uefau17.com

Menerawang Kekuatan Para Cagub Banten 2024, Siapa Unggul? - Regional

, Serang - Sejumlah nama santer dikabarkan bakal bertarung di kontestasi Pilgub Banten 2024. Nyaris semuanya adalah nama-nama beken.

Sebut saja Andra Soni dari Gerindra, Iti Octavia Jayabaya dan Arief Wismansyah dari Demokrat, Rano Karno dan Ade Sumardi dari PDI Perjuangan, Wahidin Halim dari Nasdem, hingga Dimyati Natakusumah dari PKS. 

Pandawa Research melakukan survei yang diinisiasi oleh PDI Perjuangan dalam proses penjaringan calon kepala daerah, mencuatkan sejumlah nama kuat yang akan bertarung di Pilgub Banten 2024, seperti Airin Rachmi Diany, Rano Karno, Wahidin Halim, Achmad Dimyati Natakusumah, Iti Octavia Jayabaya, Arief R Wismansyah dan Ratu Tatu Chasanah.

Dalam keterangannya, survei ini dilakukan pada 27 Mei - 07 Juni 2024. Menggunakan metode random sampling yang melibatkan 3.180 responden di delapan kabupaten dan kota di Banten. Survei dilakukan dengan mengumpulkan data dari responden terhadap 22 calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten.

Selanjutnya mengerucut kembali dengan tiga nama, posisi teratas ditempati Airin Rachmi Diany dengan 41,9 persen, strong supporters 28,3 persen, dan tingkat pengenalan 90,3 persen. 

Rano Karno berada di posisi kedua di angka elektabilitas 19,6 persen strong supporters 10,9 persen, dan tingkat pengenalan 94,7 persen.

Selanjutnya, Wahidin Halim di posisi ketiga dengan angka dukungan 10,4 persen dengan strong supporters 6,2 persen, dan tingkat pengenalan 76,7 persen.

Berdasarkan kesimpulan survei tersebut, elektabilitas masih bisa berubah sebelum 27 November atau hari pemungutan suara. Hal tersebut mungkin berubah karena pengaruh elektoral dari dinamika isu dan pergerakan masing-masing calon gubernur menjelang pemilihan.

Ketua Tim Penjaringan Pilkada DPD PDIP Banten Muhlis membenarkan hasil survei Pandawa Research tersebut. Menurutnya, hasil survei akan disampaikan ke DPP PDIP dan menjadi bahan pertimbangan pemberian rekomendasi bakal calon gubernur yang akan diusung di Pilkada Banten.

"Hasil survei ini jadi salah satu bagian penting, perlu dicatat survei bukan satu satunya, tapi salah satu alat ukur DPP untuk memberikan rekomendasi," ujar Muhlis, ditulis Minggu, (23/06/2024).

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perintah Airlangga Hartarto ke Kader Golkar

Perintah untuk memenangkan Airin Rachmi Diany juga disampaikan langsung oleh Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. Hal tersebut disampaikan Airlangga saat memberikan sambutan pada puncak HUT ke-22 KPPG di Aula Graha DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Minggu malam, 23 Juni 2024.

Menurut Airlangga, Banten dan Jawa Barat merupakan modal Partai Golkar di pulau Jawa sejak 60 tahun yang lalu.

"Wajib hukumnya untuk kita bekerja keras, memenangkan Ibu Airin sebagai gubernur Banten. Banten dan Jawa Barat adalah stategis dan penting. Apalagi partai golkar tahun ini akan berulang tahun ke 60. Maka ini, kita harus mempertahankan kemenangan partai Golkar di Pilkada," ujar Airlangga Hartarto, dalam keterangan resminya, ditulis Minggu, (23/06/2024).

Ketua Umum PP KPPG, Airin Rachmi Diany menyatakan, sebagai organisasi sayap Partai Golkar, KPPG akan terus berkomitmen dan tegak lurus dengan kebijakan DPP Partai Golkar. Dari tangan dingin Airlangga, kata Airin, banyak sekali kemajuan dan capaian Partai Golkar dalam peta politik nasional. 

Pada kesempatan tersebut, KPPG menyampaikan pernyataan sikap dan deklarasi dukungan terhadap Airlangga untuk kembali menjadi Ketua Umum Partai Golkar pada Munas mendatang. Dukungan tersebut atas kesolidan dan kemenangan Partai Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga. 

"Kami mendeklarasikan dukungan KPPG agar Ketum Airlangga Hartarto dapat terpilih kembali dalam Munas Partai Golkar pada akhir tahun ini," tegas Airin Rachmi Diany, Minggu, (23/06/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat