uefau17.com

Tak Kalah dengan Teh Melati, Simak Deretan Jenis Teh Asli Indonesia Ini - Regional

, Yogyakarta - Teh menjadi salah satu minuman khas yang banyak dinikmati masyarakat Indonesia. Selain kopi, beberapa masyarakat Indonesia memiliki budaya meminum teh di pagi dan sore hari.

Bukan hanya sejenis teh biasa, ternyata Indonesia memiliki beberapa jenis teh khas dan asli. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut jenis-jenis teh asli Indonesia:

1. Teh bunga rosella atau teh hibiscus

Belakangan, teh bunga rosella menjadi cukup populer. Jenis teh asli Indonesia dengan warna cantik merah tua jernih ini berasal dari seduhan bunga rosella yang dikeringkan. Tak hanya nikmat, teh yang lebih dikenal dengan teh hibiscus ini juga memiliki manfaat meredakan kecemasan dan melancarkan sembelit.

2. Teh daun jati

Teh daun jati berasal dari olahan daun jati yang dikeringkan lalu direbus. Teh ini merupakan jenis teh asli Indonesia yang tak akan ditemukan di negara lain.

Teh daun jati akan menghasilkan warna kuning cerah saat diseduh. Tak hanya nikmat, teh jenis ini juga mengandung zat sennoside yang berfungsi sebagai pencahar dan dipercaya dapat menurunkan berat badan.

3. Teh gurah

Teh gurah berasal dari kaki Gunung Kerinci. Teh ini berasal dari hasil campuran antara teh hitam dari Gunung Kerinci dengan daun srigunggu dari Giriloyo, Yogyakarta.

Teh gurah masuk ke dalam kategori teh herbal. Pasalnya, teh gurah dipercaya dapat menyerap berbagai endapan lemak dan mineral tidak larut dalam tubuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Teh jatiluwih

Sesuai namanya, teh ini berasal dari Desa Jatiluwih, Tabanan, Bali. Meski termasuk dalam jenis teh, tetapi teh ini bukan berasal dari daun teh.

Teh jatiluwih justru berasal dari beras merah organik lereng perbukitan Gunung Batukaru. Beras tersebut disangrai hingga harum sehingga dapat diolah menjadi minuman. Teh jatiluwih memiliki cita rasa manis dengan aroma khas beras sangrai.

5. Teh kayu aro

Konon, teh kayu aro merupakan sejenis teh yang cukup istimewa. Teh ini kerap diminum oleh kalangan bangsawan.

Teh kayu aro bahkan merupakan satu-satunya di dunia yang termasuk teh asli Indonesia. Teh ini berasal dari perkebunan kayu aro di kaki Gunung Kerinci.

6. Teh lidah buaya

Tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, ternyata lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman. Berasal dari Pontianak, teh ini terbuat dari kulit luar lidah buaya.

Kulit lidah buaya diolah dengan cara dipotong halus lalu dijemur hingga benar-benar kering. Terkenal dengan berbagai khasiatnya, lidah buaya yang sudah berbentuk teh juga dipercaya memiliki beragam manfaat, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, serta meredakan stres.

7. Teh merah

Teh merah merupakan salah satu jenis teh asli Indonesia yang berasal dari Gunung Halimun, Jawa Barat. Nama merah pada teh ini disesuaikan dengan warna dari hasil seduhan teh tersebut.

Meski berwarna merah, tetapi teh merah berbahan dasar daun teh hitam. Daun teh tersebut mengalami proses oksidasi penuh untuk mengurangi rasa pahitnya. Selain warnanya yang unik, teh merah juga memiliki aroma harum yang khas.

(Resla)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat