uefau17.com

Kawfest 2024 Digelar Selama 4 Hari, Dorong UMKM Fesyen Lokal dan Regenerasi Desainer Muda - ShowBiz

, Jakarta - Kelana Wastra Fashion Fest 2024 (Kawfest 2024) bakal digelar selama 4 hari di Sarinah, Jakarta Pusat, mulai 25 April hingga 28 April 2024.

Kawfest 2024 merupakan bagian dari Bazar UMKM Untuk Indonesia yang diselenggarakan untuk mendukung pengembangan dan perluasan pasar UMKM di Indonesia.

"Tujuan penyelenggaraan Kawfest ini adalah untuk mendukung perkembangan industri kreatif fesyen, meningkatkan kecintaan masyarakat khususnya generasi muda atas fesyen wastra Nusantara," kata Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, melalui keterangan tertulis, Selasa, 23 April 2024.

"Juga mendukung regenerasi desainer fesyen wastra Nusantara, dan memperluas pasar fesyen wastra nusantara termasuk wastra nusantara karya dari perajin binaan BUMN," Loto menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Digelar 13 Kali di 8 Kota

Kementerian BUMN dan pihak-pihak terkait lainnya akan menyelenggarakan Kawfest 2024 sebanyak 13 kali bazar UMKM untuk Indonesia di 8 kota Indonesia, di antaranya Jakarta, Bandung, Medan, Bali, Balikpapan, Jayapura, Makassar, dan Labuan Bajo.

Kawfest tahun 2024 ini merupakan yang pertama kali ini dengan mengusung tema wastra, yaitu nama lain untuk menyebut kain tradisional Indonesia.

 

 

3 dari 4 halaman

Tema Kelana Wastra Nusantara

Tema Kelana Wastra Nusantara dilakukan sebagai bentuk kontribusi Kementerian BUMN beserta BUMN dalam melestarikan kain tradisional Indonesia, dan dipasarkan baik di Indonesia maupun ke pasar internasional.

“Keberagaman budaya Indonesia dapat terlihat dari berbagai jenis wastra dan motif yang ditampilkan dalam keunikan wastra nusantara dari masa ke masa. Keunikan wastra nusantara tersebut memiliki nilai jual baik di tingkat nasional maupun global,” Loto menguraikan.

 

 

4 dari 4 halaman

Perhatian terhadap Kain Tradisional

Dikatakan Loto, keunikan wastra nusantara untuk menonjolkan perhatian terhadap kain-kain tradisional tanah air, yang diadakan seperti seperti Bazaar: Wastra Market, Fashion Show: Wastra Trunk Show, Talkshow: Bincang Wastra, dan Lomba Desainer: School Fashion Design Competition.

“Event Kawfest 2024 memberikan kesempatan kepada desainer muda termasuk desainer terdidik dari sekolah mode untuk menunjukkan kreativitasnya. Pada kesempatan ini, kami berkolaborasi dengan 10 sekolah mode, untuk memberikan kesempatan mereka merancang fesyen menarik untuk kerja, pesta, dan ‘casual’ dari wastra Nusantara karya perajin binaan BUMN,” Loto memungkasi.

 

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat