uefau17.com

NasDem Bergabung, PAN Serahkan Sepenuhnya Jatah Kursi Menteri ke Prabowo - News

, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) tidak khawatir dengan bergabungnya Partai NasDem ke pemerintahan Prabowo-Gibran akan mengurangi jatah kursi menteri.

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Daulay meyakini Prabowo Subianto bakal bertindak profesional dalam menyusun kabinetnya.

"Partai Amanat Nasional tidak pernah merasa khawatir dengan bergabungnya partai-partai di luar koalisinya Pak Prabowo. Sebab, kami yakin bahwa Pak Prabowo itu akan bertindak secara profesional sesuai dengan komitmen Beliau dalam membangun koalisi, juga sesuai dengan komitmen Beliau untuk membangun Indonesia," kata Saleh kepada wartawan, Jumat (26/4/2024).

Jika pun nanti Partai NasDem resmi bergabung, Saleh yakin, Prabowo akan memberikan tugas dan kewenangan kepada mereka. Soal posisi menteri yang diinginkan PAN, Saleh juga menyerahkan kepada Prabowo.

"Nah, soal jatah menteri yang akan diberikan kepada NasDem itu kita harus menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Prabowo, karena untuk membagi jabatan menteri kepada partai-partai yang bergabung itu hak prerogatif dari presiden," ucap Saleh.

Saleh menegaskan, PAN adalah partai yang sangat loyal kepada Prabowo. Terbukti, sudah tiga kali pilpres, PAN tetap setia mendukung Prabowo.

Karena itu, PAN tidak pernah khawatir dengan komitmen Prabowo kepada PAN. Sebab, PAN sudah menunjukkan komitmen luar biasa tinggi kepada Prabowo.

"Jadi kita serahkan sepenuhnya persoalan jatah menteri ini kepada Pak Prabowo," kata Saleh.

"Mudah mudahan nanti kita mendapatkan jajaran struktur menteri yang baik dari semua partai koalisi dan juga profesional. Insyaallah mampu membawa Indonesia menjadi negara maju, menjadi negara yang sejahtera dan juga diperhitungkan di pentas global," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Demokrat Sambut Baik NasDem Gabung ke Pemerintahan Prabowo-Gibran

Partai Demokrat menyambut baik perihal partai politik lain yang bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM). Menurut anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarieh Hasan, perlu kebersamaan untuk membangun Indonesia lebih maju.

"Membangun bangsa yang besar seperti negara kita ini perlu kebersamaan, sehingga lebih cepat maju ke depan," kata Syarief melalui pesan singkat, Jumat (26/4/2024).

Syarief pun menyambut baik jika Partai NasDem dan PKB gabung untuk mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Bagi Partai Demokrat bagus dan menyambut baik kalau NasDem dan PKB gabung KIM," ucap Syarief.

3 dari 3 halaman

Prabowo Gembira NasDem Bergabung

Presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di kediaman Kertanegara, IV, Rabu (25/4). Usai pertemuan, Prabowo menyebut bahwa dirinya sepakat kerja sama dengan Surya Paloh.

"Hari ini bisa dikatakan pertemuan yang efektif dan produktif, kita sepakat bahwa kita akan kerja sama untuk sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat Indonesia," kata Prabowo di Kertanegara.

Prabowo membuka semua kekuatan untuk bisa bergabung dengannya. Dia ingin pemerintahannya kuat dan efektif di tengah dinamika dunia.

"Terima kasih Pak Surya, terima kasih NasDem, kita sangat gembira saudara bersama kita," ucap Prabowo.

Di kesempatan sama, Surya Paloh menyatakan bahwa NasDem mendukung pemerintahan baru Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"NasDem hari ini menyatakan kembali menegaskan mendukung pemerintahan baru di bawah Prabowo-Gibran," kata Paloh.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat