uefau17.com

Hasil Euro 2024: Menang 4-1, Spanyol Bungkam Perlawanan Gigih Georgia untuk Tiket Perempat Final - Bola

, Jakarta Timnas Spanyol berhasil meredam perlawanan gigih Georgia usai menang 4-1 atas negara pecahan Uni Soviet ini pada babak 16 besar Euro 2024 di stadion Rhein Energie, Senin (1/7/2024) dini hari WIB. Empat gol dari Rodrigo, Fabian Ruiz, Nico Williams dan Dani Olmo antar Spanyol ke perempat final.

Spanyol sendiri sempat dikejutkan gol bunuh diri Robin Le Normand, tapi bisa pulih dengan cepat. Kemenangan ini membuat Spanyol bakal menghadapi Jerman di babak perempat final. Ini duel "final" kepagian tapi harus ada pemenang di laga 8 besar Euro 2024 nanti.

Jalannya Pertandingan Spanyol vs Georgia

Spanyol langsung mendapatkan peluang lewat sontekan Pedri di menit ke-5. Manfaatkan umpan Dani Carvajal, sontekannya tepat mengarah ke arah Mamardashvili.

Spanyol berhasil enam kali dari tujuh pertemuan lawan Georgia di berbagai kompetisi. La Roja, julukan Spanyol bersiap untuk memperpanjang rekor itu di laga ini.

Dalam waktu 10 menit, Spanyol sudah menghasilkan 2 tendangan sudut. Menit ke-11, Nico Williams lepas tembakan yang masih diblok.

Georgia benar-benar sulit keluar dari kepungan Spanyol. La Roja bertubi-tubi menyerang lewat kecepatan Nico Williams dan juga Lamine Yamal, tapi skor masih 0-0 hingga menit ke-14.

Benar saja, Georgia menggebrak lewat serangan balik di menit. Berawal dari umpan silang Kakabadze, Robin Le Normand malah menahan bola masuk ke gawang sendiri sehingga skor berubah 0-1 untuk Georgia.

Fabian Ruiz membuka peluang lewat tembakan dari sisi kanan di menit ke-22. Namun tembakan gelandang PSG itu masih bisa diamankan Mamardashvilli.

Spanyol terus berusaha samakan skor. Aymeric Laporte melepas tembakan jarak jauh di menit ke-29 tapi masih jauh dari target. Serangan balik Georgia begitu berbahaya.

Mikautadze sudah lolos ke kotak penalti tapi pergerakannya di menit ke-31 masih bisa diamankan pemain Spanyol. Begitu juga peluang Kvaratskelia di menit ke-33.

Spanyol sedikit membaik dan nyaris mencetak gol lewat tendangan Marc Cucurella di menit ke-34. Kiper Georgia Mamardashvili lagi-lagi menepis bola sehingga Georgia masih unggul 1-0.

Spanyol akhirnya menyamakan skor menjadi 1-1 lewat gol dari Rodri. Kegigihan dalam menyerang, Rodri menembus jala Georgia usai manfaatkan umpan Nico Williams di menit ke-39.

Hingga babak pertama berakhir, Spanyol masih imbang 1-1 lawan Georgia. Sepanjang babak pertama, Spanyol melepas 17 kali tembakan. Bisa nambah gol di babak kedua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Dua Spanyol vs Georgia

Georges Mikautadze mencoba serangan balik cepat di menit ke-47 usai merebut bola dari pemain Spanyol. Pergerakannya masih bisa diamankan pemain La Roja.

Giliran Kvaratskelia yang mencoba peruntungan lewat tendangan dari garis tengah lapangan. Melihat Unai Simon agak di depan, dia melepas tendangan spekulasi di menit ke-48 yang masih melebar.

Dua serangan mendebarkan Georgia langsung dibalas tendangan bebas Lamine Yamal di menit ke-51 tapi ditepis Mamardashvili. Namun Lamine Yamal membalas itu dengan umpan jitu yang membuat Fabian Ruiz sukses mencetak gol sehingga skor berubah 2-1.

Dalam waktu yang begitu berdekatan, Lamine Yamal sudah melepas beberapa kali tembakan. Pada menit ke-53, tembakannya masih melebar tipis di sisi kiri gawang Georgia.

Menit ke-63, Lamine Yamal lagi-lagi nyaris membuat sejarah. Sayang, tembakan kaki kirinya masih melebar. Nyaris saja dia jadi pencetak gol termuda di Euro.

Georgia mendapatkan peluang lewat Giorgi Tsitaishvili. Mendapatkan umpan Kvaratskelia, tendangan Tsitaishvili di menit ke-68 masih menyamping. Skor 2-1 untuk Spanyol masih bertahan.

Lamine Yamal membuat fans Spanyol bersorak saat mencetak gol di menit ke-74. Namun dia sudah offside terlebih dahulu saat menerima umpan Dani Olmo.

Nico Williams akhirnya yang membuat Spanyol menang 3-1 lewat gol di menit ke-75. Kali ini, Spanyol yang menghentak Georgia lewat serangan balik yang berujung Williams cetak gol.

Lamine Yamal memang belum rezekinya cetak gol keempat Spanyol. Tembakannya di menit ke-80 kali ini mampu ditepis Mamardashvili.

Dani Olmo yang menjadi pencetak gol keempat Spanyol di menit ke-83. Manfaatkan umpan Mikel Oyarzabal, Dani Olmo mengubah skor jadi 4-1 ke gawang Georgia yang mulai kacau setelah tertinggal Spanyol.

Hingga pertandingan berakhir, Spanyol berhasil jaga keunggulan 4-1 atas Georgia. La Roja harus bersiap hadapi tuan rumah Jerman di laga perempat final Piala Eropa 2024.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Spanyol vs Georgia

Spanyol (4-3-3): Simon; Carvajal, Le Normand, Laporte, Cucurella; Pedri, Rodri, Fabian Ruiz; Lamine Yamal, Alvaro Morata, Nico Williams

Georgia (5-3-2): Mamardashvili; Kakabadze, Gveleslani, Kashia, Dvali, Lochoshvili;Chakvetadze, kitelshvili, Kochorashvilli; Mikautadze, Kvaratskhelia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat