uefau17.com

Kawal Keberlanjutan, Jokowi Siapkan Rencana Kerja untuk Prabowo-Gibran - News

, Jakarta - Tidak dapat dipungkiri, endorsement Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Presiden 2024 (Pilpres 2024) terus dilakukan hingga keduanya resmi ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2024 secara sah oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Rabu 24 April 2024.

Pascamomentum tersebut, pihak Istana diwakili Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan saat ini posisi Presiden Jokowi tengah menyiapkan program keberlanjutan untuk rencana kerja pemerintah (RKP) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di tahun kepemimpinan Prabowo-Gibran.

"Presiden Jokowi akan mendukung dan menyiapkan masuknya program-program unggulan presiden dan wakil presiden terpilih dalam RKP dan RAPBN 2025, termasuk yang bisa segera dieksekusi pasca 20 Oktober 2024, setelah Presiden-Wakil Presiden Terpilih dilantik," kata Ari kepada awak media, Kamis (25/4/2024).

Ari memastikan, Presiden Jokowi menaruh perhatian serius soal tagline keberlanjutan yang diusung Prabowo-Gibran untuk 2024-2029. Tujuannya, adalah tidak lain demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

"Semangatnya adalah mengawal keberlanjutan pembangunan untuk mewujudkan Indonesia Maju yang telah diletakan fondasinya oleh Presiden Jokowi," ucap Ari.

Sebab menurut Ari, Presiden Jokowi berharap persatuan dan kesatuan nasional dapat terus diperkuat di pemerintahan 2024-2029. Alasannya, kata dia, kedua hal itu adalah yang terpenting saat ini guna menghadapi situasi global yang penuh ketidakpastian.

"Saat ini, persatuan nasional sangat dibutuhkan, terutama dalam menghadapi dampak situasi ekonomi-politik global yg tengah bergejolak," Ari menandasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo-Gibran Temui Presiden Jokowi di Istana Negara

Sebelumnya, Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Rabu 24 April 2024.

Prabowo dan Gibran masuk melalui gerbang depan Istana Merdeka sekira pukul 19.30 WIB. Kemudian, keduanya langsung masuk melalui akses pintu Bali yang menembus kantor presiden. Awak media hanya bisa memantau keduanya secara jauh.

Prabowo-Gibran berangkat bersama dari Rumah Dinas Menteri Pertahanan (Menhan) di Widya Chandra, Jakarta Selatan sekitar pukul 19.16 WIB menggunakan mobil Toyota Alphard B 108 PSD. Mengenakan batik Prabowo-Gibran tampak melambaikan tangan dari dalam mobil.

"Pak ke Istana ya?" tanya awak media.

"Iya," kata Prabowo seraya mengacungkan jempol dari dalam mobil.

Rencana pertemuan dengan Jokowi malam ini sebelumnya diungkap Gibran. Dia mengatakan bersama Prabowo akan bertemu Jokowi di Istana Negara. Namun dia tidak menjelaskan maksud pertemuan tersebut dilakukan.

"Nanti malam (bertemu Jokowi)," kata Gibran usai silaturahmi ke Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Rumah Dinas, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat sore tadi.

KPU Resmi Tetapkan Prabowo dan Gibran Presiden-Wakil Presiden Terpilih 2024-2029

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029.

Hal ini berdasarkan Berita Acara Nomor 252/PL.01.9-BA/05/2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Komisi Pemilihan Umum menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 H Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024-2029 dalam pemilihan umum tahun 2024," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam rapat pleno di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu 24 April 2024.

Dalam Pemilu 2024 ini, Prabowo dan Gibran memperoleh suara sebanyak 96.214.691 atau 58,59 persen dari total suara sah nasional.

 

3 dari 3 halaman

Kompak Kenakan Kemeja Putih

Sebelumnya, Prabowo dan Gibran tiba di Gedung KPU RI sekira pukul 09.49 WIB. Mereka terlihat kompak mengenakan kemeja putih.

Kedatangan Prabowo-Gibran langsung disambut oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) dan partai koalisi pendukung, seperti Gerindra, PSI, PAN, dan Golkar yang sudah hadir lebih dulu di Gedung KPU.

Saat baru tiba di Gedung KPU, Prabowo menyatakan bahwa dirinya bersama Gibran siap bekerja keras untuk rakyat.

"Semua hari ini kita menerima ketetapan dari KPU, dan kita akan mulai kerja keras. Mempersiapkan diri," kata Prabowo kepada wartawan di KPU RI, Jakarta, Rabu.

Setelah dirinya dan Gibran nanti resmi ditetapkan sebagai Presiden-Wakil Presiden RI, Prabowo ingin adanya kerja sama antar-tokoh dan elite politik.

"Sekarang kewajiban kita semua sebagai adalah untuk kerja sama. Rakyat berharap dan menuntut semua pimpinan politik untuk kerjasama, kerja untuk rakyat," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat