uefau17.com

Hasil IBL 2024: Satria Muda Menang Super Dramatis di Kandang Prawira, Borneo Lolos Play-Off - Bola

, Jakarta- Satria Muda Jakarta meraih kemenangan super dramatis saat dijamu Prawira Bandung pada lanjutan IBL 2024 di C-Tra Prawira Arena, Minggu (23/6/2024). SM comeback di kuarter empat dan menang tipis 98-97 meski sempat tertinggal 16 angka. Pemain asing Artem Pustovyi jadi pahlawan kemenangan SM.

Satria Muda memulai pertandingan dengan baik. Mereka sempat melesat unggul delapan poin berkat aksi-aksi menawan pemain asingnya Reynaldo Garcia Zamora serta pemain naturalisasi Dame Diagne. Namun Prawira perlawan mulai bisa menggejar dimotori oleh Yudha Saputera.

Prawira Bandung bahkan bisa berbalik unggul di dua menit akhir kuarter pertama berkat tembakan tiga angka Hans Abraham dan dua lemparan bebas Hester.

Situasi memanas di akhir kuarter pertama. Zamora terlibat perselisihan dengan Brandone Francis. Keduanya terkena technical foul. Namun malapetaka datang untuk Satria Muda karena Zamora sebelumnya sudah terkena technical foul. Dengan dua technical foul, Zamora harus diusir dari lapangan. Prawira pun mampu mengamankan kuarter pertama dengan keunggulan 29-28.

Kuarter kedua berlangsung seru. Satria Muda masih bisa mengimbangi Prawira walau ditinggal Zamora. Skor ketat dan saling berganti memimpin mewarnai kuarter dua. Prawira akhirnya bisa menjauhi SM di akhir kuarter dua. Layup Antonio Hester dan tembakan tiga angka Francis membuat Prawira menutup kuarter dua dengan 52-47.

Di kuarter ketiga, Prawira makin menggila terutama lewat tembakan-tembakan tiga angka. Trio Abraham, Francis dan Yudha membuat Prawira terus menjauh dari Satria Muda dan sempat unggul sampai 16 angka.

Prawira akhirnya menutup kuarter tiga dengan keunggulan 13 poin. Situasi Satria Muda semakin sulit setelah di akhir kuarter tiga pemain senior Arki Dikania Wisnua harus fouled out.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Drama Kuarter 4 Prawira vs Satria Muda

Satria Muda pantang menyerah dan terus mengejar ketertinggalan di kuarter empat. Trio Antoni Erga, Cook dan Artem menggendong SM terus memangkas jarak menjadi akhirnya cuma setengah bola saja.

Momentum berbarik ke SM di akhir-akhir pertandingan. Dua bigman asing Prawira, Hester dan James Gist harus fouled out karena menahan Artem. Artem juga dengan baik menyelesaikan hadiah free throw yang didapat di menit-menit akhir.

Dahsyatnya tekanan SM membuat Francis membuat kesalahan fatal dengan gagal memasukkan dua free throw saat laga tersisa 16 detik dengan Prawira cuma unggul setengah bola.

SM pun punya peluang menang. Melihat Prawira sudah tidak punya big man asing lagi, Abraham Damar Grahita dengan cepat memberikan bola kepada Artem. Lagi-lagi pelanggaran dilakukan. Pandu Wiguna menyusul fouled out. Artem mendapat kesempatan dua lemparan bebas untuk membawa SM berbalik unggul.

Dengan dingin Artem mampu menyelesaikan dua lemparan bebas ketika laga tersisa delapan detik. Satria Muda unggul 98-97. Total Artem memasukkan sembilan dari 10 free throw di dua menit akhir pertandingan.

Prawira gagal memanfaatkan waktu tersisa untuk berbalik unggul lagi. Tembakan Francis meleset.

Artem menjadi bintang kemenangan Satria Muda dengan koleksi 26 poin. Cook menyusul dengan raihan 23 poin. Di kubu Prawira, Francis finis dengan 37 poin, namun jadi pecundang di detik akhir pertandingan.

 

 

3 dari 3 halaman

Borneo Lolos Play-Off Usai Sikat KBS

Sementara itu Borneo Hornbills berhasil merebut tiket playoffs terakhir di IBL Tokopedia 2024. Kepastian tersebut didapatkan setelah mereka menghancurkan tamunya, Kesatria Bengawan Solo dengan skor 93-74 di GOR Laga Tangkas, Minggu malam (23/6). Dengan demikian Borneo punya rekor 11-14, dan lebih unggul dari Rajawali Medan juga Amartha Hangtuah Jakarta. 

Dengan asumsi bahwa Borneo kalah di laga terakhir, dan Rajawali Medan memenangkan pertandingan ke-26, maka keduanya punya rekor yang sama (11-15). Dengan situasi seperti itu, Borneo tetap lolos playoffs dengan keunggulan head-to-head dari Rajawali (2-0). Tapi jika Borneo ingin finish-strong, mereka harus menang melawan Prawira sebagai penutup musim ini. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat