uefau17.com

Standar Emisi Makin Ketat dan Tren Sepeda Listrik Bunuh Honda Super Cub - Otomotif

, Tokyo - Menghadapi standar emisi yang lebih ketat untuk diterapkan pada akhir 2025 di Jepang, Honda memutuskan akan hengkang dari moped alias motor bebek kecil. Hal ini berarti akan turut menyuntik mati seri motor legendaris Super Cub 50cc.

Dilansir dari Nikkei Asia, hal itu akan dilancarkan pada Mei 2025 mendatang. Meski Honda menguasai sekitar 80 persen pangsa pasar segmen kendaraan ini di Jepang, jenama berlambang sayap kepak ini melihat kecil kemungkinan untuk menjualnya secara luas.

Akibat ketatnya regulasi terkait emisi gas buang berbahaya, merancang konverter katalitik yang sesuai dengan peraturan baru menjadi lebih sulit bagi mesin 50cc. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk waktu yang diperlukan agar komponen mencapai suhu yang optimal.

Kesulitan tersebut berarti biaya pengembangan yang lebih besar. Suku cadang tambahan yang diperlukan untuk meloloskan motor berkapasitas kecil ini mematuhi undang-undang emisi baru akan mendorong kenaikan harga dari yang awalnya seharga 200-300 ribu yen (Rp 20,5-30,8 juta) menjadi 300-450 ribu yen (Rp 30,8-46,2 juta), sama bahkan melampaui harga motor 125cc.

Peningkatan ini kontra dengan penjualan motor bebek 50cc yang sedang menurun.

Penjualan moped merosot karena penggunaan sepeda listrik yang kini semakin meningkat. Tahun lalu, tercatat hanya 92.824 moped dengan mesin hingga 50cc diekspor dari Jepang. Angka ini hanya mewakili 3 persen pada puncak kepopulerannya pada 1982, di mana saat itu ada 2,78 juta unit dikapalkan.

Namun, ini bukanlah akhir dari nama Super Cub secara menyeluruh, karena varian berkapasitas lebih besar, termasuk Super Cub C125, kemungkinan akan tetap ditawarkan untuk saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sekilas Tentang Super Cub

Motor bebek kecil sempat menjadi andalan di jalan-jalan Jepang selama ledakan ekonomi pasca-perang. Harganya yang terjangkau dan penghematan bahan bakar yang baik menjadikan kendaraan ini populer di kalangan masyarakat Jepang, mulai dari pelajar hingga pekerja.

Honda memimpin di segmen ini dengan merilis Super Cub C100 49cc yang ikonik pada tahun 1958. Seri Super Cub adalah kendaraan roda dua terlaris Honda di seluruh dunia. Lebih dari 110 juta telah dibuat terhitung sejak tahun 58.

Honda Jepang saat ini menjual berbagai moped di bawah 50cc, termasuk Super Cub, Cross Cub, skuter Benly, dan CRF50F.

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat