uefau17.com

Cek Fakta: Hoaks Foto Presiden Jokowi Memegang Kartu Kabur Saat Demo - Cek Fakta

, Jakarta - Beredar kembali di media sosial postingan foto Presiden Jokowi memegang kartu kabur saat demo. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 24 April 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi memegang kartu dengan tulisan "Kartu Kabur Saat Demo'.

Lalu benarkah postingan foto Presiden Jokowi memegang kartu kabur saat demo?

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim foto Jokowi memegang kartu kabur saat demo dengan dua tahap. Tahap pertama pada bagian kartu dengan menggunakan Google Lens.

Hasilnya terdapat beberapa foto yang identik dengan postingan. Salah satunya pada artikel berjudul "Pertengahan Juni, Tarif KJS RS Swasta dan RS Pemerintahan Dibedakan" yang dimuat situs Beritasatu.com, pada 28 Mei 2013.

Artikel Beritasatu.com memuat foto kartu yang identik dengan klaim foto Jokowi memegang kartu kabur saat demo, yaitu pada tanda tangan dan urutan keterangan identitas pada kartu. Namun, kartu tersebut bertuliskan "KARTU JAKARTA SEHAT" bukan "KARTU KABUR SAAT DEMO".

Cek Fakta  menelusuri klaim foto Jokowi memegang kartu kabur saat demo

Penelusuran berikutnya dengan menjadikan bagian wajah Jokowi sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Lens.

Hasilnya ada beberapa foto yang identik dengan postingan. Salah satunya artikel berjudul "Presiden Jokowi Dibikin “Mumet” Soal Reshuffle" yang dimuat situs Aktual.com, pada 3 Juli 2015.

Artikel situs Aktual.com memuat foto yang identik dengan klaim, namun dalam foto tersebut Jokowi tidak memegang kartu bertuliskan "KARTU KABUR SAAT DEMO".

Cek Fakta  menelusuri klaim foto Jokowi memegang kartu kabur saat demo

Sumber:

https://www.beritasatu.com/news/116369/pertengahan-juni-tarif-kjs-rs-swasta-dan-rs-pemerintahan-dibedakan

https://aktual.com/presiden-jokowi-dibikin-mumet-soal-reshuffle/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan foto Presiden Jokowi memegang kartu kabur saat demo adalah tidak benar. Faktanya foto tersebut merupakan hasil suntingan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email [email protected].

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat