uefau17.com

Antara Teh dan Kopi, Mana Lebih Sehat? - Lifestyle

, Jakarta - Kopi dan teh merupakan minuman populer yang dikonsumsi di seluruh dunia. Keduanya kaya akan senyawa yang  bisa meningkatkan kesehatan yang dapat melindungi terhadap berbagai kondisi kesehatan, termasuk kanker tertentu dan diabetes, dan meningkatkan umur panjang. Setiap minuman juga memiliki manfaat unik.

Meskipun mengonsumsi terlalu banyak kafein melalui kopi atau teh berefek samping, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman ini dalam jangka panjang dan dalam jumlah sedang dapat bermanfaat bagi kesehatan dalam beberapa cara. Namun, mana yang lebih bermanfaat bagi kesehatan, teh atau kopi?

Dikutip dari Health, Kamis, 20 Juni 2024, sebuah penelitian telah mengaitkan kopi dan teh dengan manfaat kesehatan yang signifikan, jadi memasukkan kedua minuman tersebut ke dalam makananmu biasanya jadi lebih baik. Mengubah rutinitas harian dengan menikmati kopi, teh hijau, teh hitam, atau teh herbal adalah cara mudah untuk memasukkan berbagai senyawa yang meningkatkan kesehatan ke dalam makanan.

Namun, kopi dan teh memiliki rasa yang sangat berbeda, dan beberapa orang tidak menyukai rasa kopi dan lebih suka minum teh, begitu pula sebaliknya. Baik Anda memilih kopi, teh, atau kedua minuman tersebut, tetaplah dalam batas kafein harian yang direkomendasikan.

Berhati-hatilah dengan tambahan gula, yang dapat meniadakan manfaat kesehatan dari kopi atau teh Anda. Pilih minuman kopi tanpa pemanis dan hindari bahan tambahan kopi tinggi gula seperti krimer manis.

Kopi dan teh sama-sama menyediakan senyawa tanaman pelindung yang dapat meningkatkan dan melindungi kesehatan dalam beberapa cara. Asupan minuman ini telah dikaitkan dengan manfaat seperti penurunan risiko penyakit umum dan perlindungan terhadap kematian dini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minum Teh dan Kopi Bisa Memperpanjang Umur

Memasukkan kopi atau teh ke dalam asupan harian dapat membantu meningkatkan peluang untuk hidup lebih lama dan lebih sehat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi dan teh memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi atau teh.

Sebuah studi baru-baru ini yang melibatkan 118.872 peserta dengan sindrom metabolik menemukan bahwa kombinasi asupan teh dan kopi menawarkan efek perlindungan terhadap semua penyebab kematian. Penelitian menunjukkan bahwa, dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi teh dan kopi, orang yang minum dua cangkir teh ditambah dua cangkir kopi per hari memiliki risiko kematian terkait kanker sebesar 21 persen lebih rendah. Orang yang minum tiga cangkir teh dan setidaknya empat cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 24 persen lebih rendah.

Studi tersebut juga menemukan bahwa orang yang minum empat cangkir teh dan satu cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 22 persen lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit jantung. Studi lain yang melibatkan 4.923 penderita diabetes tipe 2 menemukan bahwa asupan teh hijau dan kopi yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dari penyakit apa pun.

3 dari 4 halaman

Risiko dan Efek Samping Kalau Minum Berlebihan

Minum kopi dan teh dalam batas normal tidak akan berefek buruk terhadap kesehatan, namun jika dilakukan secara berlebihan bisa menyebabkan beberapa efek samping buruk. Kafein dalam jumlah tinggi dapat berdampak negatif pada kesehatan. Karena kopi jauh lebih tinggi kafeinnya dibandingkan teh, orang yang sensitif terhadap efek stimulan kafein harus membatasi asupan kopi dan produk kopi berkafein tinggi seperti espresso.

Para ahli saat ini merekomendasikan agar orang dewasa menjaga asupan kafein hariannya kurang dari 400 mg atau sekitar empat cangkir kopi atau delapan cangkir teh hitam. Wanita hamil juga harus menjaga asupan kafein hariannya kurang dari 200 mg.

Mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat menimbulkan efek samping seperti kecemasan, jantung berdebar, sakit kepala, tekanan darah tinggi, dan komplikasi kehamilan, jadi penting untuk menjaga asupan kafein di bawah batas yang disarankan. Orang yang sensitif terhadap kafein harus menilai toleransi kafein masing-masing untuk mencegah efek samping terkait kafein.

Hindari juga konsumsi minuman kopi dan teh yang sangat panas. Mengonsumsi minuman teh dan kopi secara teratur dengan suhu lebih dari 60 derajat Celcius dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker esofagus atau kerongkongan.

Terakhir, mengonsumsi terlalu banyak teh hitam dapat menghambat penyerapan zat besi dari makanan yang dapat menjadi masalah bagi orang-orang dengan simpanan zat besi yang rendah, seperti penderita anemia defisiensi besi.

4 dari 4 halaman

Kopi dan Teh Bagus untuk Orang Lanjut Usia

Kopi mungkin menawarkan manfaat khusus untuk kesehatan hati dan kinerja atletik, sementara teh mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk mengurangi kecemasan, melindungi terhadap risiko depresi, dan meningkatkan kesehatan jantung. Memasukkan kopi dan teh sebagai bagian dari diet seimbang dapat membantu Anda mendapatkan manfaat maksimal.

Karena kopi dan teh mengandung senyawa yang melindungi kesehatan, meminumnya secara teratur dapat mengurangi risiko terkena beberapa kondisi.  Konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, asam urat, dan penyakit hati seperti penyakit hati berlemak dan kanker hati yang biasa menyerang orang lanjut usia.

Mengonsumsi teh juga terbukti melindungi terhadap kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit arteri koroner dan stroke. Kedua minuman ini tampaknya bisa melindungi terhadap kanker tertentu. Konsumsi kopi dan teh sebelum dan sesudah diagnosis diabetes terbukti mengurangi risiko kematian secara signifikan.

Sebuah penelitian yang melibatkan data terhadap 365.682 orang menemukan bahwa mereka yang minum kopi dan teh secara terpisah atau dikombinasikan memiliki risiko lebih rendah terkena demensia dan stroke dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi atau teh. Dibandingkan dengan orang yang tidak minum teh dan kopi, minum 2--3 cangkir kopi atau 2--3 cangkir teh per hari dikaitkan dengan penurunan risiko demensia dan stroke sebesar 28 persen dan 32 persen lebih rendah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat