uefau17.com

PBSI: Piala Thomas dan Uber 2024 Kuatkan Kebersamaan Atlet - Bola

, Jakarta - Sekretaris Jenderal PP PBSI M. Fadil Imran menilai partisipasi tim putra dan putri Indonesia pada Piala Thomas-Uber 2024 menjadi momen penguatan semangat para atlet menjelang Olimpiade Paris.

“Thomas dan Uber Cup ini kejuaraan beregu. Suasananya agak berbeda dengan turnamen-turnamen sebelumnya yang bersifat perorangan. Semangat kebersamaan harus terbangun lebih kuat. Namun, jangan sampai juga kebersamaan itu menjadi beban,” kata Fadil dikutip keterangan resmi PP PBSI..

Pria yang juga merupakan Ketua Tim Adhoc Olimpiade Paris PBSI itu berharap para atlet dapat memaksimalkan momentum positif yang dibangun sejak All England, karena hasil dua kejuaraan beregu ini akan mempengaruhi posisi unggulan pada undian Olimpiade.

“Momentum positif sejak All England harus terus dijaga apinya hingga Olimpiade Paris nanti. Thomas dan Uber ini penting karena akan mempengaruhi posisi dalam drawing,” ujar Fadil.

Untuk Piala Thomas 2024, Indonesia mengirim Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Alwi Farhan untuk sektor tunggal, sementara sektor ganda diisi oleh Fajar Alfian, Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, Bagas Maulana, dan Muhammad Shohibul Fikri.

Dalam perhelatan tahun ini, tim putra Indonesia menempati unggulan 3/4. Sebelumnya tim putra Merah Putih hanya mencapai perempat final Kejuaraan Beregu Asia (BATC) yang digelar di Malaysia, Februari lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Usung Merah Putih ke Podium Tertinggi

Sementara, tim putri Indonesia berangkat ke Uber Cup sebagai unggulan 5/8. Gregoria Mariska Tunjung, Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Ruzana mengisi di sektor tunggal, serta Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Meilysa Trias Puspitasari, Rachel Allessya Rose, Ribka Sugiarto, dan Lanny Tria Mayasari di sektor ganda.

Tim putri dipastikan lolos ke putaran final di Chengdu setelah melaju ke babak semifinal di BATC.

“Intinya, dari hari ke hari kita menabung modal untuk menghadapi Olimpiade dengan lebih baik lagi. Kita sudah menerapkan sport science, analisis performa, big data, dan pendekatan psikologi olahraga,” kata Fadil.

“Kita juga terus menumbuhkan semangat gotong royong dan soliditas dari atlet, pelatih, ofisial, dan tim pendukung. Ini semua adalah usaha kita untuk mengibarkan Merah Putih di tiang tertinggi,” tambahnya ujarnya.

3 dari 3 halaman

Target Indonesia di Piala Thomas-Uber 2024

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja sebelumnya yakin baik tim Thomas maupun Uber mampu melewati tantangan pertama yaitu lolos dari penyisihan grup.

"Persiapan memang tidak panjang, hanya satu minggu lebih setelah Kejuaraan Asia kemarin tapi para pelatih pastinya sudah mempersiapkan dari jauh hari. Selain itu, dari segi kekuatan dan calon lawan, tidak jauh berbeda dengan turnamen biasanya," kata Ricky.

"Untuk lolos dari grup baik tim Thomas maupun tim Uber saya yakin kansnya besar, tinggal bagaimana para pemain nanti bisa tampil lepas dan optimal," tutup Ricky.

Sebagai informasi tim putra Indonesia tergabung bersama India, Thailand, dan Inggris di Grup C. Sementara tim putri juga masuk Grup C bersama Jepang, Hong Kong, dan Uganda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat