uefau17.com

Jadi Tambah Krispi, Ini Trik Bikin Telur Dadar Keriting Tanpa Hilangkan Protein - Citizen6

, Jakarta Selain daging ayam atau ikan, telur diketahui merupakan salah satu sumber protein yang cukup terjangkau. Melansir dari database Departemen Pertanian Amerika Serikat tahun 2018, telur mengandung 6,3 gram protein yang tersebar di bagian putih dan kuning.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak sekali olahan telur yang nikmat, terutama telur dadar keriting. Meskipun cenderung lebih mudah dibuat dan ditemui di warung makan, sayangnya beberapa orang masih sering gagal dalam membuat telur dadar keriting dan hasilnya tidak krispi.

Namun jangan khawatir, salah satu warganet YouTube/Uli's Kitchen memiliki trik tersendiri agar dadar keriting jadi tambah krispi tanpa kehilangan protein. Berikut selengkapnya pada Rabu (26/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Iris Kecil-kecil Bumbu Dapur

Pertama-tama, siapkan dan iris kecil-kecil bumbu dapur berikut di atas talenan:

●     3 Siung Bawang Putih

●     3 Siung Bawang Merah

●     2 Buah Cabai Merah Besar

●     5 Buah Cabai Rawit Merah

●     1 Batang Daun Bawang

 

3 dari 11 halaman

Kocok Telur dengan Bumbu Dapur

Siapkan mangkuk yang agak besar, lalu pecahkan lima butir telur di dalam mangkuk tersebut. Agar semakin nikmat, tambahkan 1 sdt garam, 1/2 sdt kaldu jamur dan 1/4 sdt merica bubuk ke dalam mangkuk.

Kocok lepas terlebih dahulu, baru tambahkan bumbu dapur yang sudah diiris tadi ditambah 2 sdm terigu. Aduk telur sampai benar-benar encer dan tercampur rata.

4 dari 11 halaman

Goreng Telur

Panaskan minyak terlebih dahulu pada wajan sampai benar-benar panas dengan api sedang, lalu tuangkan satu centung kocokan telur dadar.

Jika di satu sisi telur sudah terlihat kecoklatan, balikkan telur untuk mematangkan sisi yang lain. Tunggu sampai benar-benar kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan. Lakukan langkah ini sampai semua telur habis.

5 dari 11 halaman

Dadar Keriting Jadi Tambah Krispi dan Tidak Hilang Protein

Usai digoreng semua, sekarang telur dadar keriting jadi semakin krispi dan siap disajikan dengan nasi hangat. Rahasia agar dadar keriting jadi tambah krispi adalah minyak yang dipakai menggoreng harus benar-benar panas, tapi tetap gunakan api sedang.

Tidak hanya itu, protein dan nutrisi lain pada telur juga tidak hilang. Melansir dari healthline, telur yang digoreng secara deep fried tidak akan kehilangan nutrisi secara signifikan. Bahkan mengutip dari mayo clinic, telur yang digoreng juga tidak mengalami peningkatan kolesterol.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Telur Dadar

7 dari 11 halaman

Mengapa Disebut Telur Dadar?

Istilah 'dadar' diduga berakar dari kata 'lebar' atau 'memperluas'. Artinya, telur diaduk terlebih dahulu sebelum digoreng hingga melebar.

8 dari 11 halaman

Apa Beda Omelet dan Telur Dadar?

Telur dadar dan omelet pada dasarnya hanya memiliki sedikit perbedaan, yakni tekstur omelet yang lebih halus dan lembut dibandingkan dengan telur dadar.

9 dari 11 halaman

Telur Dadar Setengah Matang Namanya Apa?

Telur sunny side up adalah telur yang digoreng tanpa dibalik sehingga kuning telurnya tetap setengah matang. Menu ini digemari untuk sarapan karena mudah disajikan dan memiliki nilai gizi yang tinggi.

10 dari 11 halaman

Bolehkah Memanaskan Telur Dadar?

Seperti halnya ayam, telur juga tidak disarankan untuk dipanaskan kembali. Pemanasan berulang dengan suhu tinggi dapat merusak kandungan proteinnya dan membuatnya berpotensi beracun, yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

11 dari 11 halaman

Apa Telur Dadar Bagus untuk Diet?

Telur dadar adalah salah satu hidangan sarapan yang sangat digemari. Selain cita rasanya yang nikmat, telur dadar juga cocok dikonsumsi saat menjalani program diet. Hidangan ini mengandung 78 kalori dan dilengkapi dengan berbagai nutrisi penting.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat