uefau17.com

Hasil Copa America 2024 Argentina vs Peru dan Kanada vs Cile: La Albiceleste Juara Grup, Les Rouges Dampingi ke Perempat Final - Bola

, Jakarta Timnas Argentina sukses melangkah ke 8 besar Copa America 2024 dengan status juara grup A. Kepastian ini didapat setelah kampiun edisi lalu menaklukkan Peru 2-0 berkat brace Lautaro Martinez dalam laga pemungkas yang digelar di Hard Rock Stadium pada Minggu (30/6/2024)

Sementara itu di tempat berbeda, Kanada cuma mampu bermain imbang tanpa gol dengan Cile. Hasil itu sudah cukup mengantar mereka mendampingi La Albiceleste menuju perempat final lantaran Les Rouges finis di peringkat 2 klasemen akhir grup A dengan perolehan 4 poin, terpaut 5 angka dari Argentina yang menyapu bersih kemenangan.

Jalannya Pertandingan Argentina vs Peru

Timnas Argentina tampil dengan wajah berbeda dalam laga kali ini. La Albiceleste melakukan perombakan besar pada komposisi pemain, dengan nama-nama seperti Alejandro Garnacho, Exequiel Palacios, hingga German Pezzella diberi kesempatan turun sebagai starter.

Lapten sekaligus penyerang senior Argentina, Lionel Messi, gantian disimpan di bangku cadangan. Pencetak gol penting matchday pembuka Julian Alvarez juga tak dimainkan sejak menit awal, meski dia selalu setia mendampingi La Pulga mengawal lini depan dalam dua pertandingan sebelumnya.

Perubahan ini cukup memengaruhi pola permainan La Albiceleste di awal babak pertama. Timnas Argentina sulit membuka keunggulan, dengan Angel Di Maria dan kawan-kawan masih buntu hingga laga berjalan 20 menit lebih.

Lautaro Martinez memperoleh celah untuk mencetak gol pada menit 22. Dia melepas tembakan ke arah gawang, tetapi langsung ditepis kiper Pedro Gallese. Bersamaan dengan itu, hakim garis juga mengangkat bendera lantaran pemain Inter Milan sudah berada dalam posisi offside.

Empat menit berselang, Leandro Paredes gantian membangkitkan asa Argentina untuk meraup gol pembuka. Dia mengeksekusi tendangan bebas melewati tembok pemain Peru dan langsung mengarah ke sisi atas gawang. Keuntungan bagi lawan lantaran Gallese masih begitu sigap membuang bola.

Kebuntuan masih belum terpecah mendekati akhir babak pertama. Angel Di Maria sempat mencoba peruntungan pada menit 40 dengan melepas tendangan dari tepi kotak penalti. Namun, bola masih terlalu lemah sehingga mudah ditangkap kiper Timnas Peru.

Gempuran bertubi-tubi terus diberikan Argentina di sisa waktu jelang turun minum. Sayangnya, Alejandro Garnacho dan kawan-kawan tetap gagal mengubah sejumlah peluang yang didapat menjadi gol menyusul tangguhnya pertahanan Gallese di bawah mistar gawang.

Di sisi lain, Peru juga tak mampu berbuat banyak untuk membalas serangan Argentina. Skor imbang 0-0 mau tak mau bertahan sampai jeda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Babak Kedua Argentina vs Peru di Copa America 2024

Kebuntuan baru bisa terpecah pada awal babak kedua. Lautaro Martinez mencetak gol pembuka timnya di menit 47 setelah meneruskan umpan Angel Di Maria, yang mengubah kedudukan sementara menjadi 1-0.

Capaian itu sekaligus menandai gol ketiga berturut-turut striker Inter Milan bagi La Albiceleste di fase grup Euro 2024. Seperti diketahui, Martinez juga tak pernah absen menyumbang angka dalam dua laga sebelumnya melawan Kanada dan Cile yang selalu dimenangkan Argentina.

Sayangnya, Argentina sempat dibuat ketar-ketir oleh situasi pencetak golnya pada menit 50. Lautaro Martinez terlibat benturan dengan pemain Peru saat terjadi kemelut di depan gawang. Sang pemain terkapar dan nampak kesakitan memegang kepala, hingga mendapat pertolongan medis. Beruntung, situasi itu tak sampai membuat dia harus ditarik keluar lapangan.

La Albiceleste mencetak angka kedua tak lama berselang, kali ini lewat aksi Nicolas Tagliafico. Sayangnya, gol tersebut batal dihitung lantaran dianulir oleh wasit.

Laga mulai memanas memasuki pertengahan babak kedua. Argentina memasukkan beberapa nama baru, termasuk Enzo Fernandez dan Nicolas Gonzalez. Namun, upaya itu tak langsung mampu menghadirkan gol tambahan.

Angel Di Maria dan kawan-kawan baru mendapat peluang emas untuk berada di atas angin setelah wasit memberi hadiah tendangan penalti pada menit 71. Akan tetapi, Leandro Paredes yang dikirim sebagai algojo gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Bola yang dia kirim membentuk tiang sebelah kiri gawang Gallese hingga memantul keras ke lapangan.

Argentina baru benar-benar mencetak gol kedua pada menit 86. Lautaro Martinez kembali jadi momok buat lini pertahanan lawan setelah dia bergerak memanfaatkan kekosongan pertahanan Peru untuk mengirim bola yang tak mampu dijangkau oleh Gallese.

Peru sempat coba gantian membahayakan gawang Argentina lewat header Franco Zanelatto di pengujung babak kedua. Namun, Emi Martinez langsung menjalankan tugasnya menepis bola serta menjaga gawang La Albiceleste tetap aman.

Wasit memberi injury time empat menit di akhir pertandingan waktu normal. Keuntungan bagi Argentina lantaran durasi ini tak lagi bisa dimaksimalkan Peru. Skor 2-0 untuk keunggulan Albiceleste bertahan sampai bubaran.

3 dari 5 halaman

Susunan Pemain Argentina vs Peru

Timnas Argentina: Emiliano Martinez; Gonzalo Montiel, German Pezzella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Giovani Lo Celso, Leandro Paredes, Exequiel Palacios; Angel Di Maria, Lautaro Martinez, Alejandro Garnacho

Timnas Peru: Pedro Gallese; Alexander Callens, Carlos Zambrano, Aldo Corzo; Marcos Lopez, Sergio Pena, Wilder Cartagena, Oliver Sonne; Bryan Reyna, Edison Flores; Paolo Guerrero

4 dari 5 halaman

Hasil Pertandingan Kanada vs Cile

Sementara itu di tempat berbeda dan waktu yang sama, Kanada serta Cile juga terlibat persaingan dalam matchday terakhir grup A. Duel keduanya dihelat di Inter & Co Stadium, Minggu (30/6/2024) pagi WIB.

Kedua tim nampak kesulitan membobol pertahanan masing-masing sejak awal babak pertama. Tak ada gol tercipta hingga laga berjalan hampir setengah jam.

Alih-alih mencetak angka, Cile justru diadang nestapa pada menit 27. Pemainnya Gabriel Suazo diusir keluar lapangan lantaran diganjar kartu kuning kedua oleh wasit.

Situasi itu memaksa Cile harus langsung bermain dengan 10 penggawa sejak babak pertama. Namun, Kanada yang unggul jumlah pemain gagal memanfaatkan celah tersebut, dengan skor imbang tanpa gol betahan sampai turun minum.

Kedua tim kembali coba mengais peluang untuk mencetak gol di babak kedua. Cile melakukan pergantian sesaat setelah jeda, sementara Kanada baru coba menambah daya dobrak skuadnya di menit 65. Sayangnya dari upaya tersebut, tak satu pun yang mampu menghadirkan dampak signifikan.

Kanada dan Cile tetap buntu meski wasit telah memberi injury time cukup lama berdurasi 6 menit di akhir babak kedua. Skor 0-0 tak berubah sampai bubaran, yang memastikan Les Rouges berhak melaju ke perempat final mendampingi Argentina.

5 dari 5 halaman

Susunan Pemain Kanada vs Cile

Timnas Kanada: Maxime Crepeau; Alistair Johnston, Moise Bombito, Derek Cornelius, Alphonso Davies; Jonathan Osorio, Stephen Eustaquio; Richie Laryea, Jonathan David, Jacob Shaffelburg; Cyle Larin.

Timnas Cile: Gabriel Arias; Gabriel Suazo, Guillermo Maripan, Igor Lichnovsky, Mauricio Isla; Rodrigo Echeverria, Marcelino Nunez; Victor Davila, Alexis Sanchez, Dario Osorio; Eduardo Vargas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat