uefau17.com

Seperti Lirik Taylor Swift, Ternyata Ini Alasan Anda Mungkin Menangis Saat Berolahraga - Citizen6

, Jakarta - Rasanya hampir semua orang sudah mendengarkan album terbaru Taylor Swift, The Tortured Poets Department yang rilis sebulan yang lalu.

Lalu jika didengarkan baik-baik, ada lagu berjudul "Down Bad" di mana mengungkapkan bahwa dia pun menjadi emosional saat berolahraga, yang tersebut dalam liriknya "down bad, crying at the gym."

Ternyata, para ahli mengungkapkan bahwa menangis saat sedang berolahraga sangat mungkin terjadi. Hal ini pun mungkin lebih sering terjadi daripada yang Anda kira.

“Itu adalah hal yang sangat normal jika Anda berada dalam masa stres—bisa berupa apa saja: stres keluarga, stres pekerjaan, perubahan dalam hubungan [romantis],” kata Brad Foltz, PhD, psikolog olahraga di The Ohio State University Wexner Medical Center, kepada Health.

“Memiliki respons emosional saat berolahraga bukanlah hal yang buruk," sambungnya.

Tapi stres bukan satu-satunya pemicu air mata saat sedang olahraga di gym. Sebab, ada sejumlah alasan berbeda mengapa seseorang memiliki respons emosional di gym, kata Matthew Sacco, PhD, psikolog olahraga di Cleveland Clinic. Faktanya, kebahagiaan bisa menjadi salah satunya.

“Bahkan aktivitas ringan pun dapat menyebabkan pelepasan endorfin, yang ketika membanjiri tubuh, dapat menyebabkan perbaikan suasana hati yang nyata,” kata Sacco kepada Health.

“Dengan logika ini, masuk akal bahwa memiliki pengalaman emosional yang lebih intens dan perasaan kewalahan hingga menangis adalah reaksi yang sangat mungkin terjadi terhadap olahraga yang lebih intens," lanjutnya.

Meskipun menangis saat berolahraga bukanlah hal yang “buruk,” ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika hal ini terjadi secara teratur. Termasuk apakah Anda berada dalam kondisi yang baik untuk menggunakan peralatan olahraga berat dengan aman.

Inilah pendapat para ahli tentang mengapa orang terkadang menangis di gym, dan apa yang harus dilakukan jika Anda menangis saat berolahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenapa Orang Bisa Menangis Saat Berolahraga?

"Situasi yang penuh tekanan atau tantangan dapat membuat seseorang lebih sering diliputi emosi—dan menangis. Jadi jika seseorang mengalami masa-masa sulit, tidak sulit untuk melihat mengapa hal itu bisa terjadi saat berolahraga," kata Foltz.

“[Berolahraga] di gym, Anda tidak memiliki ponsel, anak-anak, atau pekerjaan yang mengganggu Anda,” jelasnya. “Karena Anda menghilangkan gangguan tersebut, hal ini dapat membuka ruang di otak Anda untuk fokus pada emosi.”

Teori terkait adalah bahwa pelepasan fisik dari olahraga dapat menyebabkan pelepasan emosi dari perasaan yang terkubur atau belum diproses.

“Idenya [adalah] bahwa tubuh kita melepaskan sejumlah ketegangan dan emosi terpendam yang selama ini kita simpan—internalisasikan—untuk melewati bagian kehidupan kita sehari-hari,” kata Sacco.

“Kemudian, saat kita memaksakan diri melalui olahraga, kita kehilangan sebagian kemampuan untuk menahan semuanya," sambungnya.

"Menjadi emosional selama latihan tertentu bahkan bisa menjadi respons trauma," tambah Foltz. Misalnya, orang yang pernah lari dari keadaan berbahaya di masa lalu mungkin dipicu oleh tindakan fisik saat berlari.

Di sisi lain, menangis di gym juga bisa berasal dari emosi positif. Penelitian telah menemukan bahwa secara umum berolahraga dikaitkan dengan peningkatan suasana hati dan penurunan tingkat stres. Perubahan emosional ini, bagi sebagian orang, dapat menyebabkan air mata.

Orang mungkin juga mengalami air mata bahagia saat berolahraga jika mereka merasa berhasil.

“Hanya berolahraga, atau menyelesaikan latihan, dapat menimbulkan kebanggaan dan kepuasan yang besar dalam tugas tersebut,” jelas Sacco.

“Bagi sebagian orang, rasa bangga dan harga diri ini belum bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari, [dan] rasa bangga pada diri sendiri bisa menjadi pengalaman yang aneh bagi sebagian orang dan mengakibatkan luapan emosi," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Hal yang Harus Dilakukan Jika Ini Terjadi pada Anda

"Seperti halnya perasaan apa pun, penting untuk menyadari emosi yang muncul selama latihan daripada mengabaikannya," kata para ahli.

Baik Anda ingin meninggalkan gym atau sekadar beristirahat sejenak di ruang ganti, ada baiknya Anda berhenti sejenak dan mempertimbangkan apa yang menyebabkan perasaan Anda, karena menekannya tidaklah sehat.

"Respons Anda terhadap episode emosional ini harus dibentuk oleh frekuensinya dan apa yang Anda curigai sebagai penyebabnya," kata Foltz.

Jika Anda merasa menangis karena pemicu stres tertentu dan hal ini hanya terjadi satu kali, jawabannya mungkin adalah menjadwalkan ulang latihan Anda ke saat Anda lebih mampu fokus pada aktivitas fisik. Paling tidak, Anda mungkin ingin menghindari penggunaan mesin olahraga apa pun.

“Jika Anda berada dalam kondisi emosi yang berlebihan, Anda mungkin tidak fokus pada latihan seperti yang kami inginkan, yang dapat membuka kemungkinan terjadinya cedera," jelas Foltz.

Namun jika Anda mendapati diri Anda menangis berulang kali di gym dan tidak yakin alasannya, sebaiknya bicarakan dengan ahli kesehatan mental tentang apa yang menyebabkan perasaan ini.

“Jika Anda memiliki reaksi yang kuat terhadap olahraga, bicarakan dengan psikolog [atau] profesional lainnya,” kata Sacco.

Mereka dapat membantu Anda mengatasi apa pun yang mungkin menyebabkan emosi Anda, dan dapat membantu Anda mengembangkan rencana untuk berolahraga dengan aman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat