uefau17.com

Psikolog: Kelola Stres Setiap Hari Cegah Emosi Meledak - Health

, Jakarta - Cara meredakan emosi dengan mengelola stres harus dilatih setiap hari. Psikolog klinis Nirmala Ika Kusumaningrum M.Psi mengatakan, hal itu agar individu tidak mudah emosional menghadapi situasi yang tidak sesuai harapan.

"Kalau kita nggak terbiasa untuk manage, kita pasti akan gampang banget untuk jadi meledak atau jadi breakdown dengan kondisi seperti itu kalau nggak biasa mengelola, maka itu perlu dilakukan setiap hari,” kata Nirmala di Jakarta, Rabu, dilansir Antara.

Biasanya seseorang meregulasi emosinya, kata Nirmala, dengan melakukan cara untuk membuat diri lebih berenergi dan merasa lebih rileks. Namun, seringkali cara melepaskan stres dilakukan dengan sesuatu yang berdampak buruk bagi kesehatan seperti merokok, mengonsumsi obat terlarang atau makan secara berlebihan.

Hal itu hanya akan meredakan stres secara sementara dan justru akan memunculkan masalah baru terkait kesehatan yang bisa memburuk.

“Sebaiknya coba cari cara-cara lain yang tujuannya untuk merilis stres yang efek jangka panjangnya lebih baik contohnya olahraga, meditasi, journaling, latihan nafas atau latihan mindfulness, itu hal-hal yang bisa kita pakai untuk pelan-pelan belajar mengelola stres kita,” katanya.

Hindari Aktivitas yang Bikin Mager

Selain itu, Nirmala juga mengingatkan untuk menghindari merilis stres dengan menonton serial drama berlama-lama di ponsel atau gawai karena membuat tubuh tidak bergerak dan radiasi dari gawai akan membuat tubuh tidak nyaman sehingga akhirnya menimbulkan stres baru.

"Jika perlu, usahakan menonton seperti di bioskop dengan durasi film yang lebih pendek dan ada upaya untuk bergerak dan berjalan menuju ke bioskop," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Redakan Stres dengan Sentuhan

Selain dengan cara yang telah disebutkan, cara mengelola stres yang sehat adalah dengan sentuhan seperti teknik menenangkan diri dengan genggam jari atau refleksi untuk menghilangkan ketegangan.

"Sebenarnya entuhan bisa membantu merilis ketegangan, makanya ada teknik yang bisa dipakai salah satunya genggam jari, tapi itu harus dilatih,” ucap Nirmala.

 

3 dari 3 halaman

Cari Bantuan Profesional Jika Stres Tak Reda Dalam 3 Bulan

 

Psikolog dari penyedia layanan kesehatan holistik Enlightmind ini juga mengatakan idealnya seseorang merasakan stres sampai 3 bulan. Jika lebih dari itu dan perasaan stres tidak kunjung berkurang, disarankan segera mencari bantuan profesional agar tidak berefek pada gangguan mental.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat