uefau17.com

Review Asus Zenbook Duo 14 OLED UX8406MA, Laptop Dua Layar buat Si Paling Produktif - Tekno

, Jakarta - Asus selalu menghadirkan laptop yang memiliki desain dan fitur unik, kali ini mereka mengeluarkan seri baru, yakni Zenbook Duo 14 OLED UX8406MA. Laptop ini menghadirkan dua layar sekaligus, untuk memaksimalkan produktivitas sekaligus membuka kemungkinan tak terbatas pada multitasking.

Sesuai namanya, Asus Zenbook Duo 14 OLED memiliki dua layar yang mungkinkan penggguna untuk lebih produktif dengan mampu menjalankan lebih banyak aplikasi di dua layar yang terletak di sisi atas dan sisi bawah laptop.

Dua layar Zenbook Duo baru ini dihadirkan memiliki kualitas visual tak main-main, dengan menggunakan panel OLED beresolusi 3K dan mendukung refresh rate 120Hz, dijanjikan kualitas gambar ditampilkan terlihat cemerlang.

Kedua panel tersebut juga memiliki kemampuan layar sentuh (Touchscreen), yang mungkinkan pengguna berkreasi lebih fleksibel.

Demi menjalankan produktivitas tak terbatas, Zenbook Duo 14 OLED UX8406M dipersenjatai Intel Core Ultra 7 155H, yang memiliki performa luar biasa di kelasnya.

Terlebih lagi ditambah dengan chip Neural Processing Unit (NPU) terintegrasi di prosesor tersebut, laptop ini sanggup jalankan aplikasi dan fitur berbasis kecerdasan buatan (AI).

Dengan segala kecanggihan yang dimiliki, apakah laptop Asus ini bisa menjadi pilihan utama bagi para profesional kreatif atau pengguna yang menginginkan portabilitas dan performa maksimal di sebuah laptop?

Mari kita selami lebih lanjut dalam ulasan Tekno mengenai Asus Zenbook Duo OLED UX8406MA. Simak selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Desain

Zenbook Duo 14 OLED UX8406MA ini mengusung tipe desain laptop klasik (clamshell) dengan pinggiran tegas di sekeliling bodi. Laptop ini hadir dengan warna Inkwell Gray.

Untuk bahan bodi, laptop ini menggunakan bahan alumunium. Kami merasa laptop ini sangat kokoh ketika dibawa. Rupanya, laptop ini telah tersertifikasi Military Grade Mil-STD 810H, yang menjamin ketahanan laptop ini.

Desain punggung dari laptop ini terlihat elegan dan sederhana. Tampak logo Asus Zenbook yang besar di sebelah kanan namun terlihat samar-samar, disertai tulisan "ASUS Zenbook" di sebelah kiri atas punggung.

Nilai plus lain dari laptop Asus ini ialah engsel layar utama yang dapat dibuka hanya dengan satu tangan saja, menandakan bahwa laptop ini merupakan seri laptop premium. Tak hanya itu, engsel tersebut dapat dibuka hingga 180 derajat.

Terdapat beberapa lubang pembuangan udara (exhaust) yang berada di sisi kiri, kanan, dan belakang laptop untuk memberikan sirkulasi udara optimal. Secara keseluruhan, bahasa desain laptop ini mampu berikan kesan eksklusif dan mahal.

 

Sebagai informasi, laptop ini punya sertifikasi Intel Evo, yang beri jaminan kalau laptop ini hadirkan performa, layar, hingga ketahanan daya baterai yang prima dalam bodi yang tipis dan ringan.

Meski menyabet sertifikasi Intel Evo, bodi dari laptop ini terlihat tebal dibandingkan dengan laptop Evo lainnya. Namun, hal itu wajar karena terdapat satu layar tambahan di sisi bawah sekaligus keyboard yang bisa dilepas pasang.

Beralih ke colokan, laptop ini memiliki beragam port yang lengkap, seperti 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 di sebelah kiri, sedangkan di sisi kanan laptop terdapat 1x HDMI 2.1, dan 1x 3.5mm Combo Audio Jack.

3 dari 9 halaman

Layar

Sektor layar merupakan hal yang dibanggakan oleh Asus. Tak seperti laptop pada umumnya, Zenbook Duo 14 OLED UX8406MA memiliki dua layar sekaligus. Ketika laptop dibuka, layar tersebut masing-masing berada di sisi atas dan sisi Bawah.

Saat dipandang, kedua layar itu terlihat sangat tajam, berkat penggunaan panel OLED beresolusi 3K (2880 x 1800 piksel) yang lebih tajam dari panel 2K (2560 x 1440 piksel) di laptop dengan kisaran harga serupa.

Kedua layar tersebut juga sudah mendukung refresh rate 120Hz untuk menampilkan gerakan lebih mulus dari layar 60Hz di kebanyakan laptop. Kecepatan refresh dari kedua layar tadi juga bisa diatur ke 60Hz jika ingin baterai laptop ini lebih awet.

Tak hanya itu, layar ini juga memiliki tingkat kecerahan 400nits untuk SDR (Standart Dynamic Range) dan 500nits untuk menampilkan konten HDR (High Dynamic Range).

Selain tajam dan responsif, kedua layar itu juga sangat cocok untuk menikmati konten hingga editing serius, berkat dukungan cakupan warna 100% DCI-P3 color gamut. Bahkan, layar laptop ini memiliki tingkat warna hingga 1.07 miliar warna.

Klaim tersebut juga didukung oleh sertifikasi Pantone Validated, yang menjamin keakuratan warna saat mengedit di kedua layar Asus Zenbook Duo OLED UX8406M.

Laptop ini juga mendukung sertifikasi VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, yang menjamin setiap mata akan terpesona saat menonton konten HDR kedua layar ini.

Yang tak kalah penting, kedua layar ini juga sudah memiliki kemampuan layar sentuh (Touch Screen), sehingga memudahkan pengguna yang ingin menggambar di tablet ini. Tak lupa, Asus juga menyertakan stylus Asus Pen untuk mengakomodir kebutuhan menggambar di laptop ini.

Asus juga memberikan lapisan kaca Corning Gorilla Glass di kedua layar ini, sehingga pengguna tidak perlu khawatir layar akan cepat tergores saat menggunakan layar untuk menggambar atau sekedar bernavigasi.

4 dari 9 halaman

Spesifikasi

Sebagai laptop yang ditunjukkan untuk kelas profesional, Asus Zenbook Duo OLED UX8406MA dipersenjatai prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H. Prosesor ini terdiri dari 16 core (6 core performa, 8 core efisiensi, dan 2 core hemat daya).

Kombinasi core ini akan membantu laptop untuk menyesuaikan performa tergantung aplikasi yang dipakai. Hal ini akan membuat laptop akan memiliki daya yang lebih hemat jika menjalankan aplikasi ringan, dan menghadirkan performa terbaik saat menjalankan aplikasi berat ataupun bermain game.

Prosesor tersebut ditemani dengan GPU terintegrasi Intel Arc Graphics. GPU tersebut memiliki teknologi yang sama dengan VGA Dedicated Intel Arc yang ada di PC desktop.

GPU dari Intel ini pula mendukung Ray Tracing untuk menjalankan game yang mendukung fitur tersebut, dan encoding video AV1 yang dapat digunakan sebagai akselerasi saat mengedit video, sehingga saat editing ataupun rendering akan terasa lebih cepat.

Untuk memori, laptop ini dibenamkan RAM 16GB LPDDR5X dual channel yang memiliki frekuensi 7467MHz. Sebagai informasi, RAM tersebut merupakan tipe terkencang yang ada di laptop dengan prosesor Core Ultra 7.

Tak hanya memiliki RAM kencang, laptop Asus ini juga dipasang penyimpanan yang gesit. Asus Zenbook Duo 14 OLED UX8406MA ditanamkan SSD 1TB berteknologi NVMe PCIe Gen 4, yang memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih cepat dari tipe NVMe Gen 3.

5 dari 9 halaman

Performa dan Gaming

Gabungan elemen tersebut berhasil menciptakan pengalaman bekerja yang lebih gesit. Zenbook Duo OLED UX8406MA sanggup menjalankan banyak tab Google Chrome, memutar streaming lagu, membaca artikel, dan membuka aplikasi meeting online dengan lancar tanpa hambatan.

Klaim yang kami katakan juga terlihat dari uji benchmark Cinebench R23. Pada pengujian tersebut, prosesor di laptop ini mampu hasilkan skor 1638 untuk single core dan 13416 untuk skor multi core.

Hasil skor benchmark tinggi tersebut juga dibuktikan dengan beragam uji aplikasi editing. Sebagai contoh, pada pengujian Adobe Premiere Pro 2020, laptop ini mampu merender video beresolusi 4K berdurasi 2 menit 30 detik selama 3 menit 30 detik.

Kami juga telah mencoba beberapa game di laptop ini. Saat dicoba menjalankan game Farcry 5 di resolusi 1680x1050 dengan graphics quality low, laptop ini bisa menjalankan game ini di rata-rata frame rate 54 FPS tanpa mengalami frame drop.

Selain itu, kami juga mencoba game Valorant di laptop ini. Saat dimainkan, game ini berjalan dengan mulus di frame rate 135-150 FPS pada setting graphics low dan resolusi.

Tak hanya itu, game Fall Guys setting medium resolusi FHD dapat dimainkan dengan sangat mulus di frame rate 85-105 FPS.

Terakhir, kami mencoba Genshin Impact. Hasilnya, Zenbook Duo OLED mampu melibasnya di rata-rata 35-45 FPS setting Medium.

Kesimpulannya, Asus Zenfone Duo OLED UX8406M mampu menghadirkan performa tinggi untuk membantu pekerjaan berat, sekaligus bisa diajak untuk bermain game dengan mulus, tergantung pengaturan grafis yang diatur berkat penggunaan prosesor Intel Core Ultra 7 155H yang dipadukan dengan Intel Arc Graphics serta RAM dan SSD kencang.

6 dari 9 halaman

Mode Penggunaan

Berkat hadirnya dua layar, laptop Asus Zenbook Duo 14 OLED UX8406M bisa dipakai dalam berbagai mode penggunaan. Berikut diantaranya:

Mode Laptop

Mode ini merupakan tipe penggunaan layaknya memakai laptop pada umumya, dengan keyboard menutup layar bagian bawah, tipe penggunaan ini cocok bagi pengguna yang ingin menggunakan Asus Zenbook Duo OLED layaknya laptop biasa.

Mode Dual-screen dengan Virtual Keyboard

Penggunaan mode ini mirip dengan cara pakai laptop pada umumnya. Pun demikian, layar dibawah dapat difungsikan sebagai keyboard virtual. Caranya, cukup lepas keyboard dari atas layar bawah, kemudian ketuk layar bawah dengan enam jari.

Setelah itu, akan muncul keyboard yang memenuhi setengah layar. Terdapat ruang yang dapat dipakai untuk memunculkan dua aplikasi untuk mempermudah multitasking.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa memanfaatkan berbagai widget, seperti handwriting, numpad, dial pad, number key, dan widget lainnya.

Ukuran keyboard tersebut juga bisa diubah menjadi lebih besar, dengan usap enam jari dari bawah ke atas, nantinya keyboard akan muncul berbarengan dengan touchpad virtual. Touchpad tersebut juga bisa diatur ukurannya.

Mode Dual-screen dengan Keyboard Bluetooth

Selanjutnya ada mode Dual-screen dengan keyboard Bluetooth. Mode ini dapat memanfaatkan layar kedua untuk menampilkan lebih banyak aplikasi.

Cara menggunakan mode ini ialah buka kickstand yang terletak di bawah laptop, lalu lepas keyboard dan taruh di layar kedua.

Fitur ini mungkinkan pengguna untuk membuka aplikasi hingga delapan aplikasi secara bersamaan. Cara ini bisa tingkatkan produktivitas pengguna sebab akan ada lebih banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan menjalankan aplikasi bersamaa lebih banyak dari laptop dengan satu layar.

Bukan hanya itu, pengguna juga bisa membuka satu aplikasi dengan ukuran yang lebih memanjang, dengan cara melakukan gesture lima jari. Cara ini bisa dimanfaatkan untuk menampilkan konten dengan jauh lebih luas.

Pengguna juga bisa memindahkan aplikasi di layar pertama ke layar kedua dengan cara menekan tombol F8.

Mode Vertikal

 

Mode ini mirip dengan mode Mode Dual-screen dengan Keyboard Bluetooth. Bedanya, pengguna bisa memiringkan laptop agar memiliki tampilan laptop vertikal.

Caranya, buka kickstand yang terletak di bawah laptop, lalu lepas keyboard dan taruh di layar kedua.

Lalu, miringkan laptop ke sisi kiri, maka tampilan di layar secara otomatis menyesuaikan posisi laptop.

Mode ini dapat dimanfaatkan untuk menampilkan konten memanjang, seperti artikel, kode programming, konten reels, dan lain sebagainya.

 

7 dari 9 halaman

Keyboard dan Stylus Asus Pen

Laptop ini hadir dengan dua aksesoris, yakni keyboard Bluetooth dan stylus Asus Pen. Kami menyebut keyboard ini sebagai aksesoris karena keyboard terpisah dengan bodi laptop.

Keyboard di laptop ini memiliki tombol yang cukup besar, sehingga memudahkan pengguna yang memiliki jari besar, dan mengurangi risiko salah pencet (typo).

Touchpad di keyboard terletak di tengah bawah keyboard serta sejajar dengan bodi keyboard (center to body), touchpad tersebut juga memiliki ukuran yang cukup besar. Permukaan di touchpad ini terasa halus dan licin, sehingga bernavigasi menggunakan touchpad ini terasa lebih nyaman.

Kemudian, terdapat stylus Asus Pen. Pena ini disertakan di kotak penjualan Asus Zenbook Duo 14 OLED UX8406MA. Stylus ini dapat digunakan dengan baik di kedua layar laptop ini.

Asus Pen memiliki tingkat sensitivitas di 4096 Pressure Level, sehingga cocok dipakai untuk pengguna yang berkecimpung di dunia desain dan artistik.

 

8 dari 9 halaman

Kamera dan Perekaman

Soal perekaman video, laptop ini mengusung kamera dengan resolusi 1080p 30FPS. Saat dicoba, laptop ini bisa hasilkan video yang sangat jernih, bahkan, kualitas kamera ini saat dicoba untuk meeting online lebih tajam dan cemerlang dari beberapa ponsel Android.

Pun demikian dengan kualitas perekaman audio di laptop ini. Saat dicoba, suara yang ditangkap terdengar sangat jelas dan jernih, sehingga laptop ini cocok dijadikan sebagai teman meeting online kamu.

Baterai

Zenbook Duo OLED UX8406MA memiliki baterai yang cukup besar, yaitu 75Wh. Kami menguji kemampuannya dengan memutar streaming YouTube, di mode Balanced, kecerahan layar 50 persen, resolusi 3K 120Hz, volume 60 persen, serta Bluetooth dan Wi-Fi menyala.

Hasilnya, laptop ini dapat bertahan selama 6 jam 20 menit. Hasil tersebut terbilang sangat awet mengingat kami mengujinya dengan kecerahan cukup tinggi dan terkoneksi ke sumber internet.

Pengguna juga bisa mengatur beberapa setelan agar baterai laptop ini dapat bertahan lebih lama lagi.

Untuk sektor pengisian daya, laptop ini disertakan kepala charger dengan output 65W. Laptop ini dapat diisi dari kondisi baterai 5 persen ke 100 persen dalam waktu 1 jam 50 menit. Durasi tersebut terbilang cepat mengingat baterai di laptop ini berkapasitas besar.

9 dari 9 halaman

Kesimpulan

Asus Zenbook Duo OLED UX8406MA bisa jadi pilihan menarik bagi pengguna yang ingin pengalaman bekerja yang lebih imersif di sebuah laptop.

Hadirnya layar kedua di laptop ini sukses berikan pengalaman yang berbeda saat menggunakan perangkat ini.

Terlebih kedua layar tersebut mampu memanjakan mata, dengan kualitasnya yang jempolan. Tak hanya untuk kebutuhan editing, layar ini juga sangat cocok untuk menikmati hiburan dan streaming konten.

Dua layar tersebut juga memberikan lebih banyak pilihan untuk pengoperasian laptop ini. Adapun layar tersebut juga dapat dioperasikan sesuai preferensi

Prosesor Intel Core Ultra 7 155H diusung juga sanggup tingkatan produktivitas pengguna, ditambah dengan kapasitas RAM dan penyimpanan besar dan cepat.

Laptop ini juga sangat bisa diandalkan untuk kegiatan meeting daring, berkat kamera tersebut dapat hasilkan video dengan sangat tajam dan jernih.

Baterai dari laptop ini pun juga terbilang sangat awet, dan juga dapat diisi dengan cukup cepat.

Meski memiliki berbagai kelebihan, terdapat kekurangan bisa jadi pertimbangan. Diantaranya kipas dari laptop ini yang terdengar cukup berisik saat menjalankan aplikasi berat.

Selain itu, keyboard laptop ini terkadang tidak dapat terkoneksi ke Pin Connector dengan baik, sehingga diperlukan penyesuaian agar keyboard dapat tersambung.

Desain dari laptop ini bisa terbilang cukup tebal untuk laptop bersertifikasi Intel Evo, namun hal tersebut bisa dimaklumi.

Kalau kamu mencari laptop yang tak hanya unik namun juga dapat membantu pekerjaan dengan dua layar tanpa perlu membawa perangkat tambahan, Asus Zenbook Duo OLED UX8406MA bisa jadi pilihan yang pas untuk dilirik.

Dengan harga Rp 34.999.000, kamu sudah bisa bawa pulang laptop ini dan jadi si paling produktif di kantor.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat