uefau17.com

Korea Selatan vs Indonesia: Dilema Shin Tae-yong Hadapi Tanah Kelahiran di Perempat Final Piala Asia U-23 - Bola

, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku sulit menghadapi negaranya sendiri dalam duel babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 WIB.

Seperti diketahui, Garuda Muda memang dipaksa berduel dengan Korea Selatan di fase 8 besar. Rizky Ridho dan kawan-kawan finis sebagai runner-up klasemen grup A, sehingga dipasangkan dengan Taeguk Warriors yang menyandang status juara grup B.

Padahal, Shin Tae-yong semula berharap anak-anak asuhnya bisa lebih dulu berjumpa Jepang di perempat final. Pertemuan melawan Korea Selatan baru diekspektasikan terjadi di partai puncak, dengan harapan kedua tim bisa sama-sama menyegel tiket ke Olimpiade.

STY yang pernah menjabat sebagai juru taktik Timnas Korea Selatan pun tak menampik pertemuan kontra negeri ginseng bakal jadi misi berat buat dia secara pribadi.

Tak hanya karena kualitas pemain yang mumpuni, beban menjadi "musuh" negara sendiri di lapangan juga turut menjadi faktor yang menambah sulit persaingan di babak perempat final AFC Asian Cup U-23.

"Ini pengalaman pertama melawan negara saya sendiri dan (rasanya) sulit bagi saya. Tetap saja, jika saya tidak menjadi pelatih Korea mungkin rasanya tidak sesulit ini," ucap pelatih Timnas Indonesia U-23 dalam konferensi pers pra pertandingan pada Rabu (24/4/2024).

"Saya melatih Korea di U-20, U-23, dan senior. Saya menyanyi lagu kebangsaan Korea dan melatih sebaik mungkin bersama Korea, dan ini (melawan negara sendiri) jadi sulit bagi saya," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Punya Keuntungan Lawan Korea Selatan

Terlepas dari perasaan berat menghadapi negara sendiri, Shin Tae-yong sebelumnya mengungkap Timnas Indonesia U-23 punya sedikit keuntungan jelang tampil di babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

STY yang pernah berstatus sebagai juru taktik Taeguk Warriors cukup familiar dengan gaya permainan pasukan dari negeri ginseng. Rizky Ridho dan kawan-kawan juga punya waktu istirahat lebih banyak ketimbang calon lawan mereka lantaran sudah menyelesaikan duel fase grup sejak Minggu (21/4/2024) lalu.

"Sebenarnya (perasaan saya jelang perempat final) lebih tenang karena kita lebih banyak istirahat satu hari dibanding lawan nanti," ucap STY dalam keterangan sebelumnya.

"Apalagi saya benar-benar tahu sekali lawannya nanti seperti apa," sambung juru takik berusia 53 tahun.

3 dari 3 halaman

Jadwal Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Kamis, 25 April 2024

21.00 WIB: Qatar vs Jepang

Jumat, 26 April 2024

00.30 WIB: Korea Selatan vs Indonesia

21.00 WIB: Uzbekistan vs Arab Saudi

Sabtu, 27 April 2024

00.30 WIB: Irak vs Vietnam

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat