uefau17.com

Rencana Pemakaman Raja Charles III Diperbarui Setelah Diagnosis Kankernya Makin Buruk - Lifestyle

, Jakarta - Kondisi kesehatan Raja Charles III dikabarkan semakin memburuk. Situasi itu membuat para pejabat Istana Buckingham terus memperbarui rencana pemakamannya yang akan datang.

Melansir New York Post, kamis, 25 April 2024, sumber orang dalam Istana Buckingham mengatakan jika persiapannya sudah dimulai sehari setelah Ratu Elizabeth II dimakamkan. Raja Charles yang saat ini berusia 75 tahun, perlahan mulai tidak lagi menjadi sorotan sejak mengumumkan prognosis kankernya pada Februari 2024.

Hal tersebut dilakukan untuk menyembunyikan kondisinya yang menurun, dengan beberapa sumber mengatakan kepada The Daily Beast bahwa situasinya sedang tidak baik-baik saja. "Semua orang tetap optimis, namun dia benar-benar tidak sehat. Lebih dari yang mereka katakan," jelas sebuah sumber yang digambarkan sebagai teman lama keluarga kerajaan pada media.

Raja Charles sampai saat ini belum pernah mengungkapkan kanker apa yang menyerangnya, tetapi ia mengakui bahwa itu bukan kanker prostat, yang merupakan salah satu bentuk penyakit yang bisa diobati. Pihak kerajaan Inggris juga bungkam tentang perawatan medis yang sedang dijalani, tetapi orang dalam dan komentator politik telah berbicara secara terbuka tentang bagaimana 'Raja merespons dengan sangat baik' terhadap pengobatannya.

Namun para ajudan Raja Charles secara teratur meninjau salinan dokumen tebal dengan beberapa ratus halaman yang menguraikan rencana pemakaman kerajaannya, yang dijuluki "Operasi Jembatan Menai." Rencana tersebut telah selesai dan selalu terus diperbarui.

"Namun beritanya tentu saja membuat pikiran terfokus," kata seorang mantan staf yang punya hubungan dengan para pekerja kerajaan kepada Daily Beast.

Dokumen yang sangat mendetail ini dibuat sehari setelah Ratu Elizabeth dimakamkan pada 8 September 2022. Hal ini menjadikan pemakaman Ratu dengan masa jabatan terlama ini, sebagai panduan untuk memastikan pemakaman Charles berjalan lebih lancar.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rencana Pemakaman dan Nama Jembatan

Para pejabat militer mengonfirmasi bahwa Operasi Jembatan Menai sedang diperbarui secara berkala, tetapi menegaskan bahwa itu adalah prosedur standar. Semua anggota kerajaan telah memperbarui rencana pemakaman yang dikategorikan berdasarkan kata sandi berbasis jembatan, dengan Ratu Elizabeth II yang terkenal sebagai "Operation London Bridge."

Rencana pemakaman mantan Pangeran Wales ini dinamai sesuai dengan nama jembatan gantung, yang menghubungkan pulau Anglesey dengan daratan Wales. Pejabat lain menambahkan, bahwa merencanakan hal terburuk adalah apa yang dilakukan militer.

Divisi Household Division, di bawah Mayor Jenderal James Bowder yang memimpin yaitu tujuh resimen pengawal. Kemudian, seluruh Distrik London, resimen Angkatan Darat Teritorial, dan Artileri Kuda Kerajaan.

Itu sebelum masuk ke Angkatan Laut atau Angkatan Udara. Charles sangat dekat dengan Resimen Parasut selama bertahun-tahun, jadi mereka bakal terlibat.

"Itu baru seremonialnya saja. Maka Anda membutuhkan operasi keamanan raksasa karena setiap VVIP di planet ini ada disana. Semuanya berlangsung dalam waktu kurang dari dua minggu, yang berarti setiap aspek harus direncanakan dengan cermat sebelumnya," kata sumber orang dalam istana lainnya.

Bulan lalu, Raja Charles III bersama istrinya, Ratu Camilla, mengikuti Kebaktian Minggu Paskah di Kapel St. George di halaman Kastil Windsor di sebelah barat London. Raja Charles memimpin anggota keluarga Kerajaan Inggris pada kebaktian yang digelar pada Minggu, 31 Maret waktu setempat.

3 dari 4 halaman

Raja Charles di Kebaktian Minggu Paskah

Melansir CNN, Minggu, kebaktian Paskah menandai penampilannya yang paling signifikan sejak diagnosis kankernya bulan lalu. Raja Charles dan istrinya tiba dengan mobil untuk mengikuti kebaktian pagi yang berlangsung selama satu jam.

Pria berusia 75 tahun itu memakai setelan jas dan celana panjang biru tua serta dasi biru muda dan kemeja putih. Ia dan Ratu Camilla empat tersenyum dan menyalami sejumlah warga yang telah mengantre berjam-jam di kapel tersebut. Mereka juga sempat mengobrol singkat dengan beberapa orang di antara kerumunan.

Agenda tersebut merupakan acara rutin dalam kalender Kerajaan Inggris dan biasanya dihadiri oleh banyak anggota keluarga kerajaan, di mana mereka akan berjalan berurutan ke gereja pada Minggu Paskah. Seperti sudah diperkirakan sebelumnya, acara Minggu Paskah ini tidak dihadiri Pangeran William, Kate Middleton dan ketiga anak mereka.

Kate Middleton diketahui sedang menjalani perawatan menyusul diagnosis kanker yang baru saja diumumkan pada pekan lalu. Situasi ini merupakan krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya di zaman modern kerajaan Inggris karena dua anggota paling seniornya secara bersamaan berjuang melawan penyakit serius.

4 dari 4 halaman

Raja Charles Ikuti Saran Medis

Kate meminta privasi saat dia menjalani perawatan bersama keluarganya. Untuk itu, keluarga William dan Kate yang beranggotakan lima orang, sudah dipastikan tidak akan hadir pada Kebaktian Minggu Paskah.

Menurut juru bicara Istana Buckingham Jumat, 27 Maret 2024, Raja Charles III dilaporkan sangat bangga pada Kate atas keberaniannya dalam membagikan diagnosis kankernya. Raja Charles sendiri mengikuti saran medis dengan mundur dari tugas-tugas publik saat dia berjuang melawan kanker.

Jumlah anggota keluarga kerajaan yang berkumpul untuk ibadah Minggu Paskah di tahun ini lebih sedikit dari biasanya untuk meminimalkan risiko terkait dengan kerumunan yang lebih besar. Terlepas dari itu, kehadiran Charles dilihat oleh banyak pengamat kerajaan sebagai tanda kesehatannya yang meyakinkan.

Di tengah kondisinya, ayah dari Pangeran William dan Pangeran Harry itu tetap menjalankan tugas dan fungsinya sebagai kepala negara, namun dari balik layar. Dalam sebulan terakhir rumor tentang keberadaan Putri Wales membuat publik khawatir, sampai akhirnya muncul pengumuman resmi bahwa Middleton mengidap kanker.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat