uefau17.com

Inilah 10 Spesies Hiu Terbesar di Dunia, Ternyata Urutan Pertama Bukan Jenis Mako - Citizen6

, Jakarta Hiu merupakan salah satu predator laut yang paling ditakuti sekaligus dikagumi oleh manusia. Di antara ratusan spesies hiu yang menghuni lautan, ada beberapa yang menonjol karena ukurannya yang luar biasa besar. 

Di bawah ini terdapat sepuluh jenis hiu terbesar di dunia, yang tidak hanya memukau dengan ukurannya tetapi juga dengan peran pentingnya dalam ekosistem laut. Dari hiu paus yang lembut hingga hiu putih besar yang menakutkan.

Banyak yang mungkin sudah familiar dengan hiu putih besar berkat popularitasnya dalam film dan media. Namun, ternyata ada hiu lain yang bahkan lebih besar dan memiliki perilaku yang jauh berbeda.

Untuk mengenal lebih dalam, yuk simak daftar 10 hiu terbesar berikut, yang dirangkum dari azanimals.com pada Selasa (18/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

1. Hiu Paus

Hiu paus bukan hanya hiu terbesar di dunia dengan panjang sekitar 55,7 kaki, namun juga ikan terbesar di dunia. Hewan ini dianggap sebagai hiu karpet karena corak indah pada kulitnya, yaitu abu-abu tua dengan garis-garis putih dan berbentuk bintik-bintik. 

Hewan ini juga memiliki dua sirip punggung dan lima bukaan insang. Mereka biasanya memiliki mulut kecil. Hiu paus hanya membuka mulutnya dan berenang ke depan, yang memungkinkan makanan dan air laut masuk ke mulutnya, atau menyedot mangsanya, yang mencakup plankton, telur ikan, ikan kecil, cumi-cumi kecil, dan krill. 

Hiu paus memiliki dentikel kulit tidak hanya pada tubuhnya tetapi juga pada matanya. Hewan ini juga dapat menarik kembali matanya dengan penuh ke dalam tubuhnya. Hiu paus dijumpai di perairan hangat di laut terbuka dan dekat pantai dengan status terancam punah.

3 dari 16 halaman

2. Hiu Basking atau Hiu Penjemur

Dengan panjang hampir 50 kaki, hiu penjemur berada di urutan kedua sebagai hiu terbesar di dunia. Hiu ini ditemukan di seluruh dunia di perairan beriklim sedang dan bergerak perlahan, mulutnya menganga untuk menyerap plankton. 

Dinamakan demikian karena sering ditemukan sedang mencari makan di permukaan air dan tampak berjemur di bawah sinar matahari. Hewan ini memiliki gigi ratusan, tapi kecil, melengkung, dan tidak berfungsi banyak. 

Ikan ini bergantung pada penyapu insangnya untuk menangkap plankton yang ditarik ke dalam mulut bersama air laut. Tidak mengherankan jika penyapu insang menjadi usang dan terus diganti serta tumbuh kembali.

Hewan ini telah ditangkap secara berlebihan untuk diambil dagingnya, siripnya, minyak hatinya, dan untuk makanan hewani. Status konservasinya terancam punah. Hiu penjemur berenang ribuan mil di musim panas dan musim dingin untuk mencari tempat makan.

4 dari 16 halaman

3. Hiu Bermulut Besar atau Megamouth

Hiu terbesar ketiga di dunia adalah pemakan plankton dan sama sekali tidak berbahaya bagi manusia. Hiu bermulut besar memiliki panjang 25 kaki. Ikan ini hidup di perairan dalam dan sulit ditangkap dengan kepala besar, tubuh lembek, ekor mirip perontok, dan bibir menonjol. 

Megamouth telah terlihat di lepas pantai Jepang, Hawaii, dan California, serta dapat menyelam hingga kedalaman 3.280 kaki. Meskipun mulutnya besar, giginya kecil dan tidak berguna. Mulutnya tetap terbuka saat berenang untuk menarik plankton dan mangsa kecil lainnya seperti ubur-ubur.

5 dari 16 halaman

4. Hiu Macan

Hiu macan yang dapat tumbuh hingga sepanjang 24,6 kaki, mendapatkan namanya dari garis-garis yang terdapat di tubuhnya. Hiu macan terkenal suka memakan apa pun yang bisa didapat dengan rahangnya yang mengesankan. Tidak masalah apakah benda itu bisa dimakan. 

Mangsa yang bisa dimakan antara lain anjing laut, cumi-cumi, penyu, lumba-lumba, ikan, ubur-ubur, krustasea, hiu lainnya, dan paus yang terluka sebesar punggung bungkuk. 

Hiu ini paling sering ditemukan di dekat pantai di perairan yang lebih hangat dan lebih suka tinggal di dekat garis khatulistiwa, meskipun juga sering ditemukan di utara hingga Jepang.

6 dari 16 halaman

5. Hiu Greenland

Ikan sepanjang 24 kaki ini adalah salah satu makhluk yang berumur paling panjang di Bumi. Ahli biologi yakin hewan ini bisa hidup selama 500 tahun. Hiu ini bahkan belum mulai bereproduksi hingga berusia antara 100 dan 150 tahun. 

Karena umurnya yang panjang dan reproduksinya yang lambat, maka dilakukan upaya untuk melindungi hewan yang status konservasinya rentan ini.

Hiu Greenland memakan ikan dan cumi-cumi yang ditemukan di perairan dingin Atlantik Utara dan Arktik. Hiu tersebut benar-benar mendatangi mangsanya saat mangsanya sedang tidur dan langsung menghisapnya utuh ke dalam mulutnya. Karena mengandung banyak trimetilamina N-oksida, daging hiu Greenland beracun bagi manusia.

7 dari 16 halaman

6. Hiu Putih Besar

Meskipun bukan hiu terbesar di dunia, hiu karnivora besar ini biasanya tumbuh hingga panjang 20 kaki dan berat dua setengah ton, serta memiliki reputasi yang menakutkan. 

Reputasi ini memang pantas, karena jika seseorang akan diserang oleh hiu, kemungkinan besar hiu tersebut adalah hiu putih besar. Status konservasinya rentan, dan dilindungi di banyak kawasan.

Hewan ini jarang dipelihara di akuarium karena merupakan ikan migran yang terbiasa berenang ribuan mil. Hiu ini juga memiliki pola makan yang tidak dapat diberikan oleh sebagian besar akuarium secara teratur, yang termasuk pinniped, lumba-lumba, penyu, burung laut, tuna, dan hiu lainnya. 

Ikan ini ditemukan di perairan seluruh dunia kecuali Polandia, dengan mayoritas hidup di sekitar Jepang, Oseania, Chili, Amerika Serikat bagian timur laut, dan California, serta Laut Mediterania. 

8 dari 16 halaman

7. Hiu Martil Besar

Hiu martil besar adalah hiu martil terbesar yang terancam punah. Ditemukan di perairan tropis dan beriklim sedang di seluruh dunia, kemungkinan besar ditemukan di dekat pantai di landas kontinen. 

Hiu ini tidak hanya lebih besar dibandingkan jenis martil lainnya, namun martilnya berbeda karena bentuknya yang hampir lurus, serta sirip punggungnya lebih tinggi dan melengkung. 

Ukuran hiu martil yang mencapai 20 kaki membuatnya menakutkan, namun jarang menyerang manusia. Sayangnya, sirip panjang hiu ini sering diburu untuk sup sirip hiu.

Hiu martil besar hamil selama kurang lebih 11 bulan, kemudian dapat melahirkan sebanyak 55 ekor anak. Jika mereka bertahan hidup hingga dewasa, hiu martil besar bisa hidup hingga 50 tahun.

9 dari 16 halaman

8. Hiu Tikus atau Hiu Monyet

Salah satu hiu terbesar di dunia yaitu hiu monyet  yang dapat tumbuh hingga panjang sekitar 18,8 kaki dan sebagian besar dari panjang tersebut ditempati oleh ekornya, yang digunakan untuk menyetrum mangsanya. 

Ada tiga spesies jenis hiu ini dan status konservasi semuanya rentan punah. Namun, orang-orang memburunya untuk olahraga, untuk sup sirip hiu, untuk diambil dagingnya, dan untuk diambil minyaknya hatinya. 

Hiu monyet atau dikenal dengan hiu tikus banyak ditemukan di lautan terbuka, meskipun kadang-kadang ada yang berkeliaran di dekat pantai, terutama jika pantai tersebut berada di atas landas kontinen, yaitu landas kontinen Pasifik Utara di sekitar Asia dan landas kontinen Amerika Utara.

10 dari 16 halaman

9. Bluntnose Sixgill Shark (Hiu Sapi)

Hiu ini ditemukan di seluruh dunia di laut tropis dan beriklim sedang, memiliki tubuh rata-rata sepanjang 15,8 kaki namun diketahui tumbuh sepanjang 20 kaki. 

Hiu ini disebut juga hiu sapi, hewan ini ditemukan jauh di dalam lautan dan memakan apa saja yang bisa ditangkapnya dengan rahangnya yang menonjol, termasuk gurita raksasa. 

Sebagai hiu Hexanchiform, ia adalah hewan yang agak primitif, dengan kepala tumpul, mata kecil yang tidak memiliki selaput pelindung, dan sirip punggung tunggal. Hiu sapi tidak berbahaya bagi manusia kecuali jika ia terancam dan status konservasinya hampir terancam punah.

11 dari 16 halaman

10. Hiu Mako Sirip Panjang

Hiu ini memiliki panjang sirip dada yang tidak proporsional dan dapat tumbuh hingga panjang sekitar 14 kaki. Siripnya yang panjang membuatnya menjadi perenang yang kurang lincah dibandingkan kerabatnya, yaitu hiu mako sirip pendek. 

Hewan ini memakan ikan, cumi-cumi, gurita, dan sotong yang mungkin dapat meningkatkan suhu tubuhnya. Bayi mako sirip panjang menetas dari telur saat masih dalam kandungan induknya dan dibiarkan memakan telur yang tidak dibuahi saat masih dalam kandungan. 

Meskipun mako sirip panjang bukanlah makanan yang enak dan tidak dicari oleh nelayan komersial, hewan ini tetap terancam punah. Hiu mako sirip panjang ditemukan di seluruh dunia di perairan beriklim sedang dan tropis.

12 dari 16 halaman

Hiu Terbesar di Dunia Itu Apa?

Ternyata, hiu terbesar di dunia yang pernah tercatat ditemukan di lepas pantai Pulau Guadalupe, Meksiko pada November 2013. Hiu tersebut merupakan spesies hiu putih besar dengan panjang mencapai 20 kaki atau lebih dari 6 meter dan berat sekitar 2,5 ton.

13 dari 16 halaman

Hiu Megalodon Sebesar Apa?

Perkiraan menunjukkan bahwa megalodon bisa tumbuh hingga mencapai panjang antara 15 dan 18 meter, yaitu tiga kali lebih panjang dari hiu putih besar terbesar yang pernah tercatat. Ukurannya mungkin sebanding dengan hiu paus terbesar saat ini, yang dapat mencapai panjang hingga 18,8 meter.

14 dari 16 halaman

Ikan Terbesar di Dunia Itu Apa?

Hiu paus adalah ikan terbesar di dunia, dengan berat yang bisa mencapai 21,5 ton dan panjang hingga 12,6 meter. Ikan ini dikenal dengan ciri khas tubuhnya yang memiliki corak totol. Selain menjadi ikan terbesar, hiu paus juga merupakan vertebrata nonmamalia terbesar yang masih hidup saat ini.

15 dari 16 halaman

Hiu Apa yang Paling Menakutkan?

Hiu Mako Sirip Pendek sering kali terlihat sebagai salah satu spesies hiu yang paling menakutkan. Biasanya memiliki panjang rata-rata antara 6 hingga 7 kaki dengan berat mencapai 300 pon. Hiu mako ini mengandalkan indera penciuman, pendengaran, dan penglihatannya saat mencari mangsanya.

16 dari 16 halaman

Apa Hiu Tertua di Dunia?

Devine menyatakan bahwa hiu Greenland bukan hanya hiu tertua, tetapi mungkin merupakan vertebrata tertua yang diketahui. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 di jurnal Science, peneliti menemukan bahwa rata-rata usia dari sekelompok 28 hiu Greenland dalam sampel studi mereka adalah 272 tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat