uefau17.com

Simak Tips Isi Baterai iPhone Lebih Cepat, Ikuti Langkah-Langkahnya - Tekno

, Jakarta - Mengisi daya merupakan hal wajib agar baterai iPhone kamu memiliki daya yang bisa menemani aktivitas sehari-hari. Agar pengisian daya iPhone berjalan cepat dan optimal, ternyata ada beberapa teknik yang perlu kamu tahu. 

Pengisian daya yang cepat akan sangat diperlukan ketika sedang terburu-buru. Jika kamu memerlukan pengisian baterai iPhone yang lebih optimal, ada pertimbangan tertentu, seperti kondisi lingkungan, pengaturan yang perlu diaktifkan, dan jenis pengisian daya yang digunakan.

Apabila kamu tidak mempertimbangkan hal-hal yang dapat mempercepat pengisian daya, ada kemungkinan baterai malah tidak terisi dengan baik. Bahkan, hal yang terburuk, iPhone bisa mati saat benar-benar dibutuhkan. 

Untuk itu, dalam artikel ini, Tekno akan memberikan panduan yang dapat membantu baterai iPhone kamu terisi dengan cepat.

Gunakan Kepala Charger dengan Dukungan Fast Charging

Ada dukungan fast charging untuk lini iPhone 8 ke atas. Seri iPhone ini mendukung pengisian daya cepat hingga 20W dengan adaptor yang mendukung kecepatan daya tersebut.

Mengutip dari CNET, Rabu (24/4/2024), selama iPhone dan kepala charger mendukung fast charging, iPhone milikmu akan terisi dari kosong hingga 50 persen dalam waktu 30 menit saja, serta membutuhkan waktu satu jam untuk terisi penuh.

Bahkan, kamu hanya perlu membutuhkan waktu 10 menit saja agar baterai iPhone bisa terisi hingga beberapa persen. Jadi, apabila kamu memerlukan pengisian daya yang lebih cepat, gunakan kepala charger dengan teknologi fast charging.

Sejak perilisan lini iPhone 12, Apple tidak lagi menyediakan kepala charger di kotak penjualan iPhone. Kendati demikian, kamu masih bisa membeli kepala charger Apple 20W dari beberapa toko distributor resmi Apple dan berbagai e-commerce.

Selain itu, kamu juga bisa membeli kepala charger dari merek lain. Namun, pastikan kepala charger tersebut memiliki teknologi pengisian daya 20W dan kompatibel dengan iPhone milikmu. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gunakan Wireless Charger yang Dukung Fast Charging

Cara tercepat kedua adalah menggunakan wireless charger yang mendukung pengisian daya 15W. Kendati demikian, hanya lini iPhone 12 ke atas yang mendukung pengecasan cepat melalui wireless charging.

Daya 15W pada wireless charging di iPhone dapat mengisi baterai sekitar 30 persen dalam waktu 30 menit.

Untuk dapat menikmati fast wireless charging, kamu hanya bisa menggunakan charger MagSafe yang mendukung daya 15W. Jika menggunakan wireless charger resmi non-Apple, baterai iPhone kamu hanya dapat menerima daya 7.5W.

Jangan Pakai iPhone Saat Mengisi Daya

Jika ingin mengisi baterai iPhone secepat mungkin, usahakan untuk tidak menggunakannya saat diisi daya. Memakai iPhone saat mengisi daya dapat memperlambat pengisian baterai. Karenanya, tinggalkan iPhone kamu saat mengisi daya.

3 dari 4 halaman

Matikan iPhone untuk Pengisian Lebih Cepat

Meskipun iPhone kamu dalam mode standby, iPhone masih bekerja di latar belakang. Karenanya, iPhone akan terus-menerus menyegarkan aplikasi, mengirimkan pemberitahuan, dan menyalakan layar yang bisa memperlambat pengisian baterai.

Oleh karenanya, disarankan mematikan iPhone agar baterai bisa lebih cepat terisi.

Nyalakan Airplane Mode

Jika kamu tidak ingin mematikan iPhone tetapi tetap ingin mengisi daya lebih cepat, kamu dapat mengaktifkan Airplane Mode.

Mode ini menonaktifkan semua fungsi transmisi nirkabel seperti seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth sehingga pengisian daya menjadi lambat. Jika Airplane Mode diaktifkan, iPhone kamu akan terisi daya lebih cepat meski tidak dimatikan.

4 dari 4 halaman

Sesuaikan Pengaturan iPhone

Kamu juga bisa menyesuaikan pengaturan di iPhone kamu agar pengisian daya di HP kamu lebih cepat dan optimal. Berikut pengaturan yang bisa kamu atur:

  • Low Power Mode: Aktifkan mode ini untuk mengurangi atau memengaruhi fitur yang memakan baterai seperti 5G, kecerahan layar, kunci otomatis, penyegaran aplikasi di latar belakang, pengunduhan otomatis, dan fitur lainnya.
  • Dark Mode: Banyak orang yang belum mengetahui kalau menyalakan Dark Mode dapat menghemat baterai sekaligus mempercepat daya baterai iPhone kamu.
  • Turunkan Kecerahan Layar: Semakin terang layar iPhone kamu, semakin cepat baterainya terkuras. Oleh karena itu, turunkan kecerahan iPhone kamu agar menghemat baterai sekaligus mempercepat pengisian daya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat