uefau17.com

Bupati Ipuk Evaluasi Menyeluruh Keamanan di Kawah Ijen Usai Turis China Tewas Jatuh ke Jurang - Surabaya

, Banyuwangi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bakal meningkatkan keamanan destinasi wisata dengan melakukan evalukasi menyeluruh terhadap tempat wisata di Banyuwangi.

Menurut Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestinadani, peningkatan keamanan wisata sangat penting. Pasalnya  belum lama ini seorang turis asing dari China tewas terjatuh ke jurang sedalam 75 meter di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Ijen.

Dengan adanya kejadian itu, Ipuk beruapaya untuk kembali meningkatkan keamanan destinasi pariwisata di Banyuwangi, khususnya TWA Kawah Ijen.

Ia telah meminta pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi untuk berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) TWA Kawah Ijen terkait peningkatan keamanan wisata termasuk saat pendakian.

Ipuk mengatakan, adanya petunjuk atau rambu- rambu bagi wisatawan harus bisa kembali diketatkan, dan hal ini tentunya menjadi evaluasi bagi wisatawan Banyuwangi dalam menjamin keselamatan berwisata.

“Jadi diperketat dengan adanya rambu-rambu mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan, termasuk petunjuk mana yang harus hati- hati dan mana yang bisa leluasa,” ujar Ipuk, Jumat (26/4/2024).

Selain itu, kata Ipuk Fiestiandani, evaluasi termasuk pada penekanan terhadap pemandu wisata dan agen travel.

Terlebih terkait sertifikasi pemandu wisata akan menjadi penanda jika pemandu wisata tersebut memiliki konpetensi yang memadai.

“Semua harus dievaluasi dari hulu ke hilirinya mulai dari wisatawan, pihak pengelola hingga pihak ketiga seperti tour guide dan agent travel,” paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Informasi

Sedangkan untuk menghindari kelalaian dari wisatawan sendiri, Ipuk mengatakan  akan meminta untuk dibuatkan sebuah informasi petunjuk atau juknis yang lengkap bagi wisatawan yang akan berwisata ke Banyuwangi. Hal tersebut di dalamnya termasuk aturan berwisata hingga keselamatan berwisata

“Karena kita juga punya laut. Laut juga bahaya dapat menghilangkan nyawa jika wisatawan lalai, seperti terbawa arus misalnya. Itulah pentingnya informasi,” pungkas Ipuk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat