uefau17.com

4 Tipe Kepribadian MBTI yang Cemburuan, Adakah Kamu Salah Satunya - Health

, Jakarta - Ada beberapa tipe kepribadian dalam Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang dikenal memiliki kecenderungan untuk mudah cemburu.

Cemburu adalah emosi yang muncul ketika seseorang merasa terancam kehilangan perhatian, cinta, atau keamanan dari orang yang mereka sayangi.

Dalam dunia psikologi kepribadian, cemburu bisa menjadi bagian dari karakter seseorang, tergantung pada tipe kepribadian yang dimiliki.

Menurut terapis seks dan pasangan, Katie Schubert PhD, rasa cemburu adalah hal yang wajar dalam hubungan, terutama saat mengalami perubahan.

Namun, jika cemburu disebabkan oleh ego yang terluka atau kecurigaan yang tidak berdasar, dapat merusak hubungan.

Jika perasaan cemburu berlangsung lama dan memburuk, atau jika sulit untuk mengungkapkannya kepada pasangan, hal tersebut dapat berpotensi merusak hubungan.

Beberapa tipe kepribadian MBTI memiliki kecenderungan cemburu yang berlebihan atau kurangnya kepercayaan kepada pasangan, yang dapat membebani hubungan romantis mereka.

Beberapa tipe memiliki kesulitan dalam mengelola perasaan cemburu, yang membuat menjaga hubungan menjadi lebih sulit, siapa saja?

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

ESFP

ESFP cenderung merasa cemburu jika kurang mendapat perhatian dari pasangan karena kebutuhan akan perhatian dan sorotan, seperti dikutip dari Elite Daily pada Rabu, 24 April 2024. 

Meskipun mereka memiliki sifat yang suka menghibur dan bebas, ESFP rentan terhadap kecemburuan dalam hubungan romantis.

Mereka sensitif dan rentan, sehingga jika merasa diabaikan, bisa menjadi paranoid dan melakukan tindakan dramatis untuk mendapatkan perhatian kembali.

3 dari 5 halaman

ENTJ

ENTJ cenderung menyukai mengendalikan semua hal, termasuk juga hubungan romantis.

Tipe kepribadian ini cenderung menahan diri untuk menunjukkan sisi yang rentan, tapi jika mereka merasa pasangannya mulai melirik orang lain, mereka tidak ragu untuk menggunakan sedikit manipulasi untuk mengembalikan keadaan seperti semula.

Seperti di sebagian besar bidang kehidupan, ENTJ mendekati hubungan dengan tujuan yang telah ditentukan, dan jika rencana utama itu terancam, seorang ENTJ akan mengambil tindakan.

ENTJ tidak bermaksud untuk mengontrol, mereka hanya memiliki sikap ingin menang yang mempengaruhi cara mereka berpikir dan berperilaku. 

Tipe kepribadian ini menganggap kencan sebagai sesuatu yang serius, jadi jika pasangannya menunjukkan tanda-tanda menyimpang atau mencurigakan, ENTJ akan membela diri.

Keras kepala dan dominan, seorang ENTJ membutuhkan pasangan yang kasih sayangnya tidak akan pernah goyah.

4 dari 5 halaman

INFP

INFP adalah seorang pemimpi, dan bagi mereka, hubungan yang ideal adalah sesuatu yang seperti kisah dongeng.

Sayangnya, hidup jarang sekali berjalan seperti di dalam buku cerita, dan hubungan di kehidupan nyata pasti akan menjadi tantangan bagi cita-cita romantis seorang INFP.

Orang-orang dengan tipe kepribadian ini bersifat idealis, dan karena sifat idealisme tersebut terkadang membuat mereka kecewa, serta kesal apabila tidak sesuai dengan keinginan.

Seorang INFP mungkin mencoba untuk berbicara dengan diri mereka sendiri tentang perasaan cemburu, tapi karena mereka cenderung menginternalisasi emosi, rasa cemburu itu cenderung tumbuh lebih besar daripada proses penyelesaiannya itu sendiri.

Tidak seperti ENTJ, INFP tidak memiliki keinginan untuk mengendalikan orang lain, tetapi mereka mempercayai pasangan mereka dengan standar yang tinggi, dan mereka mudah kesal jika standar tersebut tidak terpenuhi.

5 dari 5 halaman

ISFJ

ISFJ akan melakukan apa saja untuk orang yang mereka cintai, tapi ketika mereka berada dalam sebuah hubungan, sifat ini dapat berkembang menjadi sikap posesif.

Jika seorang ISFJ merasa bahwa pasangannya tidak menunjukkan penghargaan dan dukungan yang cukup, rasa cemburu cenderung mudah muncul.

Tipe ini memiliki keinginan untuk mendapatkan validasi sosial, dan mereka bisa dengan cepat menjadi cemburu jika merasa tidak diperhatikan.

Orang dengan tipe kepribadian ini sangat suka menunjukkan cinta dan merasa dicintai sebagai balasannya, dan ketika pasangannya tidak memberikan semua perhatian yang diinginkan ISFJ, perasaan cemburu hampir tidak bisa dihindari.

Sedikit cemburu dalam suatu hubungan adalah hal yang wajar, namun cemburu yang berlebihan dapat menjadi masalah besar.

Meskipun Anda bukan salah satu dari tipe kepribadian ini, penting untuk mendiskusikan perasaan sakit hati dengan pasangan daripada memendamnya, karena jika kebencian tidak diatasi, hal ini dapat menjadi masalah besar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat