uefau17.com

Kisah Iblis Curhat kepada Nabi Musa Ingin Taubat, Diceritakan Gus Baha - Islami

, Cilacap - Ulama kondang yang populer dengan julukan manusia Al-Qur’an yakni KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha mengisahkan perihal dialog Nabi Musa AS dengan Iblis yang ingin taubat.

Sebagaimana kita ketahui, berdasarkan keterangan Al-Qur’an, iblis dikeluarkan dari surga sebab kesombongannya karena tidak bersedia sujud kepada Nabi Adam AS. Firman Allah:

قَالَ يٰٓاِبْلِيْسُ مَا مَنَعَكَ اَنْ تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِيَدَيَّ ۗ اَسْتَكْبَرْتَ اَمْ كُنْتَ مِنَ الْعَالِيْنَ . قَالَ اَنَا۠ خَيْرٌ مِّنْهُ خَلَقْتَنِيْ مِنْ نَّارٍ وَّخَلَقْتَهٗ مِنْ طِيْنٍ. قَالَ فَاخْرُجْ مِنْهَا فَاِنَّكَ رَجِيْمٌۖ

Artinya: “(Allah) berfirman, “Wahai Iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Aku ciptakan dengan kekuasaan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri atau kamu (merasa) termasuk golongan yang (lebih) tinggi?” (75) (Iblis) berkata, “Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah. (76) (Allah) berfirman, “Kalau begitu keluarlah kamu dari surga! Sesungguhnya kamu adalah makhluk yang terkutuk. (77)

Meski demikian, ia ternyata menyatakan penyesalannya kepada Nabi Musa sehingga terjadilah dialog antara keduanya. Simak kisahnya sebagaimana dipaparkan oleh Mbah Moen ini.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Iblis Sangat Takut Kepada Allah

Iblis, sejatinya, menurut Gus Baha sangat takut dengan Allah SWT. Bahkan tingkat takutnya itu mengalahkan manusia.

Pasalnya, iblis sudah tahu lebih dahulu adanya surga, neraka dan kekuasaan Allah yang lain.

“Iblis itu nangis-nangis ke Nabi Musa, iblis itu takutnya sama Allah luar biasa, sampeyan kalah,” kisah Gus Baha sebagaimana dikutip dari tayangan YouTube Short @Sudarnopranoto, Sabtu (29/06/2024).

“Karena iblis itu tahu surga, tahu neraka, tahu kekuasaannya Allah, jadi takutnya sama Allah luar biasa,” sambungnya.

3 dari 3 halaman

Iblis Ingin Taubat

Sebab itu, Iblis mendatangi Nabi Musa AS untuk mengutarakan keinginannnya bertobat kepada Allah SWT.

“Suatu saat iblis ini mendatangi Nabi Musa, karena tahu Nabi Musa itu Kalimullah, orang yang bisa komunikasi langsung dengan Allah,” kisah ulama asal Rembang ini.

 “Ya Musa, Ya Kalimallah, saya ini makhluk, saya takutnya sama Allah luar biasa, tolong rayukan Allah supaya menerima tobat saya,” sambungnya.

Gus Baha mengatakan, melihat kesungguhan Iblis yang ingin bertobat, maka Nabi Musa pun mengatakan perihal iblis yang ingin tobat kepada-Nya. Allah SWT pun mengabulkan permintaan Iblis, dengan syarat Iblis mau bersujud di makamnya Nabi Adam AS.

Persyaratan itupun disampaikan Nabi Musa AS kepada iblis, namun sungguh mengejutkan reaksi iblis ketika menanggapi persyaratan itu.

Ia pun mengatakan dengan kesombongannya bahwa saat masih hidup saja ia tidak bersedia sujud kepada Nabi Adam, apalagi saat Nabi Adam sudah wafat.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat