uefau17.com

TikToker Jepang Bikin Heboh Usai Masak Ramen Pakai Cendol - Lifestyle

, Jakarta - Cendol yang kita kenal biasanya dibuat sebagai salah satu bahan utama untuk makanan atau minuman manis. Hidangan berbahan dasar tepung beras dan daun suji itu sangat digemari oleh masyarakat, tidak hanya di Indonesia bahkan juga di negara tetangga.

Dalam sebuah video TikTok milik pengguna @sora_fula yang merupakan warga negara Jepang di Malaysia, ia tampak penasaran dengan makanan tersebut. TikToker Jepang itu menemukan cendol yang dijual di supermarket dalam bentuk kemasan.

"Malaysia, Apa ini? Saya nak cuba Malaysian Ramen," sebutnya dalam video yang diunggah pada hari Senin (24/06/2024). Wanita Jepang tersebut akhirnya membawa pulang dan benar-benar memasak cendol seperti ramen dengan sebuah panci.

Warganet Indonesia dan Malaysia dibuat tertawa dan kaget dengan tingkahnya tersebut. Namun, ada juga yang malah terinspirasi yang penasaran dengan rasa cendol gurih tersebut.

"Melanggar hukum cendol. Kesian cendol selalu ddk dlm sejuk, ttba ddk dlm panas😂," sebut seorang pengguna TikTok.

"it's not ramen, but it's for dessert. we call it cendol. To make a cendol, you should have 1. coconut milk 2. Brown sugar/Palm sugar 3. cendol (the things u make a soup)," tulis seorang warganet yang mengarahkan cara pengolahannya dengan benar.

"Ngeliatnya jadi penasaran rasanya kyk gemana. jujur pengen coba tapi takut gagal hahaha," tulis seorang warganet yang penasaran dengan masakan 'aneh' tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dimasak dengan Bawang Putih dan Taoge

Dalam video berdurasi 41 detik tersebut, si pembuat video juga menampilkan proses pembuatan ramen cendolnya. Pertama, ia mengiris bawang putih yang lalu dioseng bersama dengan taoge panjang. Setelah itu, ia merendam hasil osengan yang sudah wangi dengan air panas.

Wanita Jepang tersebut lalu memasukkan pasta kaldu dan kecap asin ke dalam rebusan tadi. Selepas itu baru ia memasukkan cendol tadi ke dalam rebusan dan memasaknya hingga mendidih.

"Nampak sedap," ucap si pembuat video.

Ia lalu mencoba hasil masakannya yang tak biasa tadi dan mengatakan bahwa rasanya seperti kematangan sehingga si cendol atau ramennya itu lembek dan susah untuk diangkat menggunakan sumpit.

"ini terlalu lembek," kata wanita tersebut dalam video.

Ia kebingungan untuk menyendok ramen cendol tersebut dan meminta warganet cara untuk memakan cendol gurih itu dengan benar. Tampak si wanita pembuat video yang juga kaget dengan tekstur 'ramen' tak biasa itu.

3 dari 4 halaman

Malaysia Juga Punya Pizza Topping Cendol

Ada beragam kreasi serta rasa pizza di berbagai negara, termasuk di Malaysia. Uniknya, sebuah restoran di Malaysia memakai cendol sebagai salah satu topping pizza mereka. Cendol merupakan minuman yang terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan kuah santan, gula merah cair, dan es batu.

Dikutip dari kanal Lifestyle , ada pun varian pizza dengan dengan topping cendol tersebut dijual oleh salah satu restoran bernama 'US Pizza' di Malaysia. Makanan tak biasa itu langsung viral di Malaysia.

Dilansir dari World of Buzz, Rabu, 9 September 2020, pizza cendol tersebut merupakan hasil kolaborasi antara US Pizza dan sebuah restoran penjual es cendol bernama 'Penang Road Famous Teochew Chendul'. Perpaduan ini jadi suguhan yang menarik.

Seperti pizza pada umumnya, pizza yang satu ini juga berbahan dasar roti pizza yang telah dipanggang. Bedanya, topping pada pizza tersebut diisi dengan cendol hijau, kacang merah, dan juga jagung manis.

4 dari 4 halaman

Harga Pizza Cendol

Pizza yang diberi nama Penang Chendul Pizza itu juga turut disajikan dengan saus berupa gula merah cair dan santan kelapa. Untuk menikmati pizza yang unik ini, pihak restoran membanderol satu porsi seharga 38 Ringgit Malaysia (RM) atau sekitar Rp134 ribu.

Bukan itu saja, pizza cendol juga hanya diproduksi secara terbatas alias limited edition dan hanya tersedia di semua gerai US Pizza di Malaysia. Gerai pizza itu kerap menghadirkan varian pizza unik.

Sebelumnya, mereka pernah mengeluarkan pizza topping cempedak dalam rangka ulang tahun ke-63 kemerdekaan Malaysia pada Agustus 2020 lalu. Mereka juga pernah meluncurkan pizza topping durian dengan menggunakan Musang King dan D-24 yang terkenal sebagai durian kualitas unggul.

Pizza topping durian ini juga pernah viral di New York sebelumnya ketika sebuah stand makanan di Queens menyajikan pizza yang berbau menyengat. Seluruh food court sampai-sampai kebauan akibat makanan tersebut. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat