uefau17.com

8 Soundtrack Drakor Terbaik yang Wajib Masuk Dalam Playlist-mu - Citizen6

, Jakarta - Saat menonton drama Korea (drakor), apa saja yang Anda perhatikan? Biasanya dari jalan cerita, tema yang diambil, serta nama-nama pemain yang beradu akting di dalamnya.

Namun siapa sangka, kalau ada juga drakor yang menyiapkan soundtrack yang bagus sebagai pelengkap alur cerita. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir, banyak drakor yang mendapatkan popularitas hingga di kalangan internasional berkat alur ceritanya yang kreatif serta karakteristiknya yang dinamis. Apalagi dengan semakin mudahnya mengakses acara-acara tersebut, popularitas drama Korea pun semakin meningkat.

Hal ini tentu saja sebagai merajalelanya budaya KPop di dunia. Nah, bagi Anda yang baru mencoba menonton drakor bisa jadi akan memulai menonton drama-drama yang cukup populer seperti misalnya 18 Again, Beyond Evil, atau Doctor Slump

Akan tetapi, ada juga yang mulai tertarik dengan drakor karena mendengar musiknya terlebih dahulu. Untuk itu, sebagaimana sudah dirangkumkan dari Screenrant, Jumat (19/4/2024), berikut ini soundtrack drakor terbaik yang bisa Anda dengarkan. 

Semuanya tentu memiliki komposisi musik yang kompleks, yang menyesuaikan dengan alur cerita drama tersebut. Ada apa saja, ya?

1. Descendants Of The Sun (2016)

Soundtrack Descendants of the Sun memiliki dampak yang begitu kuat hingga membuat mata berlinang air mata. Bagi siapapun yang menonton K-drama tersebut, alunan musik romantis juga akan membawa rasa kehilangan yang pahit manis.

Tiga lagu dari soundtrack Descendants of the Sun yaitu “This Love” oleh Davichi, “Everytime” oleh Chen & Punch, dan “Always” oleh Yoon Mirae, memiliki pengaruh yang begitu kuat hingga menduduki peringkat tinggi di chart musik Korea.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Goblin (2016-2017)

Bisa dibilang, drakor romansa fantasi Goblin menjadi salah satu soundtrack K-drama paling terkenal karena suara penyanyinya yang indah dan magis. Soundtrack Goblin memiliki pengaruh yang kuat pada pertunjukan tersebut.

Setiap lagu cocok dengan adegan di mana lagu itu berlangsung, sehingga memengaruhi nadanya. Meski Goblin membutuhkan soundtrack agar sukses, lagu-lagunya bisa berdiri sendiri karena komposisinya yang sempurna.

3. Secret Garden (2010)

Salah satu soundtrack terbaik berasal dari cerita Secret Garden. Lagu-lagu di soundtrack memberikan keseimbangan yang tepat antara fantasi dan suasana yang membumi.

Vokal oleh bintang serial Hyun Bin, “The Man” adalah inti dari soundtrack ini. Lagu ini membuktikan bahwa sang aktor memiliki banyak kemampuan di luar akting termasuk penyampaian emosi melalui vokal dan kontrol nada yang kuat. 

4. Radio Romance (2018)

Sebagai salah satu drakor yang berpusat pada acara radio, tentu diperlukan musik terbaik agar berhasil. Soundtrack dari Radio Romance tidak mengecewakan, karena menawarkan musik yang diproduksi dengan sangat baik sehingga seseorang dapat ikut menari atau bernyanyi.

Kehangatan bergema melalui lagu-lagunya, meskipun temponya lebih lambat atau intonasinya lebih sedih. Pada akhirnya, lagu-lagu Radio Romance terdengar seperti yang diputar di stasiun radio sungguhan, menjadikannya begitu nyata untuk sebuah K-drama.

3 dari 4 halaman

5. Reply 1988 (2015)

Soundtrack dari Reply 1988 memberikan keseimbangan yang tepat antara nostalgia dan suara segar. Sama seperti acara TV, musiknya menarik pendengar baik mereka tinggal di Seoul tahun 1980-an atau tidak.

Pengulangan piano dan akordeon yang digunakan dalam lagu – terutama Hyehwadong oleh Park Bo-ram – membangkitkan perasaan persahabatan dan idealisme muda yang dialami para karakter. Banyak vokal dalam soundtrack Reply 1988 yang tampak melayang, menciptakan lagu-lagu yang dapat disukai seseorang.

6. Extraordinary You (2019)

Karakter dalam K-drama Extraordinary You mengalami berbagai emosi, sehingga soundtrack-nya begitu cocok dengan hal itu. Ada lagu yang sempurna untuk setiap emosi.

Getaran synth dari “My Beauty” oleh Verivery akan membuat pendengarnya bersemangat. Sementara, “I Draw You in My Heart” oleh Jeong Sewoon memiliki melodi yang memilukan, lengkap dengan riff piano yang penuh perasaan. Baik penggemar K-drama maupun mereka yang belum familiar dengan serial ini pasti ingin mendengarkan soundtrack Extraordinary You berulang kali.

4 dari 4 halaman

7. Hotel Del Luna (2019)

Fantasi rom-com Hotel Del Luna mencakup beberapa lagu KPop yang menarik sekaligus. Lagu-lagunya mencakup vokal wanita yang kuat, lagu-lagu yang melenting, dan balad – perpaduan bagus yang membuat album ini tetap segar.

Sebagian besar lagunya menyertakan instrumentasi piano dasar. Namun, vokalisasi para penyanyi dengan jelas menyampaikan berbagai emosi yang dialami karakternya. Pada akhirnya, soundtrack Hotel Del Luna akan menawarkan sesuatu yang baru di setiap pendengarannya.

8. My Mister (2018)

Soundtrack dari My Mister adalah rollercoaster emosional, menawarkan nada patah hati, kegembiraan, dan melankolis. Setiap lagu punya fungsi yang cukup baik dalam menetapkan ekspektasi terhadap alur cerita selanjutnya.

Selain itu, variasi tempo mempercepat tempo untuk membangun ketegangan atau memperlambat tempo untuk menarik perhatian pada sebuah adegan. Tidak peduli emosi apa yang dimiliki sebuah lagu, harapan mendasari keseluruhan soundtrack My Mister.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat