uefau17.com

5 Tips Ampuh untuk Mengatasi Cegukan yang Mengganggu - Health

, Jakarta Cegukan adalah kondisi yang umum dialami oleh sebagian besar orang, terkadang cukup berisik dan dapat menjadi menjengkelkan dengan suara "hik" yang khas. Makin kesal bila cegukan berlangsung lama alias enggak kunjung reda.

Mekanisme cegukan adalah ketika diafragma (otot yang terletak di antara paru-paru dan perut Anda) mengalami iritasi, otot ini akan kejang. Kejang ini menyebabkan apa yang umumnya dikenal sebagai cegukan.

"Cegukan terjadi ketika ada gangguan pada jalur saraf yang mengarah dari otak ke diafragma," jelas dokter Daniel Allan.

Bagian penting dari mengatasi cegukan adalah mengetahui apa yang dapat memicunya. Percaya atau tidak, hal-hal yang dapat menjadi penyebab cegukan bisa berasal dari apa yang dikonsumsi hingga dari lingkungan Anda.

Cegukan dapat disebabkan oleh hal-hal seperti makan terlalu cepat, minum minuman berkarbonasi, atau bahkan ketika Anda merasa terlalu bersemangat atau cemas.

Tidak jelas apakah cegukan memiliki peran fisiologis.

"Di dalam rahim, cegukan mungkin merupakan latihan terprogram paru-paru untuk membantu pernapasan," tambah Allan.

Meskipun cegukan umumnya tidak berbahaya dan biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit atau jam, terkadang ada hal-hal yang penting dan mendesak yang menyebabkan Anda ingin segera menghilangkan cegukan yang mengganggu ini.

Pengobatan untuk menghentikan cegukan sama misteriusnya dengan cegukan itu sendiri. Meskipun tidak banyak penelitian yang memberitahu kita bagaimana cara menghentikannya, ada beberapa solusi alami yang dapat membantu.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu menghilangkan cegukan, seperti dilansir dari Cleveland Clinic pada Kamis, 25 April 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghentikan Cegukan Secara Alami

Anda mungkin pernah mendengar tentang berbagai cara mengatasi cegukan, tetapi tidak ada yang memiliki dasar ilmiah, kata para ahli. 

Berikut adalah beberapa cara untuk menghentikan cegukan:

Tahan napas sebentar

"Menahan napas akan meningkatkan kadar karbon dioksida di paru dan dapat mengendurkan diafragma, menghentikan kejang dan, dengan demikian, cegukan," jelas Allan.

Bernapaslah ke dalam kantong kertas

Jika teknik menahan napas tidak berhasil, cobalah bernapas ke dalam kantong kertas. Ini dapat membantu meningkatkan asupan karbon dioksida juga. Letakkan kantong di atas hidung dan mulut Anda, lalu tarik dan buang napas, biarkan kantong mengembang dan mengempis. Catatan, hanya gunakan kantong kertas untuk teknik ini.

3 dari 4 halaman

Ambil Napas yang Terukur

Di sisi lain, mengubah cara Anda bernapas juga dapat membantu mengurangi cegukan. Cobalah mengambil napas perlahan dan terukur dengan menghitung sampai empat dan benar-benar fokus pada setiap tarikan dan hembusan napas. Jika cegukan Anda disebabkan oleh stres, hal ini akan membantu menenangkan tubuh Anda.

Berkumur dengan air

Minum lebih banyak air juga dapat membantu, tetapi beberapa ahli merekomendasikan untuk berkumur air karena dapat menstimulasi saraf di bagian belakang tenggorokan Anda. Cobalah melakukan beberapa sesi berkumur untuk melihat apakah hal ini dapat membantu menghentikan cegukan.

Tarik Lutut ke Dada

Menempatkan diri Anda dalam posisi seperti di janin dapat membantu meredakan cegukan juga. Dengan memberikan tekanan lembut pada diafragma, hal ini dapat membantu menghentikan cegukan.

4 dari 4 halaman

Pilihan Lain yang Bisa Dicoba

Cegukan juga dapat diatasi dengan berbagai teknik lain yang sedikit lebih unik, sebagian besar disarankan berdasarkan pengalaman orang-orang. Tetapi tentu saja, tingkat keberhasilan opsi-opsi ini tergantung pada masing-masing orang.

Berikut ini beberapa yang bisa dicoba:

  • Mengagetkan. Jika Anda pernah mengalami cegukan dan tiba-tiba merasa ketakutan, hal ini dapat membuat saraf vagus menjadi kewalahan sehingga cegukan Anda hilang.
  • Hitung mundur. Jika semua pilihan lain tampaknya tidak ada hasilnya, mungkin dengan mengurangi fokus pada cegukan dapat membantu membuat cegukan hilang. Teknik ini juga dapat menenangkan Anda.
  • Menggelitik langit-langit mulut Anda. Ini akan menstimulasi saraf vagus Anda dengan cara yang dapat membantu cegukan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat