan akibat gangguan di Laut Merah kini sedang dibongkar, menurut catatan Goldman Sachs pada hari Selasa. Hal ini mengurangi ketatnya pasar, menurut bank tersebut.

Goldman juga melihat premi risiko geopolitik yang diperhitungkan dalam penurunan harga minyak mentah sebesar USD 5 hingga USD 10 per barel dalam beberapa bulan mendatang.

Stok Minyak AS

Stok minyak mentah komersial AS, tidak termasuk cadangan minyak strategis, turun 6,4 juta barel pada pekan lalu, penurunan terbesar sejak pertengahan Januari, menurut data dari Badan Informasi Energi (EIA).

Dan Presiden Joe Biden pada hari Rabu menandatangani paket bantuan luar negeri yang akan memperluas sanksi terhadap minyak Iran dengan menargetkan pelabuhan, kapal, dan kilang yang secara sengaja menerima ekspor minyak mentah Republik Islam tersebut.

Berdasarkan undang-undang tersebut, Biden dapat mengesampingkan sanksi karena alasan keamanan nasional, sehingga kemungkinan besar akan membatasi dampaknya terhadap pasar minyak.

“Kami mempertahankan pandangan kami bahwa pemerintahan Biden tidak berniat menerapkan sanksi tegas yang dapat menaikkan harga minyak mentah global (dan, sebagai akibatnya, harga bensin eceran AS) pada tahun pemilu,” kata layanan risiko geopolitik Rapidan Energy kepada kliennya di catatan sebelum peraturan perundang-undangan disahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Harga Minyak

Reli berkepanjangan di atas USD 95 per barel untuk patokan global Brent tidak mungkin terjadi saat ini, kata Tamas Varga, analis di broker minyak PVM.

Aliran minyak dari Timur Tengah tidak terganggu oleh konflik, produksi meningkat di AS, inflasi tetap tinggi dan OPEC memiliki kapasitas cadangan yang cukup untuk mengurangi pasokan ke pasar jika terjadi darurat pasokan, kata Varga.

“Adalah adil untuk menyimpulkan bahwa dua nama terakhir dalam daftar tersebut memainkan peran paling menonjol dalam menurunkan harga Brent dari $92/bbl kurang dari dua minggu lalu menjadi di bawah $86/bbl pada hari Senin,” kata analis tersebut kepada kliennya dalam sebuah catatan. Rabu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat