uefau17.com

4 Tips Ampuh Hilangkan Mata Panda, Tidur Cukup hingga Rajin Konsumsi Sayur - Health

, Jakarta Mata panda adalah kondisi saat kulit di sekitar mata menggelap, biasanya berwarna keunguan atau kebiruan.

Penyebab umum dari mata panda adalah kurang tidur, stres, pola tidur yang tidak teratur, hingga genetika. Mata panda juga dapat berhubungan dengan peradangan kulit di sekitar mata.

Menurut dokter spesialis mata dari KMN EyeCare, Kevin, faktor-faktor penyebab di atas menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar dan menyebabkan warna gelap pada kulit di bawah mata.

Paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa memperburuk kondisi mata panda. Pasalnya, sinar matahari yang berlebihan dapat merangsang produksi melanin atau pigmen kulit dan memperburuk lingkaran gelap di sekitar mata.

Kevin pun menjelaskan empat tips untuk menghilangkan mata panda, yakni:

Tidur Cukup

Pastikan tidur dengan durasi yang cukup setiap malam, yaitu sekitar 7-9 jam. Tidur yang cukup membantu memperbaiki penampilan mata panda.

Penggunaan Krim Mata

Krim mata yang mengandung bahan seperti retinol, vitamin C, dan peptida dapat membantu memperbaiki tampilan mata panda dengan mengurangi pigmen berlebih dan memperkuat kulit di sekitar mata.

Hindari Paparan Sinar Matahari

Gunakan pelindung matahari dan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar matahari berlebihan.

Konsumsi Sayur dan Buah

Konsumsi sayuran dan buah yang mengandung hidrasi tinggi seperti semangka, melon, atau mentimun untuk menambah kesegaran pada kulit, termasuk juga kulit di sekitar mata.

“Pada beberapa kasus mata panda, terlebih lagi yang disebabkan faktor genetik, lingkar hitam di sekitar mata tidak dapat disamarkan. Penggunaan concealer pada saat make-up akan sangat membantu memperbaiki penampilan Anda.”

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beda dengan Kantung Mata

Meski kerap dianggap kondisi yang sama, mata panda sebetulnya berbeda dengan kantung mata. Menurut Kevin, kantung mata adalah pembengkakan yang terjadi di bawah mata.

Kondisi seperti ini terjadi ketika lemak atau cairan menumpuk di bawah mata, menyebabkan pembengkakan yang terlihat seperti kantung.

Kantung mata dapat disebabkan oleh faktor seperti penuaan, genetika, alergi, asap rokok, diet yang buruk, atau konsumsi garam yang berlebihan. Pada beberapa kasus, kondisi medis tertentu juga dapat menjadi penyebabnya munculnya kantung mata.

3 dari 4 halaman

Tips Hilangkan Kantung Mata

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi kantung mata, yakni:

Kompres Dingin

Menggunakan kompres dingin di area mata selama beberapa menit dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Hindari Alergen

Jika memiliki alergi yang memicu kantung mata, hindari alergen tersebut dan konsultasikan dengan dokter tentang pengobatan alergi yang sesuai.

Konsumsi Makanan Sehat

Perhatikan asupan garam dalam diet. Makanan tinggi garam dapat menyebabkan retensi air, yang dapat memperburuk kantung mata.

Perawatan Medis

Jika kantung mata sangat mengganggu penampilan, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit atau mata. Mereka dapat menawarkan opsi seperti terapi laser atau pembedahan.

4 dari 4 halaman

Umumnya Bukan Tanda Masalah Mata yang Serius

Secara umum, mata panda dan kantung mata bukan menjadi tanda adanya masalah kesehatan penglihatan yang serius.

“Anda perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan berkonsultasi dengan dokter mata apabila kondisi ini disertai dengan pembengkakan yang semakin parah,” saran Kevin.

Sementara, dalam mengatasi mata panda dan kantung mata yang masih tergolong ringan, pasien dapat memulainya dengan mengatur pola tidur dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti dipaparkan di atas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat