uefau17.com

Mengenal Lebih Dekat Kampung Siaga Bencana Desa Paas-Pameungpeuk Garut - Regional

, Garut - Kementerian Sosial (Kemensos) RI menetapkan Desa Paas, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB). Posisinya sebagai pintu gerbang kecamatan, membuat desa Paas cukup strategis menjadi KSB di pesisir selatan Garut.

“KSB hadir sebagai solusi inovatif di mana masyarakat didorong menjadi aktor utama dalam penanggulangan bencana,” ujar Tarwan, perwakilan Kemensos RI, dalam acara Simulasi Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana di Desa Paas, Sabtu (22/6/2024).

Menurutnya, pembentukan Kampung Siaga Bencana adalah komitmen pemerintah pusat membangun ketangguhan masyarakat, menghadapi situasi bencana seperti gempa bumi, tsunami, banjir, dan tanah longsor yang sering mengancam wilayah Indonesia.

“Masyarakat dibekali pengetahuan, keterampilan, dan sumber daya untuk merespons bencana dengan cepat dan tepat, serta membangun budaya siaga bencana,” papar dia.

Dalam pelaksanannya, tanggung jawab KSB bukanlah pemerintah semata, namun semua pihak yang ikut andil dalam menyelamatkan masyarakat saat menghadapi bencana.

“Jadikan KSB sebagai wadah untuk memperkuat solidaritas dan gotongroyong antar warga, serta meningkatkan kemampuan bersama dalam menghadapi bencana,” ujar dia.

Pj. Bupati Garut, Barnas Adjidin, menilai program ini cukup tepat mengingat wilayah Garut selatan, rawan bencana membutuhkan upaya mitigasi dari pemerintah dan masyarakat.

“Saya sangat mendukung, mudah-mudahan edukasi KSB membuat kita lebih siap dan tanggap terhadap bencana,” ujar dia.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tujuan Pembentukan KSB

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Sosial Garut, Aji Sukarmaji. Menurutnya, pembentukan KSB bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat, sekaligus meluaskan jangkauan wilayah bencana di Garut.

“Program ini juga bertujuan menyinkronkan program dan kegiatan penanggulangan bencana antara Kementerian Sosial dan lembaga terkait,” kata dia.

Selain Desa Paas, Kemensos RI telah membentuk KSB di beberapa wilayah Garut, antara lain Desa Sukamaju Kecamatan Talegong, Desa Sukanagara Kecamatan Cisompet, Desa Mandalakasih Kecamatan Pameungpeuk, Desa Karyasari Kecamatan Cibalong, Desa Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler, dan Desa Talagajaya Kecamatan Banjarwangi.

Kegiatan pembentukan KSB di Desa Paas dilaksanakan selama tiga hari, mencakup sosialisasi, pelatihan teknis, dan simulasi uji SOP KSB. Acara tersebut melibatkan berbagai unsur masyarakat, termasuk pemerintah daerah, TNI, Polri, Tagana, tokoh masyarakat, pelajar, dan organisasi masyarakat.

Dalam acara itu, Kemensos RI memberikan bantuan senilai Rp320.789.700 kepada Kabupaten Garut untuk kesiapsiagaan penanggulangan bencana. Bantuan itu berupa lumbung sosial KSB dan fasilitas pembentukan KSB di Desa Paas, serta program Tagana Masuk Sekolah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat