uefau17.com

15 Burung yang Memiliki Telur Berwarna Biru - Citizen6

, Jakarta Alam selalu penuh dengan kejutan dan keindahan yang tak terduga. Salah satu keunikan yang mungkin jarang diketahui adalah fenomena burung-burung yang bertelur dengan warna biru. 

Telur dengan warna biru bukan hanya indah dilihat, tetapi juga menunjukkan adaptasi dan strategi evolusi yang menarik. Setiap spesies burung memiliki alasan unik mengapa telur mereka berwarna biru.

Warna telur pada burung tidak hanya berfungsi sebagai estetika, tetapi juga memiliki peranan penting dalam proses bertelur dan perkembangan anak burung. Warna biru pada telur bisa membantu dalam kamuflase, melindungi dari predator, atau bahkan mengatur suhu yang lebih baik. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak daftar 15 burung di bawah ini yang telah dirangkum dari azanimals.com pada Jumat (28/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 21 halaman

1. Burung Dunnock

Dunnock adalah burung kecil berwarna coklat dan abu-abu dengan garis-garis hitam pendek di bulunya. Burung ini berasal dari wilayah Eurasia dan saat ini mendiami negara-negara Eropa dan Afrika Utara, termasuk Inggris, Lebanon, Aljazair, Mesir, Iran, Kroasia, dan Bulgaria. 

Dunnock betina bertelur empat hingga lima telur berwarna biru mengilap. Telurnya jarang berbintik dan berwarna biru cemerlang. Telur Dunnock berukuran kecil dan lebarnya hanya sekitar 0,6 inci. Dunnock betina mengerami telurnya selama 12 hingga 13 hari.

3 dari 21 halaman

2. Burung Kutilang Rumah

Burung kutilang rumah adalah burung berwarna coklat dengan sayap keabu-abuan dan paruh berbentuk kerucut. Burung kutilang rumah jantan dewasa biasanya memiliki bulu berwarna merah di sekitar wajah dan dada bagian atas. Burung ini berasal dari bagian barat Amerika Utara dan dapat ditemukan di seluruh Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Burung kutilang rumah bertelur empat atau lima telur dari musim semi hingga musim panas. Telurnya berwarna hijau kebiruan pucat dan terkadang memiliki tanda lavender muda atau hitam. Telur kutilang rumah berukuran cukup kecil dan lebarnya hanya setengah inci. Telurnya diinkubasi selama 13 hingga 14 hari.

4 dari 21 halaman

3. Burung Hitam Bersayap Merah

Burung hitam bersayap merah umum ditemukan di seluruh Amerika Utara kecuali di daerah gurun, Arktik, dan pegunungan tinggi. Hewan ini adalah burung yang bermigrasi dan dapat ditemukan di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan Kosta Rika. Sesuai dengan namanya, burung hitam bersayap merah jantan berwarna hitam dengan bercak merah dan kuning di bahu lebar. 

Burung hitam bersayap merah biasanya bertelur antara dua hingga empat telur berbentuk oval berwarna biru kehijauan per sarang. Telurnya memiliki tanda hitam atau coklat dan lebarnya berukuran 0,9 hingga 1,1 inci. Telur diinkubasi selama 11 hingga 13 hari.

5 dari 21 halaman

4. Burung Robin Amerika

Burung robin Amerika ditemukan di seluruh Amerika Serikat. Beberapa bermigrasi ke Amerika Selatan untuk berkembang biak, sementara yang lain lebih memilih untuk berkembang biak di tempat mereka berada. Robin memiliki sayap abu-abu gelap dan dada oranye.

Burung robin Amerika bertelur tiga hingga lima telur berwarna biru muda per sarang, telur ini berukuran lebar 0,8 inci. Burung robin jantan cenderung mengambil lebih banyak tanggung jawab sebagai orang tua jika telurnya cukup terang. Robin Amerika mengerami telurnya selama 12 hingga 14 hari.

6 dari 21 halaman

5. Burung Tinam Hitam

Tinamous hitam adalah burung kekar yang hidup di tanah. Meskipun namanya menunjukkan sebaliknya, burung ini sebenarnya berwarna abu-abu dan bukan hitam. Betinanya lebih besar dari jantan. Burung ini berasal dari wilayah Andes di Amerika Selatan dan dapat ditemukan di Kolombia.

Tinamous hitam membangun sarangnya di tanah. Burung ini bertelur mengkilap dan berwarna biru cerah dari bulan Maret hingga November. Hanya dua telur yang pernah tercatat secara resmi untuk tinamou hitam.

7 dari 21 halaman

6. Angsa Batu Berkaki Biru

Burung angsa berkaki biru adalah salah satu burung paling populer. Hal ini karena karakteristik kakinya yang berwarna biru dan berselaput, yang merupakan hasil dari pigmen karotenoid yang diperoleh dari makanan ikan segarnya. Jantan menggunakan kaki biru cerahnya untuk menarik pasangan. 

Burung berkaki biru ini dapat ditemukan di wilayah pesisir Amerika Tengah dan Selatan seperti Meksiko hingga Peru. Telurnya berwarna biru pucat dan sarangnya ada di tanah. Mereka bertelur dua hingga tiga telur per sarang, yang membutuhkan waktu sekitar 45 hari untuk menetas. 

8 dari 21 halaman

7. Burung Jay Biru

Burung jay biru adalah burung bertengger cantik yang berasal dari Amerika Utara bagian timur dan berlokasi di Amerika Serikat dan Kanada. Burung ini sebagian besar berwarna biru dengan kepala berwarna putih dan bagian bawah berwarna putih pucat. 

Burung jay biru bertelur dua hingga tujuh telur per sarang. Telur biasanya berwarna biru tetapi bisa juga berwarna lain, seperti kuning atau hijau, dan selalu memiliki bintik-bintik coklat. Burung jay biru bertelur di sarang setinggi 10 hingga 25 kaki di pepohonan.

9 dari 21 halaman

8. Burung Jalak

Burung jalak merupakan burung cantik yang sekilas penampilannya mungkin menyesatkan. Hal ini karena beberapa dari mereka terlihat gelap, namun jika dilihat lebih dekat, bulunya sebenarnya berwarna-warni. 

Burung ini berasal dari Eropa, Asia, Afrika, Australia, dan Kepulauan Pasifik di negara-negara seperti Ethiopia, Kenya, Somalia, Selandia Baru, dan Spanyol. Burung jalak bertelur berwarna biru, putih, dan hijau. 

10 dari 21 halaman

9. Burung Kerak Ungu

Burung kerak ungu berasal dari Asia dan dianggap sebagai spesies invasif di India. Burung ini memiliki kepala berwarna gelap, tubuh berwarna coklat, dan dua bercak kuning di wajahnya. Paruh dan kakinya juga berwarna kuning. 

Burung myna biasa bertelur empat hingga enam telur berwarna biru kehijauan atau biru kehijauan. Telurnya dierami selama 17 hingga 18 hari.

11 dari 21 halaman

10. Thrush atau Burung Anis

Burung anis adalah keluarga burung yang bertengger dan berukuran kecil hingga sedang dengan tubuh montok. Burung ini biasanya hidup di kawasan hutan dan sebagian besar spesies membangun sarangnya di dahan pohon. Kebanyakan burung ini memiliki bulu berwarna abu-abu atau coklat dengan bulu berbintik-bintik di bagian bawahnya.

Telur burung anis berwarna biru muda atau hijau kebiruan dan berbintik-bintik kecil berwarna gelap, biasanya di ujung telur yang lebih besar. Warna dan pola ini bervariasi antar spesies burung. 

Beberapa spesies tidak memiliki bintik pada telurnya. Burung anis bertelur sekitar dua hingga enam telur dalam setidaknya satu induk per tahun dan terkadang dua.

12 dari 21 halaman

11. Burung Linnet

Linnet adalah burung ramping dengan bulu berwarna coklat, putih, dan abu-abu. Burung jantan memiliki bercak merah di kepala dan dada merah, sedangkan betina tidak. 

Burung ini dapat ditemukan di negara-negara seperti Skotlandia, Cina, Italia, dan Yunani. Linnets bertelur empat hingga enam telur biru berbintik dari bulan April hingga Juli. Telur-telur ini diinkubasi selama 14 hari.

13 dari 21 halaman

12. Gray Catbirds atau Burung Kucing Abu-abu

Disebut burung kucing abu-abu karena suara mengeongnya yang unik, yang sebenarnya terdengar seperti mengeong kucing. Burung ini berada di Amerika Utara dan Tengah, tepatnya Amerika Serikat, Meksiko, dan sebagian kepulauan Karibia.

Burung kucing abu-abu bertelur berwarna hijau pirus cerah yang berbintik-bintik merah. Burung ini bertelur satu hingga enam telur, biasanya dua kali per musim. Telur-telur ini lebarnya sekitar setengah inci dan panjang satu inci. Burung-burung tersebut mengerami telurnya selama 12 hingga 15 hari.

14 dari 21 halaman

13. Burung Hitam

Disebut juga burung hitam Eurasia, burung ini memiliki kepala bulat dan ekor runcing. Burung jantan berwarna hitam dengan lingkaran kuning di sekitar mata dan paruh kuning cerah, sedangkan betina berwarna coklat tua dengan paruh coklat kekuningan kusam.

Burung hitam bertelur tiga hingga lima telur kecil. Telurnya berwarna biru kehijauan dengan bintik coklat. Kedua induknya mengerami telurnya selama 13 hingga 14 hari. Burung hitam menggunakan sarang yang sama setiap tahun untuk bertelur selama musim kawin dari bulan Agustus hingga Februari.

15 dari 21 halaman

14. Burung Biru

Burung biru berasal dari Amerika Utara dan memiliki bulu berwarna biru cemerlang, yang terkadang dipadukan dengan warna krem ​​​​mawar. Namun, betina tidak berwarna cerah seperti jantan.

Burung biru bertelur dua hingga delapan telur per sarang. Telurnya biasanya berwarna biru tanpa bintik sama sekali dan berukuran lebar 0,6 hingga 0,9 inci. Terkadang burung ini bertelur berwarna putih, namun hal ini hanya terjadi sekitar 4 hingga 5% saja. Tergantung pada spesies burung biru, waktu inkubasi bisa memakan waktu antara 11 hingga 17 hari.

16 dari 21 halaman

15. Burung Kuntul Salju

Kuntul salju adalah bangau putih berukuran kecil. Burung ini berwarna putih bersih dengan kaki hitam, paruh hitam, dan kaki kuning. Burung kuntul dapat ditemukan di negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Hindia Barat, dan Argentina.

Kuntul salju bertelur dua hingga enam telur berwarna biru kehijauan dengan lebar 0,9 hingga 1,3 inci dan panjang 1,6 hingga 1,7 inci. Burung ini menghabiskan 24 hingga 25 hari untuk mengerami telurnya sebelum menetas.

17 dari 21 halaman

Bagaimana Bentuk Telur Burung?

Bentuk telur sangat beragam di antara berbagai spesies burung, mulai dari yang hampir bulat seperti telur burung pemakan lebah kecil, hingga yang berbentuk piriform atau kerucut seperti telur murre pada umumnya. Selain itu, ada juga bentuk yang lebih umum seperti telur ayam yang familiar bagi kita.

18 dari 21 halaman

Telur Burung Warna Apa?

Fakta menarik lainnya tentang telur burung adalah variasi warna cangkangnya. Tidak banyak yang menyadari bahwa warna telur burung bisa sangat beragam, mulai dari ungu, hijau biru, putih, hingga yang berbintik-bintik. Cangkang telur ini sebagian besar terdiri dari kalsium karbonat, yang tampak putih bagi mata manusia.

19 dari 21 halaman

Telur Burung Apa yang Besar?

Telur burung unta memiliki berat mencapai dua kilogram per butirnya. Panjangnya mencapai 15 sentimeter dengan diameter sekitar 12,5 sentimeter. Dengan ukuran tersebut, volume telur ini sekitar 25 kali lebih besar daripada telur ayam biasa.

20 dari 21 halaman

Telur Burung Apa yang Warna Biru?

Telur itik biru adalah pola warna biru alami yang terdapat pada telur itik atau bebek, seperti bebek pelari. Warna biru pada telur itik disebabkan oleh keberadaan senyawa biliverdin dan oocyanin yang memberi warna pada cangkang telur sebelum proses penetasan.

21 dari 21 halaman

Telur Burung Apa yang Berwarna Biru?

Salah satu contoh menarik adalah burung Robin Amerika (Turdus migratorius) yang terkenal dengan telur berwarna biru muda yang mencolok. Warna biru ini disebabkan oleh pigmen biliverdin yang terdapat dalam cangkang telur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat