uefau17.com

5 Cara Mengatasi Kesepian di Kalangan Karyawan - Bisnis

, Jakarta Kesepian di kalangan pekerja meningkat secara global.

Berdasarkan laporan Gallup State of the Global Workplace yang dirilis pada 12 Juni, sebanyak 20% karyawan di seluruh dunia mengalami kesepian setiap hari. Melansir CNBC, ditulis Selasa (25/6/2024).

Untuk mereka yang selalu bekerja dari rumah dan pekerja di bawah usia 35 tahun, angka kesepian bahkan lebih tinggi, yaitu masing-masing 22% dan 25%.

Secara global, kesejahteraan karyawan menurun pada tahun 2023, terutama di antara karyawan yang lebih muda (di bawah usia 35 tahun), menurut studi tersebut.

Tidak hanya kesepian, tetapi stres, kesedihan, dan kemarahan juga meningkat, menurut jajak pendapat Gallup.

"Penurunan kesehatan mental global sangat mengkhawatirkan. Beberapa orang khawatir kita sedang kehilangan kendali," kata CEO Gallup, Jon Clifton, dalam laporan tersebut.

"Jika kesehatan mental manusia menurun dengan cepat selama era kemajuan dan kemakmuran yang luar biasa, ini akan menjadi salah satu paradoks terbesar zaman kita," tulisnya.

Studi ini mengumpulkan data dari Gallup World Poll yang dilakukan di lebih dari 160 negara dan wilayah di seluruh dunia.

"Kerja memainkan peran sentral dalam identitas kita, kehidupan sosial kita, keuangan kita, kesehatan kita, dan keterlibatan kita dalam komunitas," kata ilmuwan utama Gallup untuk tempat kerja, Jim Harter.

"Kita semua telah mengalami perubahan di tempat kerja sejak pandemi melanda sekitar tahun 2020—ada beberapa konsekuensi tak terduga dari fleksibilitas dan jarak fisik yang bisa berubah menjadi jarak mental," kata Harter.

Karena kesepian menjadi endemik, sangat penting bagi anda menemukan cara untuk melindungi diri dari kesepian tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Atasi Kesepian Menurut Psikolog Klinis Dr. Annabelle Chow

Pahami Kesepian

Pertama-tama, kita harus menyadari bagaimana kita memandang kesepian. Penting untuk menerima bahwa kesepian adalah perasaan manusia yang sangat umum.

Kesepian adalah pengalaman emosional yang wajar dan tepat, dan setiap orang mengalaminya.

"Kesepian bukan masalahnya, tetapi bagaimana kita memandang kesepian—jika kita memandangnya sangat negatif, maka respons kita terhadapnya menjadi sangat negatif, dan masalahnya semakin besar." kata Chow

Sebaliknya, kita harus mengambil pendekatan yang sehat, seimbang, dan netral sehingga kita dapat mengelola perasaan tersebut lebih efektif.

Kita harus berusaha menemukan sumber dari perasaan tersebut. Apakah kita kurang interaksi yang cukup selama hari-hari kita? Atau meskipun berada di sekitar banyak orang, kita tidak merasa dilihat, dipahami, atau dihargai?

Memahami hal ini akan membantu menentukan langkah selanjutnya.

Koneksi Bermakna

Apa yang membuat hidup bahagia adalah koneksi yang bermakna," kata Chow.

Tanpa ini, orang akan merasa kesepian, bahkan jika mereka memiliki semua kenyamanan di dunia. Jika seseorang merasa kurang interaksi sosial, Chow menyarankan untuk berusaha mengembangkan hubungan yang bermakna dengan teman dan rekan kerja.

Ikuti pertemuan kantor, dekati orang dengan keterbukaan, dan letakkan diri Anda dalam situasi di mana Anda bisa terhubung dengan orang lain.

"Jika kita tidak memberi orang kesempatan untuk memahami kita, jika kita tidak berinteraksi dengan orang lain, maka kita tidak akan memberi diri kita kesempatan untuk mengembangkan hubungan. Jika kita tidak mengembangkan hubungan, kita tidak memiliki apa-apa untuk diandalkan saat masa sulit," kata Chow.

Penting juga untuk mengembangkan berbagai jenis teman. Memiliki teman untuk berpesta, teman kerja, dan teman "curhat", serta kesadaran untuk mengetahui teman mana yang harus dihubungi kapan, katanya.

Mengembangkan hubungan ini sebelumnya akan membantu mengatasi kesepian ketika datang.

Kebiasaan Sehat

Jika saya menghabiskan seluruh akhir pekan di sofa tanpa melakukan apa-apa dan hanya terus-menerus melihat media sosial, maka secara alami setelah merasa cukup istirahat, saya akan merasa kesepian," kata Chow.

Namun, memiliki kebiasaan sehat dan rutinitas yang teratur akan membantu mengatasi situasi tersebut.

"Jika Anda memiliki sesuatu yang terjadwal secara rutin, misalnya, kelas yoga rutinitas harian tersebut dapat membantu menghilangkan waktu luang yang bisa memperkuat kesepian," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Reframing Kognitif

Terkadang, perasaan kesepian datang dari proyeksi diri kita sendiri.

"Banyak pasien saya mengalami kesepian, dan ketika kita membahasnya secara mendalam, kita menyadari mereka memiliki ide tentang bagaimana orang lain memandang mereka, yang mungkin atau mungkin tidak benar, tetapi kemudian mereka merespons versi mereka tentang apa yang mereka pikirkan," kata Chow.

Misalnya, jika saya berpikir orang lain tidak menyukai anda, entah itu mungkin atau tidak benar, tetapi anda akan menjadi lebih hati-hati, lebih defensif dan konsekuensi alami dari itu adalah hubungan tersebut tidak mungkin berkembang," katanya.

Obatnya adalah menantang dan merestrukturisasi pikiran Anda, kata Chow. Alih-alih hanya membawa asumsi, lakukan percakapan jujur.

Lakukan Perubahan Lingkungan

Satu rekomendasi yang sering Chow berikan adalah keluar dari lingkungan di mana Anda merasa kesepian.

"Jika saya terkurung di kamar saya sepanjang hari dan merasa sangat kesepian, maka tindakan segera adalah keluar dari kamar." Jika Anda telah berbaring sepanjang hari, maka Anda harus melakukan "tindakan berlawanan," kata Chow.

Berjalan-jalan, atau mengikuti kelas olahraga di YouTube. Jika Anda telah terisolasi sepanjang hari, maka menelepon keluarga, pergi makan siang dengan teman, atau berinteraksi dengan mereka di media sosial.

Air adalah strategi ajaib yang luar biasa jadi bisa berupa mandi, berenang di kolam, masuk ke jacuzzi, mandi, membuat minuman untuk diri sendiri, dan melakukan semacam perawatan diri," kata Chow.

Sering kali, melakukan aktivtias tersebut dalam momen kesepian dapat membantu menghilangkan perasaan tersebut.

Dengan memahami dan mengatasi kesepian, kita dapat meningkatkan kesejahteraan kita dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan lebih mendukung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat