uefau17.com

Tangis Haru Warnai Kedatangan Kloter Pertama Jemaah Haji Asal Lampung di Rajabasa - Islami

, Lampung - Kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji Lampung atau kloter 03 JKG, telah kembali ke tanah air. Jemaah asal Bandar Lampung itu tiba di Asrama Haji Rajabasa, pada Minggu (23/6/2024).

Pantauan , sebanyak 388 jemaah haji dari tanah suci itu tiba di Asrama Haji Kota Bandar Lampung sekitar pukul 09.35 WIB. Ratusan jemaah ini terlihat menangis haru ketika turun dari bus yang telah dinantikan sanak saudara. 

Kedatangan mereka disambut Penjabat (Pj) Gubernur Lampung, Samsudin bersama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Puji Raharjo, Wakil Walikota Bandar Lampung Dedy Amarullah dan segenap pejabat terkait.

"Saya menyambut kedatangan jemaah haji kloter pertama Kota Bandarlampung. Alhamdulillah para jemaah dalam keadaan sehat. Walaupun ada yang sakit, wajar karena perjalanan yang cukup jauh," kata Samsudin.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada para pengelola jemaah haji Lampung, Kakanwil Kementerian Agama Lampung, para ulama, instansi terkait, TNI-Polri yang telah melaksanakan tugas dengan baik. 

Dia berharap jemaah haji yang telah tiba menjadi haji mabrur dan menjadi tauladan di masyarakat untuk lebih menggerakan keagamaan. 

"Baik untuk menjadi contoh di tempat kerja dan di masyarakat. Kita semua tentu berharap haji bukan sekedar keberangkatan, tetapi haji amanah Allah yang harus ditunaikan dan merupakan ciri muslim yang baik," harapnya.

Sementara, Puji Raharjo mengatakan bahwa kloter 03 JKG ini berjumlah 393 orang. Rinciannya, 387 jemaah dari Kota Bandar Lampung, 2 orang Tanazul (kepulangan lebih cepat) dari Waykanan, 1 orang wafat dan 3 orang jemaah Tanazul dari DKI Jakarta.

"Jemaah haji Lampung pada tahun ini sebanyak 7.301 orang. Dengan rincian 7.135 jamaah, petugas kloter 95 orang, petugas haji daerah 46 orang, jemaah lansia 1.598 orang dan jemaah menggunakan kursi roda 296 orang," jelasnya.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Jemaah Haji Asal Lampung Meninggal di Tanah Suci

Dia menuturkan, jemaah haji yang meninggal dunia di tanah suci tahun ini tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Per hari ini jemaah haji yang meninggal sebanyak enam orang.

Yakni, jemaah kloter JKG 30 atas nama Muhammad Qoiyim Syukuri dari Lampung Timur, JKG 36 atas nama Rasdiyanah Tahar Tamban Dari Kota Bandar Lampung. 

Kemudian JKG 30 atas nama Siti Rahmah Ahmad Baqo dari Lampung Timur, JKG 49 atas nama Sukarjo Ratmo Warsito Joyo dari Tanggamus, JKG 46 atas nama Taminem Siswo Suwito dari Tulangbawang Barat dan JKG 03 atas nama Hasnawi Hasanudin Yusuf dari Kota Bandar Lampung. 

"Yang meninggal sebagian besar karena lansia dan sakit dan kemarin ada yang kelelahan 1 orang. Dari 6 orang itu 5 karena sakit dan dirawat dirumah sakit dan 1 orang itu karena kelelahan. Semoga ini tidak nambah, tahun kemarin yang meninggal luar biasa banyak sebelum puncak haji saja sudah puluhan," tutur Puji.

Puji menyampaikan, kepulangan jemaah haji gelombang pertama akan berlangsung selama kurang lebih 11 hari. Mulai hari ini hingga Rabu 3 Juli 2024. 

"Sedangkan untuk kepulangan jemaah haji gelombang kedua akan dimulai dari 5 hingga 20 Juli mendatang. Tentu kita berharap proses kepulangan haji dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan," tutupnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat