uefau17.com

Pernikahan Tak Perlu Mahal, Pasangan Pengantin Rinci Biaya Nikah yang Tak Sampai Rp3 Juta - Lifestyle

, Jakarta - Banyak pasangan mengeluhkan biaya nikah memberatkan kantong. Padahal, pernikahan sebenarnya bisa menyesuaikan bujet yang tersedia. Pernikahan pasangan baru ini viral di media sosial karena mereka memamerkan rincian biaya pernikahan versi low budget yang tidak melebihi Rp3 juta.

Unggahan itu dibagikan oleh akun Instagram @mood.jakarta yang melansir dari akun TikTok @sherlyanggun41. Pemilik akun bernama Sherly itu mengunggah konten yang berisi momen pernikahannya dengan suaminya.

Dalam unggahan itu, dia juga menjelaskan pengeluaran untuk acara pernikahannya, mulai dari makeup sampai harga jasa fotografer. Dengan konsep sederhana dan intimate, Sherly dan suami mengaku merasa senang dan bahagia.

Untuk make-p, mereka tidak mengeluarkan biaya sama sekali karena keduanya merias wajah sendiri. Berikutnya, biaya sewa baju sebesar Rp250 ribu dan sewa kamera seharga Rp55 ribu. Kamera itu digunakan oleh fotografer pernikahan yang ternyata teman mereka dan tidak dibayar alias gratis.

Kemudian, biaya untuk makanan ringan sebesar Rp300 ribu yang disajikan kepada keluarga dan kerabat saat acara di Kantor Urusan Agama (KUA), yang dapat digunakan secara gratis. Sedangkan, pernikahan di KUA tidak dipungut biaya.

Biaya terbesar adalah untuk sepasang cincin yang disiapkan oleh mempelai pria sebesar Rp2.220.000, sehingga totalnya hanya mencapai Rp2.870.000, atau tidak melebihi Rp3 juta. Unggahan itu mendapat beragam komentar dari warganet. Sampai berita ini ditulis, unggahan tentang biaya nikah tak sampai Rp3 juta itu sudah dilihat lebih dari 3,2 juta kali dan disukai lebih dari 109 ribu kali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disesuaikan dengan Kondisi dan Biaya

"Gw malah lebih suka org yg nikah sederhana simple g buang” duit, biar sisany di buat rumah dan kebutuhan," komentar seorang warganet.

"Yg penting SAH sederhana syukuran keluarga terdekat sesuai kan kondisi dan budget SAMAWA yaa mba," ujar warganet yang lain.

"Aku jg dulu gini, dahal mau di rame2in sama mama mertua, tapi aku gk mau, mending buat bikin rumah, biar gk ngontrak, akhirnya nikah di KUA kayak kk ini," kata warganet lain.

"Aku nikah abis 70jtan lebih skrg pas udh sah malah mikir coba kmren gak resepsi, uang ny bsa d jdiin modal usaha, tabungan anak,nikah emg seumur hdp sekali,” timpal warganet lainnya.

Setiap orang punya preferensi masing-masing dalam menggelar resepsi pernikahan. Apapun pilihannya, sebaiknya tentu tidak memberatkan kedua belah pihak. Pernikahan sederhana yang jadi viral di TikTok ini bisa jadi salah satu inspirasinya. Pengantin perempuan asal Malaysia bernama Siti Masnida Abdul Malek memilih bumbu dapur sebagai seserahan pernikahan. 

3 dari 4 halaman

Bumbu Dapur Jadi Seserahan

Berbicara pada mStar, dikutip Selasa, 16 Januari 2024, Nida, sapaan akrabnya, mengaku menghabiskan 50 ringgit (sekitar Rp166 ribu) untuk mengisi tujuh nampan hantaran. Bingkisan itu dibalas pengantin pria dengan membawa lima nampan, juga berisi bumbu dapur, seharga 85 ringit (sekitar Rp283 ribu).

"Keputusan memberikan bumbu dapur sebagai seserahan merupakan kesepakatan bersama dengan suami," kata perempuan berusia 34 tahun tersebut.

"Karena saya tipe orang yang suka memasak, kami memilih menggunakan bumbu-bumbu kering saja karena mudah dan tidak boros. Kami tidak ingin mengikuti kebiasaan menempatkan barang-barang pribadi yang jauh lebih mahal. Kami sudah punya semuanya,” sambungnya.

Menurut Nida, upacara pernikahan dengan suaminya, Yusri (35), juga berlangsung sederhana dan hanya dilakukan satu kali di kediamannya di Manchis, Bentong, Pahang. Seperti yang diunggah di TikTok, Nida memperlihatkan nampan hantaran berisi bawang bombai, kentang, bunga kantan, jahe, kunyit, lengkuas, dan jeruk nipis.

Kemudian, ada satu nampan seserahan pernikahan berisi satu set kecap, kerupuk, dan bubuk kari. Terdapat pula nampan berisi ikan sarden, asam jawa, teh hijau, santan dan ragam bumbu, minyak, serta tepung.

4 dari 4 halaman

Tanpa MUA dan Fotografer Profesional

Terdapat pula nampan berisi ikan sarden, asam jawa, teh hijau, santan dan ragam bumbu, minyak, serta tepung. Kian minim bujet, Nida bahkan tidak menyewa makeup artist (MUA) atau fotografer profesional untuk hari bahagianya yang berlangsung pada 31 Desember 2023.

Ia berbagi, "Kami hanya melakukan akad nikah. Tapi, pihak suami mengeluarkan biaya lebih banyak untuk bahan baku pesta kami, termasuk barang hantaran yang kami beli satu kali dan dibagi-bagi."

"Banyak keuntungan melakukan hal seperti ini dari segi penghematan biaya," imbuhnya. "Hantaran dan mejanya dibuat sendiri. Menu makanannya juga bisa bervariasi jika dibuat warga dan keluarga. Tukang rias dan fotografernya juga dari kalangan teman-teman."

"Total yang dikeluarkan untuk acara itu sekitar lima ribu ringgit (sekitar Rp16,7 juta)," kenangnya.

Perempuan yang menjalankan usaha kerupuk lekor bersama suaminya ini mengatakan, baju pengantin dan baju kurung berwarna putih yang mereka pakai di hari pernikahan dibeli dari butik setempat dengan harga kurang dari 600 ringgit (sekitar hampir Rp2 juta).

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat