uefau17.com

Hasil Euro 2024: Dramatis, Gol Niclas Fulkrug Bawa Jerman Imbangi Swiss - Bola

, Jakarta Timnas Swiss secara dramatis harus puas imbang 1-1 melawan Jerman pada laga terakhir grup A yang berlangsung di stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Senin (24/6/2024) dini hari WIB. Swiss unggul lebih dahulu lewat Dan Ndoye, tapi gol Niclas Fulkrug selamatkan posisi Jerman.

Jerman berhasil memantapkan posisi puncak klasemen grup A Euro 2024 berkat hasil imbang ini. Jerman berhasil mengoleksi 7 poin, disusul Swiss di posisi dua dengan 5 poin. Hasil imbang ini juga bisa hindarkan Jerman dari Inggris di babak 16 besar Euro nanti, kalau Inggris ada di puncak klasemen grup C

Jalannya Pertandingan Swiss vs Jerman

Jamal Musiala menciptakan peluang pertama untuk Jerman di menit ke-2. Dia memberi umpan terukur kepada Ilkay Gundogan, tapi gelandang Barcelona itu gagal menahan bola.

5 menit pertama pertandingan, Swiss terus mengganggu penguasaan bola pemain Jerman. Der Panzer tak leluasa untuk mengembangkan permainan.

Pertemuan Swiss vs Jerman menjadi yang pertama kali di event besar sejak 1966. Saat itu, Jerman berhasil menang 5-0 atas Swiss. Sedangkan di luar event besar, Swiss tak pernah kalah dari Jerman di 3 pertemuan terakhir yang menghasilkan 15 gol.

Menit ke-12, Kai Havertz nyaris menyambar umpan Tarik dari Mittelstadt. Namun pertahanan Swiss bisa merebut bola dengan baik.

Jerman sempat mencetak gol lewat tendangan keras Robert Andrich di menit ke-18. Namun gol dianulir karena Jamal Musiala melanggar Aebischer sehingga skor tetap 0-0.

Swiss malah membuat kejutan di menit ke-28. Dan Ndoye berhasil membuat Swiss unggul 1-0 usai manfaatkan umpan Remo Freuler. Ndoye nyaris membuat gol kedua di menit ke-30 tapi masih melebar ke sisi kiri gawang Jerman.

Jerman mendominasi pertandingan sampai ke-37. Der Panzer melepas 4 kali tembakan dan 1 mengarah ke gawang dan harus diselamatkan Yann Somer. Sedangkan Swiss hanya melepas dua kali tembakan dan 1 mengarah ke gawang yang merupakan keunggulan tim.

Kai Havertz buka peluang di menit ke-42 untuk Jerman. Mendapatkan umpan dari Jamal Musiala, tendangan Kai Havertz masih melambung ke atas.

Hingga babak pertama berakhir, Swiss berhasil menjaga keunggulan 1-0 atas Jerman. Apakah tuan rumah Piala Eropa 2024 ini bisa membalas di babak kedua?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Swiss vs Jerman di Euro 2024

Swiss membuka peluang emas di babak kedua lewat Silvan Widmer di menit ke-46. Sudah lolos dari penjagaan usai menerima umpan Breel Embolo, Widmer malah gagal kontrol bola dan terjatuh sendiri di kotak penalty.

Jerman membuka peluang lewat Jamal Musiala di menit ke-50. Sudah berdiri bebas di kotak penalti, tembakannya masih bisa ditepis Yann Sommer.

Hingga menit ke-60, Jerman sudah melepas 10 kali tembakan dan 4 kali tendangan sudut. Namun itu belum berbuah gol, sedangkan Swiss hanya butuh dua tembakan untuk cetak gol. Luar biasa!

Julian Nagelsmann akhirnya menarik keluar Jonathan Tah dan Mittelstadt. Jerman munculkan tenaga baru David Raum dan Nico Schlottenberg. Bisa bawa perubahan?

David Raum langsung menguji ketangguhannya lewat tendangan aki kiri di menit ke-63. Tendangannya masih melambung ke atas mistar gawang.

Jerman gagal manfaatkan kemelut di depan gawang di menit ke-70. Ada potensi penalty saat Breier ditahan Fabian Schar di kotak penalti tapi tidak dikabulkan setelah icek VAR.

Jerman memasukkan tenaga baru di lini depan Leroy Sane dan Niclas Fulkrug. Keduanya menggantikan Florian Ritz dan Jamal Musiala di menit ke-76.

Jerman membuka peluang lewat Leroy Sane di menit ke-82. Manfaatkan bola muntah tepisan Yann Somer, Sane gagal mengarah bola ke sisi kanan gawang Swiss.

Swiss nyaris saja bersorak saat Varga mencetak gol di menit ke-84. Namun dia dinyatakan offside sehingga skor tetap 1-0. Usaha keras Jerman akhirnya membuahkan hasil di menit injury time babak kedua usai Niclas Fulkrug cetak gol. Manfaatkan umpan David Raum, Fulkrug membuat skor jadi 1-1.

Hingga pertandingan berakhir, Jerman bisa bernapas lega karena bisa imbang 1-1 lawan Swiss di laga terakhir grup A. Der Panzer bisa hindari lawan sulit di babak 16 besar Euro 2024.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Swiss vs Jerman

Swiss (3-4-2-1): Sommer; Schar, Akanji, Rodriguez; Wadmer, Freuler, Xhaka, Aebicher; Rieder, Ndoye; Embolo

Jerman (4-2-3-1): Neuer; Kimmich, Rudiger, Tah, Mittelstadt; Andrich, Toni Kroos; Musiala, Ilkay Gundiogan, Florian Wirtz; Kai Havertz

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat