uefau17.com

6 Langkah Punya Glass Skin ala Wanita Korea, Bikin Wajah Bercahaya nan Sehat - Health

, Jakarta - Pernahkah kamu terpesona dengan kulit wanita Korea yang tampak begitu halus, cerah, dan berkilau seperti kaca? Rahasia di balik kecantikan alami mereka ini adalah glass skin, sebuah tren kecantikan Korea yang kini menjadi dambaan banyak orang.

Glass skin bukan hanya tren kecantikan terbaru, tetapi juga filosofi holistik yang menekankan kesehatan dan keseimbangan. Menurut Christine Hall, praktisi kecantikan dari London, glass skin didefinisikan sebagai "penampilan kulit yang berembun, terhidrasi, dan sempurna, begitu bercahaya sehingga menyerupai kaca."

Namun, kilau ini tidak hanya dapat dicapai dengan produk perawatan kulit saja. Hall menekankan bahwa kunci utama untuk mencapai glass skin adalah gaya hidup sehat, termasuk tidur yang cukup, diet seimbang, dan manajemen stres yang baik.

"Glass skin merupakan perwujudan dari pepatah Korea kuno, young-yook-il-chi-sa-sang, yang berarti 'Dalam tubuh yang indah, bersemayam jiwa yang indah,'" jelas Dr. Hall. Filosofi ini mencerminkan hubungan erat antara kesehatan fisik dan mental dengan kecantikan kulit.

Tren glass skin mencerminkan keinginan untuk kecantikan alami dan praktik konsumen yang memprioritaskan rutinitas kecantikan yang mudah dan efektif. Dengan banyaknya produk perawatan kulit terinspirasi K-beauty yang tersedia, mudah bagi siapa saja untuk mendapatkan glass skin.

 Erica Choi, seorang estetisi berlisensi menambahkan bahwa tren glass skin semakin populer di media sosial, di mana rutinitas perawatan kulit Korea Selatan menarik perhatian global dan menjadi fenomena viral.

Dilansir dari Vogue, berikut merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin mempunyai glass skin bak wanita Korea.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Double Cleansing

Menurut Christine Hall, pembersihan ganda adalah langkah penting dalam rutinitas untuk punya glass skin. Hal ini karena sebum, makeup, dan SPF bersifat lipofilik (larut dalam minyak), sedangkan keringat, polusi, dan kotoran lainnya bersifat hidrofilik (larut dalam air).

"Satu-satunya cara untuk melakukan pembersihan yang benar-benar bersih dan menghilangkan semua kotoran adalah dengan melakukan pembersihan ganda," jelas Hall.

"Langkah pertama adalah menggunakan pembersih berbahan dasar minyak untuk mengangkat makeup dan kotoran yang larut dalam minyak, dan kemudian dilanjutkan dengan pembersih berbahan dasar air untuk membersihkan kotoran dan keringat yang larut dalam air."

3 dari 6 halaman

Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan langkah penting dalam rutinitas glass skin karena membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mendorong pergantian sel, menghasilkan tekstur yang lebih halus dan wajah yang lebih cerah, ujar Erica Choi.

Namun, penting untuk memilih eksfoliator dengan tepat.

"Eksfoliator yang terlalu abrasif dapat menyebabkan iritasi, jerawat, dan bahkan hiperpigmentasi inflamasi pasca (PIH), yang dapat menghambat kemajuan perawatan kulit Anda," jelas Choi.

Sebagai gantinya, Choi merekomendasikan untuk menggunakan asam eksfoliasi yang lembut seperti PHAs. Menurut Dr. Hall, asam eksfoliasi ini "mampu mengangkat sel-sel kulit mati dengan lebih sedikit iritasi."

4 dari 6 halaman

Toner dan Essences

Hall dan Erica Choi, sepakat bahwa toner dan essence merupakan langkah penting dalam rutinitas glass skin. Kedua produk ini memberikan hidrasi dan membantu memperbaiki penghalang kulit, yang sangat penting untuk mencapai tampilan glass skin yang sempurna.

Choi menjelaskan bahwa toner dan essence "membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit, menghidrasi, dan mempersiapkan kulit untuk menyerap serum dan pelembap dengan lebih baik." Hal ini akan membantu kulit Anda terlihat lebih kenyal, halus, dan bercahaya.

Dengan menggunakan toner dan essence secara teratur, kamu dapat mencapai glass skin yang didambakan dengan hidrasi optimal dan skin barrier yang sehat.

Serum

Setelah toner dan essence, serum menjadi langkah selanjutnya dalam rutinitas glass skin. Serum biasanya lebih kental dan lebih pekat daripada essence, dan mengandung bahan-bahan aktif yang ditargetkan untuk mengatasi masalah kulit spesifik.

Serum dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit, mengatasi jerawat, kusam, garis halus, dan bintik gelap. Beberapa jenis serum yang populer untuk kulit kaca antara lain serum vitamin C, serum niacinamide, dan serum hyaluronic acid.

5 dari 6 halaman

Moisturizer atau Pelembap

Pelembab adalah langkah terakhir dalam rutinitas glass skin dan berfungsi untuk menyegel semua hidrasi yang telah diterapkan pada kulit. "Pelembap adalah formulasi yang paling tebal," jelas Dr. Hall. "Sesuai aturan umum dalam perawatan kulit, produk harus diaplikasikan dari yang paling tipis hingga yang paling tebal."

Dr. Hall menjelaskan lebih lanjut bahwa pelembap membantu "menyegel semua produk yang telah kamu aplikasikan sebelumnya." Pilihlah pelembap yang mengandung bahan-bahan seperti ceramide dan asam lemak untuk hidrasi maksimal, serta cica dan ectoin untuk menenangkan dan meredakan kulit.

Dengan menggunakan pelembap yang tepat, kamu dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari dan mencapai glass skin yang didambakan dengan tekstur yang halus dan kenyal.

6 dari 6 halaman

Suncreen atau Tabir Surya

Glass skin yang bersinar dan kenyal tidak lengkap tanpa perlindungan dari sinar matahari. Dr. Hall menegaskan bahwa "90% dari semua tanda penuaan yang terlihat secara langsung disebabkan oleh sinar UV matahari."

Oleh karena itu, dia menekankan bahwa "tips anti-penuaan terbaik yang bisa saya berikan kepada siapa pun adalah menggunakan SPF setiap hari."

Choi pun sependapat dengan Dr. Hall. Dia menambahkan bahwa tabir surya adalah "hal yang tidak bisa ditawar untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari, pigmentasi, dan penuaan dini, serta menjaga kejernihan dan kilau kulit."

Memakai tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari sangat penting untuk melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat sinar UV dan mencapai glass skin yang sehat dan awet muda.

Pilihlah tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit dan oleskan kembali setiap dua jam, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat