uefau17.com

Begini Ritual Mikha Tambayong Merawat Kesehatan Kulit Wajah, Ada 5 Tahap - Lifestyle

, Jakarta - Penampilan bagi Mikha Tambayong adalah aset. Sebagai public figure, istri Deva Mahenra iitu tidak hanya dituntut untuk tampil menarik, tetapi juga menjaga kondisi kulitnya agar tidak rusak akibat penggunaan produk make-up dan paparan lampu panggung yang sering menyorot wajahnya.

Lalu, bagaimana cara Mikha merawat kulit wajahnya? Dalam konferensi pers "Wonderwear Professional Makeup Challenge 2024" pada Selasa, 18 Juni 2024, di Jakarta, Mikha membagikan ritual perawatan kulit sehari-hari.

1. Minum Air Putih yang Banyak

Setiap bangun tidur pagi, Mikha selalu minum air putih yang banyak. Menurutnya, air putih sangat penting untuk mengembalikan lagi cairan yang sudah terkuras setelah tidur semalaman. Air putih juga membantu kulitnya menjadi terhidrasi.

"Beauty routine aku setiap pagi, bangun langsung minum air putih yang banyak karena pasti aku ngerasa badan aku dry, kering, karena udah tidur semalaman," ujar Mikha.

2. Double Cleansing

Setelah minum air putih, langkah yang tidak boleh dilewatkan adalah double cleansing. Ia menerangkan bahwa meski tidak mengenakan makeup saat itu, tetapi wajah bisa tetap kotor karena berkeringat atau berminyak.

Untuk mengatasi hal tersebut, Mikha selalu membersihkan wajahnya menggunakan produk milk cleanser yang diaplikasikan menggunakan kapas untuk mengangkat kotoran. Setelah itu, ia menggunakan micellar water agar kotoran yang tersisa di wajah terangkat maksimal. Ia melanjutkan proses pembersihan menggunakan facial wash.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Hydrating Toner dan Moisturizer

Setelah muka bersih, Mikha menggunakan toner untuk menghidrasi kulit supaya jadi lebih lembab. Terkadang, tahap itu ia lewati dan langsung mengoleskan pelembab.

Kedua produk tersebut dibutuhkan kulit Mikha yang tergolong kering. Bahkan ketika kondisi kulitnya kering, ia mengaplikasikannya lebih banyak dari biasanya.

"Kulit aku lumayan kering jadi memang harus perlu extra hydration booster setiap hari. Kadang-kadang moisturizer tuh benar-benar banyak di muka aku karena tipe kulitnya cenderung ke kering sekali," kata Mikha.

4. Sunscreen SPF

Karena sering bekerja disorot lampu terang atau bekerja di luar ruang, Mikha mengaku tak bisa melewatkan penggunaan sunscreen. Ke mana pun, ia pergi pasti selalu bawa produk SPF untuk melindungi kulitnya dari sinar UV.

"Aku syuting outdoor setiap hari, di bawah terik matahari, belum lagi lampu-lampu sangat banyak," ucapnya. "Jadi kalau ditanya (produk apa yang wajib dibawa), aku tidak bisa hidup tanpa SPF," tambahnya.

5. Night Serum dan Eksfoliasi

Setelah beraktivitas seharian, ia selalu merawat kulitnya di malam hari dengan mengulang tahap pembersihan wajah. Namun, ia menyelipkan pemakaian produk eksfoliasi atau night serum.

"Makanya kalau malam hari aku kadang-kadang pakai retinol. Aku tuh paling suka kalau bangun tidur kulit jadi lebih terasa plumpy, terasa sehat gitu. Jadi biasanya aku selingin sama retinol," jelas Mikha.

3 dari 4 halaman

Basic Make-Up ala Mikha Tambayong

Selain ritual skin care, Mikha juga membagikan soal dandanan sehari-hari. Dalam hal make-up, Mikha mengatakan bahwa penggunaan produk disesuaikan dengan kebutuhan dan mood pada hari itu.

"Kalau aku lagi niat banget pengen make-up, biasanya step by step benar-benar pakai foundation, pakai powder, pakai blush on, pakai eyeshadow dan lipstik sesuai yang aku bisa aja sih, karena memang bukan bidang aku," tuturnya.

Make-up bagi Mikha adalah sesuatu yang penting sebagai "mood booster" nya setiap hari. Ia mengaku bahwa saat dirinya mengalami krisis kepercayaan diri dan mood yang sering berubah-ubah, make-up adalah penyelamat baginya.

"Jadi aku juga kenapa sangat butuh untuk punya pertama yang pastinya produk-produk yang kita gunakan setiap hari yang kita tahu pasti bisa membantu mengatasi atau setidaknya membantu meredakan apapun kondisi kulit kita. Itu penting banget menurut aku. Itulah kenapa aku selalu stand by segala macam skin regimen," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Peran MUA bagi Mikha

Selain merias diri, Mikha kerap menggunakan jasa MUA. Karena MUA sangat membantu dalam membangkitkan rasa kepercayaan dirinya, ia selektif memilih MUA dimulai dari style make-up. Ia biasa mengeceknya lewat portofolio MUA tersebut di media sosial.

"Terus juga pengalamannya, itu kita enggak bisa bohong kita mau melihat sudah berapa banyak orang yang dimake-up sebelumnya, atau apakah cocok apa enggak. Jadi kembali lagi profiling, branding, exposure, it’s very important," jelasnya.

"Mungkin aku merasa, aku yang paling tahu diri aku, tapi MUA yang kita hire adalah orang-orang yang kompeten. Jadi, pasti mereka mungkin bisa lebih tahu apa yang cocok sama kita," ungkapnya.

Mikha juga mengatakan bahwa MUA sangat penting dalam karirnya. Dia menyebut mereka adalah 'lapisan pertama' dalam pekerjaannya. "Karena mereka adalah orang-orang pertama yang aku sapa, orang pertama yang aku datang, aku duduk, langsung ketemu. Jadi, pertama yang aku cari ya tentunya energinya, energi yang memberikan kenyamanan."

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat