uefau17.com

Dokter Ortopedi di Brasil Gunakan Apple Vision Pro untuk Operasi Artroskopi Bahu - Health

, Jakarta - Seorang dokter ortopedi di Brasil sukses menggunakan Vision Pro untuk melakukan operasi pada pasien dengan robekan rotator cuff, suatu kondisi yang biasanya disebabkan oleh keausan bertahap pada jaringan tendon dari waktu ke waktu.

Dokter Bruno Gobbato di Rumah Sakit Jaraguá, Brasil, menceritakan pengalamannya kepada MacMagazine tentang penggunaan Apple Vision Pro yang telah membantunya dalam melakukan operasi artroskopi bahu ini.

Gobbato menjelaskan,"Operasi artroskopi bahu menggunakan kamera di dalam sendi dan dokter bedah melihat layarnya langsung. Dengan perangkat ini, saya bisa melihat gambar dengan resolusi tinggi seukuran layar film, serta melihat hasil pemeriksaan pasien dan model 3D secara real time."

Dia lalu memuji rentang dinamis kamera di Apple Vision Pro dan menyatakan bahwa salah satu kekhawatiran tentang penggunaan headset AR selama operasi adalah karena cahaya terang yang digunakan di ruang operasi untuk menerangi titik tepat yang akan dioperasi, yang dapat membuat segala sesuatu di sekitar lampu sorot menjadi terlalu gelap.

Namun, hal ditakutkan tersebut tidak terjadi ketika menggunakan Apple Vision Pro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dokter Lain Menggunakan Apple Vision Pro untuk Operasi Tulang Belakang

Untuk membuktikan bahwa omongannya bukan sekadar isapan jempol, Gobbato membagikan video di YouTube yang memperlihatkan bagaimana dia bisa dengan mudah menengok catatan, sinar-X pasien, dan kamera langsung pada saat yang sama dengan Vision Pro.

Dikutip dari 9to5mac pada Jumat, 26 April 2024, dikatakan bahwa beberapa tahun lalu, Gobbato pernah menggunakan Microsoft HoloLens selama operasi.

Bukan hanya Gobbato, baru-baru ini seorang ahli bedah saraf di Inggris juga menggunakan teknologi canggih ini.

Mereka menggunakan teknologi tersebut untuk melakukan operasi pada pasien dengan masalah lutut dan pinggul yang dibantu oleh robot.

Dokter yang tidak disebutkan namanya tersebut sangat memuji Vision Pro, menyebutnya sebagai 'game changer' setelah digunakan dalam operasi tulang belakang.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Pengalaman Dokter Bedah Menggunakan Apple Vision Pro

Dengan aplikasi baru bernama myMako, Stryker meluaskan pengalaman dokter bedah di dalam dan di luar ruang operasi dengan menggunakan Apple Vision Pro dan iPhone.

Melalui myMako, dokter bedah dapat memvisualisasikan dan meninjau rencana operasi pasien Mako kapan pun mereka mau, dalam pengalaman visual yang sangat menakjubkan.

Perlu dicatat bahwa saat ini Apple Vision Pro hanya tersedia di AS dengan harga mulai dari $3,499. Namun, Apple berencana untuk meluncurkan headset ini di lebih banyak negara menjelang akhir tahun.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat