uefau17.com

13 Bandara Siap Sambut Kepulangan 216 Ribu Jemaah Haji hingga 22 Juli 2024 - Bisnis

, Jakarta PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) melalui 13 bandara yang dikelola mulai melayani kepulangan para jemaah haji pada Angkutan Haji 2024.

Menurut jadwal, periode penerbangan kepulangan sebanyak 216 ribu jemaah haji atau debarkasi ini dimulai pada Sabtu (22/6/2024), serta dijadwalkan akan berlangsung hingga Senin (22/7/2024) mendatang.

Bandara Hang Nadim Batam menjadi bandara pertama yang melayani kepulangan jemaah haji. Ditandai dengan mendaratnya penerbangan yang mengangkut sebanyak 448 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 1 Batam pada Sabtu (22/6/2024) sore pukul 17.40 WIB.

"Terhitung mulai Sabtu (22/6) kemarin, InJourney Airports mulai melayani penerbangan yang mengangkut para jemaah haji yang pulang kembali ke Tanah Air. Syukur Alhamdulillah, pelayanan penerbangan berjalan dengan lancar," ujar Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi, Senin (24/6/2024).

InJourney Airports melalui 13 bandaranya telah memastikan kesiapan bandara, terutama yang berkaitan dengan infrastruktur bandara, prosedur operasional, serta pelayanan jemaah haji setibanya di bandara.

Periode Debarkasi

Pada periode debarkasi, Bandara Soekarno-Hatta Tangerang dijadwalkan akan melayani kepulangan jemaah haji terbanyak, yakni sebanyak 53.703 jemaah yang tergabung dalam 128 kloter. Proses debarkasi di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang dimulai pada 22 Juni, serta dijadwalkan berakhir pada 21 Juli.

Selengkapnya, untuk bandara yang mulai melayani kepulangan jemaah haji pada 22 Juni adalah Bandara Juanda Surabaya dengan 106 kloter, Bandara Hang Nadim Batam dengan 28 kloter, dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok dengan 13 kloter.

Bandara yang mulai melayani kepulangan jemaah haji pada 23 Juni adalah Bandara Adi Soemarmo Solo dengan 100 kloter, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 46 kloter, Bandara Kertajati Majalengka dengan 30 kloter, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dengan 19 kloter, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dengan 19 kloter.

Sementara Bandara Minangkabau Padang (17 kloter) dan Bandara Kualanamu Medan (25 kloter) akan melayani kepulangan jemaah haji secara bertahap yang dimulai pada 24 Juni, serta Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan akan melayani kepulangan 19 kloter yang dimulai pada 25 Juni.

Terakhir, Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh akan melayani kepulangan 12 kloter jemaah haji yang baru akan dimulai pada 10 Juli mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Kepulangan Jemaah Haji di 6 Bandara, Cek di Sini Tanggalnya

Sebanyak 6 Bandara debarkasi haji yang dikelola PT Angkasa Pura II mulai melayani dan menyambut kepulangan jemaah haji dari Tanah Suci.

Bandara-bandara itu antara lain:

  • Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang),
  • Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang),
  • Bandara Minangkabau (Padang),
  • Bandara Kualanamu (Deli Serdang),
  • Bandara Kertajati (Majalengka),
  • Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh).

Pgs SPV of Corporate Secretary PT Angkasa Pura II Cin Asmoro mengatakan, jumlah total penerbangan kedatangan jemaah haji di 6 bandara tersebut dijadwalkan 231 penerbangan.

"Seluruh stakeholder bandara telah berkoordinasi untuk memastikan kelancaran kedatangan jemaah haji pada tahun ini. Kami juga berterima kasih kepada Kementerian Agama, Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan atas dukungan dalam melayani angkutan haji 2024," ujarnya, Senin (24/6/2024).

Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia mulai melayani kepulangan jemaah haji dari Tanah Suci sejak 22 Juni-22 Juli 2024. Total penerbangan kedatangan jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 128 penerbangan.

Cin Asmoro menuturkan, seluruh petugas bandara, baik dari AP II maupun instansi lain seperti Bea Cukai, Imigrasi, Balai Besar Kekarantinaan dan Kesehatan, serta ground handling dan maskapai, dipastikan siap menyambut kedatangan jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta.

Terkait dengan alur kedatangan jemaah haji, setelah jemaah haji tiba di Bandara Soekarno-Hatta dan memproses kedatangan di Terminal 2F, jemaah haji kemudian akan langsung menuju asrama haji dengan bus.

 

3 dari 3 halaman

Proses Kedatangan

Sementara bagi jemaah haji asal Lampung, setelah memproses kedatangan di Terminal 2F kemudian menuju Terminal 3 untuk menunggu proses boarding ke pesawat guna menuju Lampung.

Adapun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) menyambut kepulangan jemaah haji pada 23 Juni-15 Juli 2024. Total penerbangan kedatangan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sebanyak 19 penerbangan.

Kemudian di Bandara Minangkabau (Padang), kepulangan jemaah haji dijadwalkan pada 24 Juni-13 Juli 2024 dengan sebanyak 17 penerbangan.

Sementara Bandara Kualanamu (Deli Serdang) melayani kepulangan jemaah haji pada 24 Juni-21 Juli 2024. Jumlah penerbangan pada periode ini dijadwalkan 25 penerbangan.

Di Bandara Kertajati (Majalengka), kepulangan jemaah haji pada 23 Juni-22 Juli 2024 melalui jumlah penerbangan sebanyak 30 penerbangan.

Lalu, Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) melayani dan menyambut kepulangan jemaah haji pada 10-22 Juli 2024 dengan jumlah penerbangan sebanyak 12 penerbangan.

Cin Asmoro menyatakan, keenam bandara tersebut telah mempersiapkan seluruh yang dibutuhkan dalam melayani dan menyambut kepulangan jemaah haji.

"Rencana operasi telah disiapkan termasuk alur kedatangan jemaah haji, operasional pesawat saat di bandara, hingga pengantaran bagasi ke asrama haji, yang tentunya memenuhi aspek keamanan, keselamatan pelayanan serta pemenuhan terhadap seluruh regulasi," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat