uefau17.com

Tips Membuat Rencana Persiapan Pernikahan Sendiri di Rumah - Citizen6

, Jakarta Menikah menjadi salah satu momen penting dalam hidup, di mana setiap orang bersama pasangannya ingin mewujudkan pernikahan impiannya. Maka dari itu, nggak heran kalau banyak pasangan yang punya konsep pernikahan sendiri.

Nah, kalau ngomongin soal pernikahan, tentunya banyak hal yang dipertimbangkan. Artinya, kamu dan pasangan harus menyusun rencana pernikahan dengan persiapan yang matang. Paling utama yang harus kamu siapkan adalah mental. 

Mungkin selama masa perkenalan, kamu dan pasangan dapat saling mengerti kebutuhan emosional masing-masing. Ketika tengah menyusun rencana pernikahan, pastikan kamu dan pasangan tetap saling memahami. Usahakan untuk menjalin komunikasi yang baik dan sehat, serta meminimalisir perselisihan yang menimbulkan konflik. 

Apakah persiapan itu saja? Nggak dong! Masih banyak persiapan lain yang juga harus kamu lakukan., terutama jika kamu akan menggelar acaranya di rumah. Berikut tips membuat rencana pernikahan sendiri di rumah: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jumlah Undangan

Ketika kamu memutuskan membuat acara pernikahan di rumah, jangan lupa untuk menentukan jumlah undangannya. Biasanya, saat menggelar acara pernikahan di rumah, orang yang diundang jumlahnya lebih banyak. Ketika jumlah undangan semakin banyak, artinya bujet yang harus dikeluarkan pun juga tinggi. 

Nah, agar efektif dan bisa menghemat bujet, cara termudah adalah buatlah A-list dan B-list untuk undangan pernikahan. Dari semua orang yang akan kamu undang, kecil kemungkinan 100% datang ke pesta yang kamu adakan. Asumsikan bahwa 10-20% orang yang diundang nggak datang. Dengan asumsi ini kamu dapat membuat daftar tamu tambahan yang masuk ke dalam A-list.

 

3 dari 6 halaman

2. Dekorasi Pernikahan

Romantic wedding, rustic wedding, vintage wedding, atau modern wedding merupakan sederet konsep pernikahan yang bisa kamu pilih. Jika kamu mau memilih salah satu konsep pernikahan itu, pastikan kamu melakukan dekorasi yang tepat dan nggak berlebihan ya. Ada baiknya, kamu menggunakan vendor pernikahan tertentu, agar mereka dapat mewujudkan konsep pernikahan impianmu ya!

 

4 dari 6 halaman

3. Katering

Ini adalah salah satu bagian dari persiapan pernikahan yang memakan banyak anggaran. Maka dari itu, pastikan kamu memilih menu hidangan untuk resepsi pernikahan dengan pertimbangan yang matang. Tipsnya, tentukan menu makanan yang sesuai dengan konsep pernikahan. Kamu bisa memilih menu yang fleksibel, tapi tetap menjadi idola di tiap pesta pernikahan, seperti menu teriyaki, ayam rica-rica, dan kombinasikan dengan menu manis, gurih, dan asin lainnya. 

Untuk menambah semarak pesta pernikahanmu, bisa uga ditambah menu stall dan dessert, seperti es krim, es krim, atau aneka snack. Jika kamu memilih katering yang dimasak oleh orang-orang disekitarmu, untuk dessert dan stall, kamu bisa menghadirkan menu dari camilan favorit langgananmu, seperti siomay, bakso, dan lainnya. Pesanlah sesuai dengan jumlah undangan. 

5 dari 6 halaman

4. Dokumentasi

Acara pernikahan menjadi momen yang sakral dan penting. Maka dari itu, perlu diabadikan dalam bentuk foto dan video. Jika kamu punya teman atau kerabat di bidang ini, andalkan jasa mereka untuk membantumu mengabadikan momen pernikahan. Nantinya mereka akan mengabadikan semua foto dalam acara, mulai dari hal terkecil seperti memotret mahar pernikahan, baju pernikahan, souvenir pernikahan, hingga mengabadikan momen penting lainnya. 

 

6 dari 6 halaman

5. Jangan Lupa Minta Izin

Buat kamu yang menggelar acara pernikahan di rumah, jangan lupa untuk meminta izin ke lingkungan sekitar. Pastikan kamu meminta izin dari tetangga dari jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan berlangsung, seperti ke Ketua RT, dan RW, biar acara pernikahanmu nggak mengganggu kenyamanan mereka. 

 

 

 (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat