uefau17.com

Daftar 10 Hewan yang Memiliki Mata Buta Namun Tetap Bisa Menjalani Kehidupannya dengan Kemampuan Ini - Citizen6

, Jakarta Di dunia hewan, kemampuan untuk melihat sering dianggap sebagai salah satu alat utama untuk bertahan hidup. Namun, ada banyak spesies yang berhasil beradaptasi dan berkembang biak meskipun mereka mengalami kebutaan. 

Beberapa hewan yang hidup dengan kondisi buta, memiliki cara unik untuk menjalani kehidupannya. Dari teknik berburu hingga membaca situasi lingkungan yang andal, hewan-hewan ini menunjukkan bahwa kekurangan satu indera tidak selalu menjadi penghalang.

Beberapa hewan ini telah berevolusi untuk mengandalkan indra lain seperti pendengaran, penciuman, atau sentuhan yang jauh lebih tajam dibandingkan makhluk lainnya. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak daftar 10 hewan di bawah ini, yang telah dirangkum dari azanimals.com pada Jumat (28/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

1. Golden Mole

Tentakel mengerikan yang memakan wajah golden mole memungkinkannya membuat peta lingkungannya. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini disebabkan oleh kombinasi lingkungan unik tempat mereka tinggal dan desain tulang tengkoraknya yang canggih.

Namun tampaknya telinga bagian dalam mereka dapat merasakan frekuensi getaran di pasir gurun dan menggunakannya untuk mengarahkan menuju mangsa dan menjauh dari predator.

3 dari 16 halaman

2. Olm atau Salamander

Salamander gua Texas hanya dapat ditemukan di perairan kecil di Texas, tetapi hewan ini memiliki keluarga yang sangat mirip dan hanya ada di perairan Eropa.

Olm juga merupakan salamander albino yang hanya hidup di air, tetapi kedua spesies ini tampaknya berkembang secara mandiri satu sama lain.

Namun olm telah menarik imajinasi para peneliti karena mampu hidup selama satu abad. Yang sama menariknya adalah metode navigasi olm yang menggunakan reseptor mekanik, kemo, dan elektro untuk memahami dunia mereka yang tidak dapat melihat.

4 dari 16 halaman

3. Tetra Meksiko

Sebagai anggota spesies yang lahir secara eksklusif di perairan yang gelap gulita, setiap tetra Meksiko dilahirkan terpaksa bertahan hidup hanya dengan sentuhan.

Faktanya, ikan ini dilahirkan dengan mata yang kemudian berubah menjadi rongga untuk menyimpan timbunan lemak seiring berjalannya waktu. Namun selain kehilangan penglihatan dan pigmentasinya, kerangka ikan gua ini bermutasi seiring waktu sehingga memaksa mereka berenang berlawanan arah jarum jam dan menerapkan pola berenang yang sesuai dengan geografi saluran gua.

Namun ikan-ikan ini berhasil bertahan hidup dengan kurangnya mekanisme pertahanan dan hanya alat navigasi yang paling sederhana karena mereka adalah predator puncak di lingkungannya.

5 dari 16 halaman

4. Salamander Buta Texas

Perairan dalam tempat salamander buta Texas bernavigasi tidak memerlukan penglihatan, namun matanya masih dapat dilihat sekilas semacam dua titik hitam di wajah salamander.

Amfibi albino ini merasakan perubahan tekanan air sebagai cara untuk mendeteksi mangsa dan merasakan ketika predator berada di dekatnya. Karena hidup di habitat yang terisolasi, makhluk buta ini berhasil menduduki puncak rantai makanan yang juga terdiri dari invertebrata seperti siput dan udang.

Sayangnya, spesies ini sangat terancam punah karena terbatasnya habitat dan gangguan manusia. Salamander buta Texas juga tuli seperti semua anggota keluarga salamander lainnya.

6 dari 16 halaman

5. Scurion Sinopoda

Scurion sinopoda adalah spesies laba-laba pemburu penghuni gua yang tidak memiliki delapan mata sama sekali. Tapi itu wajar saja, karena gua di Laos tempat ditemukannya scurion sinopoda juga merupakan rumah bagi kalajengking buta, ikan, dan kepiting.

Ironisnya, nama laba-laba ini diambil dari nama perusahaan lampu depan Swiss, Scurion, yang dikenal mampu membuat gua terdalam sekalipun terlihat.

7 dari 16 halaman

6. Lobster Laut Dalam

Tanda pertama bahwa lobster laut dalam yang secara resmi dikenal sebagai dinochelus ausubeli buta mungkin adalah fakta bahwa hewan ini albino.

Kurangnya pigmentasi terjadi pada makhluk laut dalam yang tidak membutuhkan perlindungan dari sinar matahari atau kamuflase dari predator yang memiliki mata fungsional.

Penglihatan yang buruk adalah penyebab utama di kedalaman ini, lobster laut dalam menggunakan cakar yang sangat tidak serasi untuk memburu mangsanya dan menghindari predator.

8 dari 16 halaman

7. Udang Buta

Udang buta ini ditemukan pada tahun 2012, hewan ini telah beradaptasi untuk hidup secara eksklusif di lingkungan laut vulkanik dan suhu yang sangat tinggi, karena di ekosistem ini hanya mengundang predator paling berani.

Uniknya, udang ini sebenarnya terlahir dengan mata, namun mereka kehilangan mata dan mengembangkan sensor cahaya di tubuhnya saat mencapai usia dewasa.

Organ sensorik ini pada dasarnya hanya mampu mengenali cahaya, namun cukup efektif sebagai pemandu keberadaan udang yang menavigasi lingkungan menggunakan inframerah.

Para ilmuwan percaya bahwa pertukaran satu mekanisme sensorik dengan mekanisme sensorik lainnya terjadi seiring dengan perubahan pola makan dan habitat udang seiring bertambahnya usia.

9 dari 16 halaman

8. Tikus Tanah Telanjang atau Tidak Berbulu

Tikus tanah telanjang secara teknis tidak buta, tetapi matanya sangat kecil sehingga tidak ada nilainya bagi hewan pengerat ini. Tikus ini justru lebih mengandalkan keempat inderanya untuk bekerja baik di atas maupun di bawah tanah, dan hewan ini benar-benar dapat melihat dengan baik baik dalam terang maupun gelap.

Tikus tanah telanjang hidup di lingkungan dimana penglihatan yang buruk tidak menjadi masalah, namun mereka juga mengembangkan kebiasaan lain yang sesuai dengan lingkungannya.

10 dari 16 halaman

9. Hydra atau Ular Naga

Polip air tawar sebenarnya tidak memiliki mata, namun hewan ini masih berhasil berburu mangsa dan menghindari predator dengan merespons cahaya di sekitarnya. Faktanya, makhluk ini hanya berburu pada siang hari, karena kondisi penglihatannya.

Para peneliti melihat hydra sebagai pendahulu primitif bagi mata manusia, namun hewan ini diyakini abadi karena mereka tampaknya sama sekali tidak terpengaruh oleh proses penuaan.

11 dari 16 halaman

10. Tikus Tanah Hidung Bintang

Tikus tanah berhidung bintang diburu oleh semua orang mulai dari kucing peliharaan, elang, hingga rubah. Namun tentakel berdaging yang menonjol dari penutup wajah tikus ini berfungsi sebagai pengganti mata dengan mengidentifikasi getaran di Bumi serta merasakan medan listrik.

Dengan menggunakan tentakel ini, tikus tanah berhidung bintang memetakan visi kompleks dunia di sekitarnya yang mencakup keberadaan predator dan mangsa. Secara fungsional, hewan menukar penglihatan dengan indra peraba.

12 dari 16 halaman

Apakah Kalajengking Buta?

Mereka tidak buta. Mereka mungkin memiliki banyak mata. Secara umum, disepakati bahwa mereka tidak memiliki penglihatan yang baik karena aktivitas mereka di malam hari. Namun, ada beberapa peneliti yang meyakini bahwa kalajengking mungkin memiliki penglihatan yang cukup baik.

13 dari 16 halaman

Apakah Kucing Itu Buta Warna?

Semua kucing tampaknya tidak dapat melihat warna. Monyet dan kera memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengenali warna, tetapi sebagian besar mamalia lainnya, termasuk sapi jantan, tidak bisa melihat warna dengan baik.

14 dari 16 halaman

Apa yang Dilihat Mata Kucing?

Kucing memiliki lebih sedikit sel kerucut dibandingkan dengan manusia pada umumnya. Akibatnya, kemampuan mereka untuk melihat warna tidak sebaik kita. Mereka hanya memiliki dua jenis sel kerucut, yang membuat mereka dapat melihat warna dalam spektrum dikromatik, memungkinkan mereka mengenali warna kuning dan biru.

15 dari 16 halaman

Apakah Babi Buta Warna?

Babi dapat membedakan warna biru, hijau, dan merah, namun peka terhadap panjang gelombang yang berbeda dari manusia. Sebagai hewan dikromatik, kerucut di mata mereka hanya peka terhadap warna dengan panjang gelombang pendek dan menengah, yakni biru dan hijau.

16 dari 16 halaman

Apakah Gajah Buta Warna?

Gajah memiliki kemampuan melihat yang mirip dengan manusia buta warna. Mereka dapat membedakan warna biru dan kuning, namun tidak bisa membedakan antara merah dan hijau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat