uefau17.com

Riset: AI Bisa Bantu Kamu Bersaing di Lingkungan Kerja - Bisnis

, Jakarta - Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) memang dapat menggantikan beberapa pekerjaan. Namun jangan pesimistis pekerjaanmu bakal digantikan oleh AI. Alasannya, kamu justru bisa memanfaatkan AI untuk dapat memberikan keunggulan dalam persaingan di tempat kerja.

Survei Slack Workforce Lab pada Maret 2024 terhadap lebih dari 10.000 profesional menunjukkan sekitar 96% eksekutif merasa perlu untuk memasukkan Artificial Intelligence ke dalam operasi bisnis mereka.

Namun, kamu tidak sendirian jika merasa ragu dengan teknologi baru ini. Para peneliti tampaknya tidak dapat menyepakati apakah, dan bagaimana, para pekerja menggunakan Artificial Intelligence (AI).

Beberapa laporan menyatakan bahwa para profesional sangat antusias dan bereksperimen dengan AI, sementara yang lain mengatakan bahwa sebagian besar orang belum mencoba menggunakan alat bantu AI dalam pekerjaan mereka atau justru menghindarinya.

Menurut penelitian terbaru dari Microsoft dan LinkedIn, orang yang tidak belajar menggunakan AI berisiko kehilangan kesempatan berkarier dibandingkan dengan mereka yang sudah menggunakannya.

Laporan hasil survei yang dilakukan oleh Microsoft dan LinkedIn terhadap lebih dari 30.000 orang di 31 negara ini menunjukkan bahwa hampir 70% pemimpin perusahaan akan mempekerjakan pekerja dengan kemampuan AI dibandingkan dengan orang yang tidak punya kemampuan AI meskipun memiliki pengalaman kerja yang baik. 

"Mempelajari keterampilan dasar AI, seperti teknik yang cepat, pembelajaran mesin, atau literasi data, adalah jaminan terbaik untuk meningkatkan daya saing Anda terhadap orang-orang yang mungkin memiliki lebih banyak pengalaman," kata wakil presiden dan pakar tenaga kerja di LinkedIn, Aneesh Raman, sebagaimana yang dikutip dari CNBC, Rabu (26/6/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rencana Google dan Amazon Terapkan AI

Beberapa perusahaan termasuk Google dan Amazon telah mengumumkan rencana investasi untuk mengajarkan keterampilan AI kepada para pekerja mereka, namun inisiatif semacam itu bukanlah hal yang lazim karena laporan survei yang sama juga menemukan bahwa hanya 25% perusahaan yang berencana menawarkan pelatihan tentang alat AI generatif seperti ChatGPT dan Microsoft Copilot.

Terdapat beragam kursus online gratis yang bisa digunakan untuk mempelajari keterampilan AI. Berbagai kursus ini ditawarkan oleh perusahaan seperti IBM dan Google, serta lembaga-lembaga Ivy League seperti Universitas Harvard dan Universitas Pennsylvania.

Manajer umum Microsoft Copilot dan salah satu pendiri Microsoft WorkLab, Colette Stallbaumer, mengatakan bahwa hype seputar AI masih jauh dari puncaknya karena teknologi AI masih baru mulai berkembang.

3 dari 5 halaman

Taruhan Microsoft Berinvestasi ke AI

Tentu saja, Microsoft bertaruh besar pada AI. Pada bulan Mei, raksasa teknologi ini mengumumkan akan menginvestasikan $3,3 miliar (Rp5,3 miliar) selama empat tahun ke depan untuk membangun infrastruktur cloud dan AI.

"Kurang dari dua tahun setelah AI generatif muncul ke permukaan, kami melihat teknologi ini mulai diintegrasikan ke dalam proses kerja di berbagai industri," kata Stallbaumer. "Hal ini terjadi pada saat yang sangat penting di mana tekanan, volume, dan kecepatan kerja dari pandemi Covid-19 terus meningkat. Karyawan kewalahan dan beralih ke AI untuk mendapatkan bantuan." 

Alat bantu AI generatif khususnya telah mengalami lonjakan adopsi di tempat kerja, dengan penggunaan yang meningkat dua kali lipat dalam enam bulan terakhir.

Tidak hanya programmer dan insinyur yang bereksperimen dengan alat ini, profesi seperti arsitek, manajer proyek, dan asisten administrasi adalah beberapa pihak yang juga memiliki ketertarikan tinggi untuk menggunakan alat ini.

Industri non-teknologi termasuk perawatan kesehatan, keuangan, dan pemasaran mengadopsi teknologi AI dengan sangat cepat untuk merampingkan operasi bisnis dan meningkatkan produktivitas, menciptakan permintaan yang tinggi dan peluang kerja baru bagi para profesional yang terampil dalam alat-alat ini.

4 dari 5 halaman

Generasi Z Dapat Pakai AI Majukan Karier

Karena semakin banyak pemimpin yang menuntut keterampilan AI pada karyawan baru, pelamar yang lebih muda dengan keahlian AI akan memiliki akses yang lebih besar ke peluang kerja dibandingkan rekan-rekan mereka yang lebih berpengalaman namun tidak memiliki keterampilan tersebut. 

Dalam survei yang dilakukan Microsoft dan LinkedIn, Gen Z, sebagai penduduk asli digital, lebih cenderung menggunakan alat ini di tempat kerja dibandingkan dengan kolega mereka dari generasi milenial, Gen X, dan Baby Boomer, demikian temuan Microsoft dan LinkedIn.

Terlebih lagi, 77% pemimpin mengatakan bahwa talenta yang berada di awal karier dengan keterampilan AI akan diberikan tanggung jawab yang lebih besar di tempat kerja. 

5 dari 5 halaman

Pengaruh AI kepada Bos dan Karyawan

Raman mengatakan bahwa AI juga dapat membantu para profesional muda untuk memajukan karier mereka dengan memberikan akses yang lebih cepat untuk mendapatkan nasihat karier yang sesuai, riset pasar, dan wawasan berbasis data lainnya yang dapat membantu mereka merasa lebih percaya diri dan kompeten dalam pekerjaan mereka.

Wakil Presiden Pendidikan Global dan Pengembangan Tenaga Kerja IBM, Lydia Logan, berharap bahwa integrasi AI yang cepat di tempat kerja akan memicu perubahan yang signifikan pada tanggung jawab pekerjaan di tingkat pemula.

"Ketika saya memikirkan pekerjaan pertama yang saya miliki, banyak hal yang saya lakukan adalah menjawab telepon, mengatur file, dan itu masih menjadi pekerjaan banyak orang," katanya.

"Banyak dari tugas-tugas administratif yang sekarang dapat diotomatisasi dengan AI, yang memberikan ruang bagi pekerja tingkat pemula untuk mengambil tanggung jawab yang mungkin dimiliki oleh orang yang berada satu atau bahkan dua tingkat di atas mereka dalam jenjang karier perusahaan."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat