uefau17.com

Sejarah Adidas Samba, Sepatu yang Bikin Rishi Sunak Dihujat Warganet - Lifestyle

, Jakarta - Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, dihujat warganet setelah mengunggah video pada Selasa, 2 April 2024, di akun Instagramnya @rishisunakmp. Dalam video tersebut, Sunak mengenakan sepatu Adidas Samba berwarna putih dengan garis tiga warna hitam. Ia memadankannya dengan kemeja putih dan celana chino warna navy. Warganet menilai kombinasi baju dan sepatu tersebut tidak cocok.

Mengutip The Guardian pada Jumat, 12 April 2024, banyak pengguna media sosial mengatakan mereka akan menjual sepatu mereka secara online karena Sunak telah merusak penampilan semua orang. Sunak akhirnya meminta maaf kepada seluruh penggemar sepatu trainer tersebut setelah dituding merusak kredibilitas mereka saat ia berfoto berpasangan.

Perdana Menteri Inggris tersebut mengaku sebagai pemakai sepatu brand Jerman tersebut "selama bertahun-tahun" dan merupakan "pemuja lama" merek tersebut.

Berbicara di Radio LBC, Sunak berkata: "Saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada komunitas Samba. Namun, dalam pembelaan saya, saya akan mengatakan bahwa saya sebenarnya telah memakai sepatu kets Adidas, termasuk Sambas dan lainnya, selama bertahun-tahun."

"Sepatu pertama yang diberikan kakak saya untuk saya bertahun-tahun yang lalu, sepatu olahraga Adidas pertama saya yang menyenangkan sebagai hadiah Natal. Saya belum pernah melihat ke belakang sejak itu. Jadi saya sudah lama menjadi pemujanya," sambung Sunak.

Kasus Sunak dan sepatu Sambanya, memunculkan penasaran soal sejarah sepatu itu hingga akhirnya populer di seluruh dunia. Berikut merupakan rinciannya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memikat Hati Komunitas Global Selama Lebih dari 50 Tahun

Mengutip situs resmi Adidas, pada Jumat, 12 April 2024, sepatu Adidas Originals Samba adalah gaya ikonis yang memikat hati komunitas global selama lebih dari 50 tahun. Samba awalnya tidak diciptakan untuk Piala Dunia atau terinspirasi langsung oleh bentuk tarian Brasil.

Sebaliknya, ia muncul dari pertandingan sepak bola di Jerman pada 1950-an, yang karena performa luar biasanya di lapangan es membuatnya mendapat julukan "Samba". Berdasarkan kesuksesan ini, Adidas terus menyempurnakan dan menyempurnakan sepatu Samba selama bertahun-tahun.

Pada 1972, Adidas Originals Samba seperti yang kita kenal sekarang, diluncurkan. Sol luar "profil 3 zona" menawarkan kelincahan yang hebat dan cengkeraman luar biasa, sempurna untuk aksi sepak bola cepat. Sepatu ini juga memiliki bantalan pergelangan kaki dan tumit yang lembut untuk perlindungan kaki belakang yang optimal, sedangkan vamp kulit rendah di area kaki depan memfasilitasi penanganan bola yang sangat baik. 

Selama bertahun-tahun, Samba terus mengalami pembaruan fungsional, dengan diperkenalkannya fitur-fitur seperti kulit sapi, tab tarik, dan sol luar berwarna tanpa tanda. Khusus model Samba Spezial yang diluncurkan pada 1982 yang menggunakan irisan poliuretan penyerap guncangan dan sol luar multi-stud, menjadikannya pilihan yang dapat diandalkan untuk permukaan musim dingin yang licin.

3 dari 4 halaman

Sudah Banyak Berkolaborasi

Bertahun-tahun berlalu, sepatu ini juga telah banyak berkolaborasi dan peluncuran ulang, sehingga memperkuat statusnya sebagai produk fashion utama. Pada 2014, merek ini meluncurkan SAMBA Super Battle Pack, koleksi yang merayakan semaraknya Piala Dunia di Brasil. Koleksi edisi terbatas ini menampilkan warna-warna berani dan desain rumit, yang mencerminkan esensi dan semangat komunitas Samba, di Brasil dan sekitarnya.

Selain Super Battle Pack, Samba juga berkolaborasi dengan desainer, selebriti, dan brand fashion ternama, termasuk dalam beberapa tahun terakhir, sepatu Samba merah ikonik dari kolaborasi Adidas Originals by Wales Bonner. Kemitraan itu memberikan angin segar ke dalam dunia sepatu yang tak lekang oleh waktu. Hasil kolaborasi tersebut menghasilkan rilisan sepatu yang unik dan didambakan serta menarik baik di bidang olahraga maupun gaya.

Samba menjadi bukti bahwa peran merek terhadap inovasi dan gaya sangat dibutuhkan. Apa yang awalnya merupakan sepatu sepak bola khusus untuk lapangan es di Jerman, telah berkembang menjadi gaya sehari-hari dan sepatu olahraga di seluruh dunia.

Desainnya yang tak lekang oleh waktu, ditambah dengan peningkatan fungsi dan kolaborasi yang menarik, telah membuat Samba dicintai khususnya oleh komunitasnya. Baik Anda seorang fanatik sepak bola, penggila gaya, atau sekadar mengapresiasi perpaduan antara olahraga dan gaya, sepatu Adidas Originals Samba terus meninggalkan kesan yang tidak pernah terlupakan dalam dunia peralaskakian dan di seluruh komunitas dunia.

4 dari 4 halaman

Adidas Samba Hari Ini

Saat ini, sepatu Adidas masih banyak terlihat ketika bermain futsal dan terus populer di olahraga dalam ruangan lainnya. Ada juga versi khusus bola tangan dengan gaya serupa. Begitu pula dengan Veloz Samba untuk bersepeda.

Bahkan dalam street style dan jalanan dunia ini, Samba berciri khas tulisan emas di bagian sampingnya masih super populer. Desainnya yang simple dan clean serta nuansa retro yang saat ini semakin populer dari sebelumnya, tetap menjadikan ikon sneakers sebagai salah satu ikon yang wajib dimiliki.

Banyak penggemar juga menyukai referensi visual yang jelas tentang sepak bola. Selain itu, Samba sangat nyaman, dapat dipadukan dengan banyak hal dan selalu menjadi ide bagus berkat desainnya yang minimalis namun kokoh dan abadi.

Kolaborasi juga pernah dilakukan bersama Jonah Hill, serta versi khusus Samba, seperti tambahan Sambarose untuk wanita atau versi vegan. Saat ini, selain OG dalam warna hitam dan gaya klasik lainnya, Anda juga dapat berbelanja banyak model warna warna-warni pada siluet Samba. Seiring berjalannya waktu, banyak versi serupa yang terinspirasi oleh Samba telah berevolusi, seperti adidas Tobacco, City Series, atau Gazelle yang disebutkan di atas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat