uefau17.com

Pengguna iPhone Keluhkan YouTube Music Bermasalah, Ada Apa? - Tekno

, Jakarta - Aplikasi YouTube Music di iOS mengalami kendala saat dibuka. Sejumlah pengguna mengeluhkan bug yang menyebabkan aplkasi menampilkan layar hitam sehingga pengguna tidak dapat memutar lagu di platform tersebut.

Dikutip dari 9to5Google, Kamis (25/4/2024), pengguna yang terkena dampak bug layar hitam ini hanya dapat melihat bilah aplikasi dengan logo YouTube Music, Search , dan avatar profil, serta bilah bawah.

Dengan adanya bug tersebut, pengguna tidak dapat mencari atau memutar lagu sebagaimana mestinya. Namun, bug ini hanya berdampak ke beberapa akun saja.

Sejauh ini, hanya pengguna iPhone yang mengeluhkan pemasalah ini, sedangkan pengguna Android masih dapat menjalankan aplikasi streaming lagu ini dengan tanpa kendala.

Berdasarkan laporan, ada kemungkinan masalah ini disebabkan oleh aplikasi YouTube Music iOS versi 6.47.3. Disebutkan, versi aplikasi tersebut tidak didukung oleh server YouTube Music, sehingga bug tersebut dialami oleh pengguna.

Di sisi lain, sejumlah pengguna juga melaporkan ada bug lain di aplikasi khusus musik dari YouTube tersebut.

Laporan tersebut memperlihatkan tombol next dan previous di YouTube Music berganti menjadi tombol forward 30 detik dan tombol rewind 10 detik. Masalah tersebut muncul di Apple CarPlay dan kontrol Now Playing di layar kunci.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengguna YouTube Music Kini Bisa Download Lagu via PC

Di sisi lain, YouTube Music menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna PC untuk mengunduh lagu untuk dinikmati secara offline.

Sebelumnya, YouTube Music hanya mengizinkan pengguna untuk mengunduh lagu favoritnya melalui smartphone.

Dengan perubahan ini, pengguna kini bisa mengunduh lagu untuk didengar secara offline di aplikasi desktop.

Bahkan, YouTube Music mengizinkan pengguna bahkan dapat menyimpan seluruh playlist untuk kenyamanan mendengarkan musik tanpa internet.

Dikutip dari Gizchina, Senin (1/4/2024), YouTube telah menguji fitur offline ini di desktop selama beberapa waktu. Fitur ini telah diuji oleh sebagian kecil pengguna yang tergabung dalam beta tester.

Setelah diuji coba, akhirnya layanan streaming musik dari Google ini akan meluncurkan fitur tersebut ke lebih banyak pengguna.

Pembaruan ini bakal dibagikan secara bertahap. Beberapa pengguna yang mendapatkan pembaruan ini akan mendapatkan notifikasi “New! Download music to listen offline”.

Jika pengguna mendapatkan notifikasi tersebut, pengguna dapat mengunduh lagu kesukaannya di YouTube Music for Desktop.

3 dari 4 halaman

Cara Download Lagu di YouTube Music PC

Untuk mengunduh lagu di YouTube Music, pengguna cukup navigasikan kursor halaman lagu atau album dan klik tombol unduh.

Tombol tersebut terletak di antara “Save to library” dan tombol menu tiga titik.

Musik yang terunduh akan disimpan di bagan "Download" yang terletak di menu Library. Ada filter yang memungkinkan pengguna untuk mengurutkan berdasarkan lagu, podcast, album, atau playlist.

4 dari 4 halaman

YouTube Music Hadirkan Fitur Cari Lagu dengan Bersenandung

YouTube Music juga telah meluncurkan fitur baru untuk para pengguna. Lewat fitur baru ini, pengguna bisa mencari lagu cukup dengan bersenandung.

Dikutip dari Android Police, fitur ini ditemukan oleh pengguna YouTube Music yang memakai iOS. Disebutkan, fitur ini dapat diidentifikasi dari ikon baru yang ada di kolom pencarian.

Berdasarkan pengalaman yang dibagikan pengguna tersebut, aplikasi YouTube Music kini menambahkan satu ikon tambahan di sebelah kolom penelusuran.

Selain ikon mikrofon untuk melakukan pencarian dengan suara, ada ikon tambahan di sisi kanannya untuk mencari lagu dengan bersenandung.

Kendati demikian, fitur ini diketahui belum hadir untuk seluruh pengguna aplikasi YouTube Music. Ada kemungkinan Google masih menggulirkannya untuk beberapa pengguna saja.

Sekadar diketahui, kemampuan mencari lagi dengan bersenandung ini sebenarnya bukan hal baru di Google. Pada 2020, fitur ini sudah hadir untuk penelusuran dengan Google Search.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat