uefau17.com

Cek Harga Minyak Mentah Dunia Terbaru di Sini, Awal Lonjakan - Bisnis

, Jakarta Harga minyak mentah berjangka naik 1% pada hari Senin dan berpotensi membukukan kenaikan untuk bulan ini.

Kenaikan harga minyak dunia ini karena tanda-tanda mengarah pada penguatan permintaan bensin di AS dan ketegangan geopolitik kembali memanas di Timur Tengah.

Harga minyak turun pada hari Jumat, memutus rentetan kenaikan baru-baru ini, tetapi ditutup hampir 3% lebih tinggi di akhir pekan. West Texas Intermediate (WTI) dan Brent berada di jalur untuk kenaikan bulanan masing-masing sebesar 6% dan 5,4%.

Minyak mentah AS membukukan bulan terburuknya di tahun ini pada Mei, tetapi harga telah pulih karena harapan pasar akan menegang di tengah permintaan bahan bakar musim panas.

Berikut adalah harga energi penutupan hari Senin, dikutip dari CNBC, Selasa (25/6/2024):

  • Kontrak WTI Agustus: USD 81,63 per barel, naik 90 sen, atau 1,11%. Tahun berjalan, minyak AS naik 13,9%.
  • Kontrak Brent Agustus: USD 86,01 per barel, naik 77 sen, atau 0,9%. Tahun berjalan, patokan global ini naik 11,6%.
  • Kontrak Bensin RBOB Juli: USD 2,51 per galon, sedikit berubah. Tahun berjalan, bensin naik 19,4%.
  • Kontrak Gas Alam Juli: USD 2,81 per seribu kaki kubik, naik 3,92%. Tahun berjalan, gas telah naik 11,8%.

"Alasan utama di balik penguatan harga, bagaimanapun, adalah kepercayaan yang tumbuh bahwa persediaan minyak global pasti akan anjlok selama musim panas di belahan bumi utara," kata Tamas Varga, analis dari pialang minyak PVM, dalam sebuah catatan pada hari Senin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketegangan Israel-Lebanon

Ryan McKay, ahli strategi senior komoditas di TD Securities, mengatakan risiko pasokan sekarang kembali menjadi fokus karena ketegangan yang meningkat di perbatasan Israel-Lebanon.

Israel dan kelompok milisi yang didukung Iran, Hizbullah, telah saling melontarkan ancaman perang dalam beberapa pekan terakhir.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Israel akan mengerahkan kembali pasukan ke utara negara itu saat fase intensif perang di Gaza berakhir.

"Lonjakan baru dalam indikator risiko pasokan energi kita dapat semakin mendukung aksi harga dalam waktu dekat," kata McKay kepada klien dalam catatan pada hari Senin, tetapi ahli strategi tersebut berpendapat bahwa dana akan mulai melikuidasi posisi long jika WTI turun di bawah USD 81 per barel.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengklaim pada hari Senin bahwa Kyiv telah menyerang lebih dari 30 kilang minyak, terminal, dan pangkalan minyak Rusia tanpa memberikan kerangka waktu kapan serangan itu terjadi.

 

3 dari 3 halaman

Prediksi Pasokan Minyak

Goldman Sachs, JPMorgan, dan Citi semuanya memperkirakan bahwa persediaan akan mulai turun karena permintaan bahan bakar OPEC+ mempertahankan pengurangan produksi hingga Oktober.

Persediaan minyak mentah, bensin, dan distilat AS turun untuk pekan yang berakhir 14 Juni, data terbaru yang tersedia. JPMorgan mengatakan konsumsi bensin melonjak menjadi 9,4 juta barel per hari pada minggu yang sama, level tertinggi untuk periode tersebut sejak pandemi berakhir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat