uefau17.com

Hasil Euro 2024: Mattia Zaccagni Cetak Gol Telat ke Gawang Kroasia, Italia Amankan Tiket 16 Besar - Bola

, Jakarta Timnas Kroasia gagal melaju ke babak 16 besar usai hanya imbang 1-1 melawan Italia pada laga terakhir grup B yang berlangsung di Red Bull Arena, Leipzig, Selasa (25/6/2024) dini hari WIB. Kroasia mencetak gol lebih dahulu lewat Luka Modric, tapi Mattia Zaccagni mencetak gol telat yang selamatkan muka Italia

Hasil ini membawa Kroasia berada di posisi ketiga klasemen grup B Euro 2024 dengan 2 poin. Peluang Kroasia tergantung hasil di grup C,D,E dan F, sedangkan italia temani Spanyol ke babak 16 besar.

Jalannya Pertandingan Kroasia vs italia

Italia dan Kroasia sama-sama butuh 3 poin untuk menyegel posisi di 16 besar Euro 2024. Kedua negara tampaknya main hati-hati di menit-menit awal.

Menit ke-5, Kroasia membuka peluang lewat tendangan keras Luka Sucic. Tendangannya masih bisa ditepis Donnarumma dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Duel Italia melawan Kroasia menjadi yang ketiga di event besar. Semuanya terjadi di fase grup dimana Kroasia menang satu kali pada Piala Dunia 2002 dan 1-1 di Piala Eropa 2012.

Federico Di Marco mencoba bangun serangan lewat assist di menit ke-11. Umpannya disambut Lorenzo Pellegrini lewat sundulan tapi masih melebar.

15 menit pertama, permainan Kroasia dan italia cukup berimbang. Kedua tim juga sama-sama baur melepas satu tembakan dimana Kroasia bikin Donnarumma lakukan penyelamatan satu kali.

Italia nyaris saja cetak gol lewat Retegui di menit ke-21. Manfaatkan umpan Di Marco, sundulan Retegui masih melebar ke sudut kiri gawang Kroasia.

Peluang emas Kembali diraih Italia di menit ke-27. Manfaatkan umpan Jorginho, sundulan Bastoni masih bisa ditepis Livakovic. Skor 0-0 belum berubah.

Hingga babak pertama berakhir, Italia masih ditahan imbang 0-0 oleh Kroasia. Apakah skor kacamata ini bakal berubah di babak kedua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Dua Kroasia vs Italia

Italia dan Kroasia sama-sama melakukan pergantian emain di babak kedua. Kroasia masukkan Ante Budimir gantikan Mario Pasalic, sedangkan Italia memasukkan Davide Fratessi untuk gantikan Pellegrini.

Kroasia membuang peluang super emas di menit ke-54 lewat Luka Modric dari titik penalti. Tendangannya masih bisa ditepis Donnarumma.

Namun Luka Modric langsung membayar kesalahanya karena mencetak gol di menit ke-55 manfaatkan bola muntah tembakan Ante Budimir yang ditepis Donnarumma. Kroasia berhasil petik keunggulan 1-0.

Italia dalam posisi bahaya kalau skor ini bertahan hingga menit akhir. Soalnya, Italia tergusur ke posisi 3 dan berharap lolos sebagai peringkat 3 terbaik.

Italia berusaha keras untuk samakan skor. Serangan terus dilakukan tapi masih belum juga mencetak gol hingga menit ke-66.

Raspadori mencoba peruntungan Italia lewat tendangan bebas di menit ke-72. Tembakannya mengenai pemain Kroasia dan hanya menghasilkan corner.

Berdasarkan statistic hingga enit ke-84, serangan Kroasia lebih efektif ketimbang Italia. Meski melepas tembakan lebih sedikit yaitu 6, tapi enam diantaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Italia melepas 11 tembakan, hanya dua yang mengarah ke gawang.

Italia kehabisan Waktu. Menit ke-86, Federico Chiesa memberi umpan Tarik ke arah kotak penalti Kroasia tapi tak satupun pemain Italia yang menyambut.

Italia akhirnya berhasil selamatkan muka usai Mattia Zaccagni mencetak gol di menit ke-90+8. Manfaatkan umpan Calafiori, Zaccagni melepas tembakan melengkung yang menusuk ke gawang Kroasia sehingga membuat skor berubah 1-1.

Hingga pertandingan berakhir dengan perpanjangan waktu 8 menit, Italia berhasil imbang 1-1 lawan Kroasia. Italia berhasil selamatkan posisi dua di grup B dan bakal menghadapi Swiss pada babak 16 besar.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Kroasia vs Italia

Kroasia (4-3-3): Livakovic; Stanisic, Sutalo, Pangracic, Gvardiol; Modric, Brozovic, Kovacic; Pasalic, Kramaric, Susic

Italia (3-4-1-2): Donnaruma; Darmian, Bastoni, Calafiori; Di Lorenzo, Barella, Jorginho, Federico Di Maro; Lorenzo Pellegrini; Retegui, Raspadori

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat